Rabu, 16 Oktober 2013

Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, PNPM Generasi Gelar Pelatihan

Kayangan,(SK),-- Dalam rangka upaya meningkatkan kapasitas pelaku program dan kelembagaan di desa, PNPM Generasi Kayangan menggelar pelatihan Kader Posyandu, Sabtu (12/10/2013) di aula Kantor Desa Kayangan.
Pelatihan kelembagaan yang melibatkan para kader Posyandu tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat miskin atau kelompok perempuan dalam pengambilan keputusan, dalam hal perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pelestarian pembangunan serta mendorong kemandirian masyarakat sesuai dengan kebutuhan.

Fasilitator Kecamatan (FK) PNPM Generasi Kayangan Muzakar,S.Pd dalam penyampaian materinya menjelaskan, pelatihan kapasitas kelembagaan Posyandu, katanya adalah sebagai salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang di kelola dan diselenggarakan dari,oleh,untuk dan bersama masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan.

Oleh karena itu, dalam aktifitasnya, Posyandu dibantu oleh kader-kader posyandu yang anggotanya dari masyarakat yang di pilih, bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk mengelola kegiatan posyandu.Penilaian keberhasilan pemberdayaan kelembagaan posyandu ini dilihat salah satunya dari berapa jumlah kader posyandu yang di latih.Oleh karena PNPM Generasi memiliki tujuan yang sama dengan kegiatan posyandu, khususnya dalam kegiatan kesehatan ibu,bayi dan balita, maka di butuhkan koordinasi yang kuat antara para pelaku di dua program tersebut (Posyandu dan PNPM Generasi).

Dikatakan Muzakar, untuk mendukung tercapainya kegiatan yang berkualitas, maka PNPM Generasi sangat mendukung pemberian peningkatan kualitas dan kapasitas bagi para kader posyandu melalui kegiatan-kegiatan pelatihan kader posyandu. Sehingga dengan di gelarnya pelatihan para kader Posyandu ini, paling tidak para kader nantinya memiliki pengetahuan dalam bidang kesehatan sehingga bisa membantu petugas kesehatan dalam pelayanan di Posyandu. 

Dalam pelatihan yang berlangsung sehari itu, selain narasumber dari pihak PNPM Generasi, hadir pula narasumber dari Puskesmas Kayangan. Adapun materi yang di sampaikan petugas kesehatan dari Puskesmas Kayangan pada pelatihan kader Posyandu tersebut, pada intinya tentang kesehatan ibu hamil, proses kelahiran, kemudian bagaimana perawatannya pasca melahirkan serta perawatan bayi hingga balita.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar