Rabu, 16 Oktober 2013

Maksimalkan Penarikan Dana SPP, UPK PNPM Kayangan Rekrut PL

Kayangan,(SK),-- Maksimalkan jumlah penarikan dana SPP macet yang masih mengendap di beberapa kelompok SPP di wilayah Kecamatan Kayangan hingga saat ini sangat di rasakan dampaknya oleh pihak UPK PNPM Kayangan.
Pasalnya, hingga menjelang akhir tahun 2013 ini, berdasarkan laporan Ketua UPK Kayangan Edy Kartono,SE dalam MAD Pengalihan Dana SPP Reguler 2013, Kamis (10/10/2013) pekan ini di aula Kantor Camat Kayangan.
Dikatakan, realisasi dana SPP macet yang masih mengendap di beberapa kelompok dari masing-masing desa dalam wilayah Kecamatan Kayangan, hingga akhir September lalu jumlah penarikannya masih dalam angka 56 % belum mencapai 95 %. Hal inilah yang mendorong pihak UPK PNPM Kayangan merekrut tenaga lapangan yang akan bertugas untuk memaksimalkan jumlah penarikan dana SPP yang macet tersebut.

Menurut Edy Kartono, dana SPP yang macet maupun yang di selewengkan di Kecamatan Kayangan sebesar Rp.70.998.000, dan yang sudah berhasil di kembalikan maupun di tarik dari para penunggak baru Rp.20.496.000,- Selain itu, katanya,dari 10 kasus yang di temukan, baru 2 kasus yang sudah di selesaikan.
”Mudah-mudahan, dengan adanya PL yang sudah di rekrut beberapa waktu lalu, akan lebih membantu dalam proses pengembalian sejumlah dana SPP yang selama ini masih mengendap di masing-masing kelompok SPP yang tersebar di seluruh desa yang ada di Kecamatan Kayangan,”tandasnya.

Senada dengan itu, Fasilitator Kecamatan Kayangan (FK) Ir.Rusli mengatakan, perekrutan tenaga lapangan yang nanti bertugas menarik dana SPP yang macet itu adalah sangat penting artinya bagi keselamatan dana yang sudah beredar di masing-masing kelompok SPP tersebut.Di tekankan Rusli, jika pengembalian dana ini dalam waktu 3 bulan kedepan tidak bisa di realisasi hingga 95 %, maka akan berpengaruh pada Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) maupun berdampak pada pemberian pagu anggaran sebesar 3 M pada tahun berikutnya. Untuk itu keberadaan petugas lapangan ini di rasakan sangat penting.

Adapun petugas lapangan (PL) yang sudah lulus seleksi beberapa waktu lalu dari puluhan pendaftar, di antaranya Uswatun Hasanah asal Sidutan dan Ahmad Sara’i Nassar asal Lendang Batu Desa Kayangan Kecamatan Kayangan.”Inti tugas pokoknya nanti adalah untuk menagih kelompok SPP yang menunggak,”katanya singkat.

Kepada Kepala Desa,Kepala Dusun yang hadir dalam MAD tersebut, Ir. Rusli meminta dukungan untuk mendorong kelompok SPP macet di daerah masing-masing agar rutin menyetor kewajibannya untuk setiap bulannya.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar