Kamis, 17 Oktober 2013

Dirut PDAM KLU Gelar Sosialisasi Perdana Terhadap Pelanggan Baru Wilayah Kayangan

Kayangan,(SK),-- Kecamatan Kayangan adalah salah satu Kecamatan yang mendapatkan bantuan penyambungan gratis PDAM untuk 1000 KK dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara tahun 2013.
Pasalnya, Pemda KLU melalui APBD murni tahun anggaran 2013 ini mengalokasikan dana sebesar 1 M untuk penyambungan gratis bagi warga Kecamatan Kayangan, khususnya untuk 3 desa, yaitu Desa Kayangan sebanyak 549 KK yang tersebar di 9 dusun dari 12 dusun yang ada, Desa Santong sebanyak 104 KK yang tersebar di 4 dusun dari 12 dusun yang ada dan Desa Sesait sebanyak 367 KK yang tersebar di 14 dusun dri 25 dusun yang ada.
Hadir dalam sosialisasi yang dilaksanakan, Kamis (17/10/2013) di aula Kantor Camat Kayangan tersebut, selain dihadiri Dirut PDAM KLU H.Suhaeli,ST, Badan Pengawas PDAM KLU Syuhada, Wakil Ketua dan anggota DPRD KLU Syarifudin,SH dan Djekat, juga dihadiri oleh Muspika, pimpinan SKPD lingkup Kecamatan Kayangan, Ketua BPD,Kepala Dusun, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya.
Camat Kayangan Tresnahadi dalam pengantarnya menyatakan sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemda KLU terhadap penyambungan gratis untuk 1000 KK di wilayah ini.Pihaknya tidak mengetahui, apakah pada tahun anggaran 2014 mendatang Kecamatan Kayangan akan mendapatkan sambungan gratis kembali atau tidak dari Pemda KLU. Hal itu di ungkapkannya karena belum ada keputusan resmi dari Pemerintah KLU.”Yang jelas bantuan penyambungan gratis untuk 1000 KK dari pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara itu, saat ini sedang di pasang jaringannya oleh pihak PDAM KLU, ”tandasnya.
Dikatakan, pada awal September 2013 lalu, jaringan tersiernya sudah di pasang terlebih dahulu sebelum di pasang jaringan ke rumah tangga sasarannya.Dimana jaringan tersier tersebut yang mengerjakannya adalah dari Dinas PU KLU dan ada juga sebagian jaringan tersier itu di pasang oleh pihak PDAM KLU. ”Alhamdulillah, pada akhir tahun 2013 ini, semua masyarakat yang mendapatkan sambungan gratis sebanyak 1000 KK itu sudah terpasang ke seluruh rumah tangga sasaran,”harapnya.
Sosialisasi PDAM KLU terhadap pelanggan baru di wilayah Kayangan ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat bisa memahami secara utuh, jelas terkait dengan aturan-aturan dan kebijakan-kebijakan Pemerintah Daerah melalui PDAM KLU.
Adapun kebijakan-kebijakan PDAM yang sudah dilaksanakannya terhadap masyarakat yang ingin menjadi pelanggan baru selain dari 1000 KK yang dibantu oleh Pemda KLU tersebut adalah masyarakat bisa menyicil uang muka sebesar Rp.500.000 dan sisanya bisa di angsur selama 10 bulan sebesar Rp.60.000,- “Inilah salah satu kebijakan yang di terapkan PDAM KLU, ”ungkapnya.

Sementara itu,Dirut PDAM H.Suhaeli dalam sambutannya mengatakan, untuk menambah armada kekuatan penyuplai PDAM yang sudah ada, maka pihaknya sedang melakukan upaya penambahan kearah itu dan saat ini sedang di kerjakan.
Dirut mengajak kepada seluruh masyarakat Kayangan untuk dengan tidak menunda kesempatan untuk memasang jaringan PDAM. Sebab, katanya, jangan sampai nanti setelah banyak pelanggan baru mulai memasang jaringan, tentu nanti akan menunggu giliran untuk mendapatkan layanan air bersih melalui PDAM. Pasalnya sudah banyak pelanggan yang sudah memasang. Bagi masyarakat yang memasang jaringan kemudian, maka akan kena dengan aturan bergilir.Untuk itu, pihak Dirut PDAM KLU pada kesempatan sosialisasi tersebut menyarankan agar seluruh masyarakat Kayangan ini mengambil kesempatan yang pertama dalam pemasangan jaringan PDAM yang baru masuk di wilayah Kayangan ini.
Terkait dengan besarannya tariff PDAM KLU,Dirut H.suhaeli,ST menegaskan hal itu sudah jelas di tuangkan dalam Surat Keputusan Bupati Lombok Utara, Nomor 239.b/02.a/PDAM/2013 tanggal 15 April 2013 tentang penetapan tariff air minum PDAM KLU.Dalam SK.Bupati KLU tersebut di tuangkan dengan jelas, untuk pelanggan wilayah Kecamatan Kayangan besaran tarifnya di kelompokkan ke dalam rumah tangga A, dengan rincian penggunaan per-meter kubiknya sebagai berikut, 1-10 m3 tarifnya 790/m3, 11-20 m3 tarifnya 1.220/m3, 21-30 m3 tarifnya 2.440/m3 dan di atas 30 m3 tarifnya 3.050/m3.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar