Sabtu, 28 September 2013

Yayasan Ponpes Nurul Islam Kayangan, Gelar Sosialisasi Pemondokan

Kayangan,(SK),-- Sekolah merupakan lembaga pendidikan untuk melakukan pembinaan, pelatihan dan ketrampilan terhadap para peserta didik.Oleh sebab itu, salah satu wadah pembinaan, pelatihan dan ketrampilan para siswa adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Untuk merealisasikan niatan tersebut dan untuk mempermudah proses kegiatan dimaksud, Yayasan Ponpes Nurul Islam Kayangan menggelar sosialisasi pemondokan bagi santri-santri yang bernauang di lembaga pendidikan independen tersebut,Sabtu (28/09/2013).
Kegiatan sosialisasi yang melibatkan seluruh orang tua santri, pengurus Yayasan, Komite, pimpinan kedua lembaga pendidikan (MTs/MA), dewan guru dan tenaga kependidikan lainnya itu berlangsung di aula MA Nurul Islam Kayangan.
Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam Kayangan Ust.Muh.Turmuzi, SH, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, pemondokan bagi seluruh santri yang bernauang di lembaga pendidikan dibawah asuhannya itu memang sudah menjadi program yang harus dilaksanakan pihaknya.Hal itu dimaksudkan, disamping para santri dapat belajar kitab kuning,kegiatan keagamaan lainnya, juga kegiatan ekstrakurikuler yang memang sudah di programkan dapat di ikuti seluruh santri.Dimana kegiatan-kegiatan yang diprogramkan untuk diadakan dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut di dasari atas tujuan kurikulum sekolah.Sehingga melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam tersebut, para santri dapat mengembangkan bakat,minat dan kemampuannya.
Menurut Ust.Muh.Turmuzi, SH, M.Pd yang juga Politisi Partai Kedaulatan di DPRD KLU ini berpendapat, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil di dalam menciptakan tingkat kecerdasan yang tinggi, dimana kegiatan ini bukan termasuk materi pelajaran yang terpisah dari materi pelajaran lainnya. ”Ini juga bagian dari upaya menanamkan kepribadian terhadap para santri,”tandas Ust.yang satu-satunya yang mencalonkan diri untuk DPD RI pada pemilu 2014 dari Kabupaten Lombok Utara ini.
Untuk dapat merealisasikan program pondok ini, maka seluruh santri di haruskan untuk mengikuti kegiatan yang menjadi program tetap pondok tersebut.Diantara program ekstrakurikuler yang di terapkan Pondok Pesantren Nurul Islam Kayangan itu adalah program LCC (Languange Cource Center), Pramuka,Pencak Silat PSHT (Persatuan Setia Hati Teratai),PMR/UKS dan Kursus Menjahit.
Menurut Kepala MA Nurul Islam Kayangan Murdiyanto,SE mengatakan, terkait dengan program pondok tersebut keseluruhan orang tua santri mendukung.”Alhamdulillah, semua orang tua wali santri mendukung,”tandasnya puas.
Kepala Sekolah yang baru 4 tahun memangku jabatan ini berharap, supaya program ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang di harapkan dan berbeda dengan madrasah lainnya di wilayah KLU.
Murdiyanto menyebut, pemondokan para santri akan di mulai awal bulan oktober 2013 ini. Pemondokan para santri ini, menurutnya di utamakan bagi santri yang tempat tinggalnya jauh dari Madrasah.Namun tidak menutup kemungkinan santri yang dekat dengan Madrasah juga bisa bergabung.”Itupun harus di antar dan di dampingi orang tua santri pada saat memulai tinggal di pemondokan di lingkungan Ponpes Nurul Islam Kayangan,”jelas Murdiyanto. (Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar