Jumat, 03 Mei 2013

TGH Abdul Karim Kukuhkan Dewan Pengurus MUI Kecamatan se – KLU

Gondang,(SK),--- Di dahului pembacaan Qalam Ilahi oleh Yusronhadi, acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan se Kabupaten Lombok Utara berlangsung sederhana di Gedung Serba Guna Gondang,Selasa (30/04/2013) lalu.

Hadir dalam acara tersebut, disamping Ketua MUI KLU TGH.Abdul Karim,Wabup KLU H.Najmul Akhyar,SH.MH,MUI Provinsi NTB Dr H.L.Muksin,Kemenag KLU Drs Mu’allif, M.Pd, juga hadir para pimpinan SKPD tingkat Kabupaten Lombok Utara,para Camat dan seluruh pengurus MUI, baik Kabupaten maupun Kecamatan.

Acara yang di gelar dengan tema memantapkan peran dan fungsi ulama dalam membangun masyarakat Tioq Tata Tunaq, Ketua MUI KLU TGH.Abdul Karim usai mengukuhkan dan mensahkan kepengurusan Majelis Ulama Indonesia 5 Kecamatan se Kabupaten Lombok Utara mengatakan, peran ulama dewasa ini sangat penting yaitu sebagai payung hukum seluruh organisasi dan ormas keagamaan di KLU, sehingga MUI keberadaannya sangat tepat sebagai media atau tempat membangun kehidupan beragama, baik secara bersama-sama dalam berkoordinasi.

Selain itu,keberadaan MUI sebagai mediator untuk menjembatani kepentingan masyarakat, organisasi, Pemerintah Daerah, sehingga MUI memiliki peran strategis dalam melaksanakan fungsi di masyarakat. Untuk mendukung peran dan fungsi MUI selaku mediator dalam menangani dan menyelesaikan berbagai konflik kepentingan keagamaan di masyarakat di masing-masing Kecamatan, maka pihak MUI KLU juga sudah mempersiapkan satu buah buku yang merupakan rangkuman Fatwa Ulama (MUI) sejak Munas I tahun 1975.

Selanjutnya,TGH.Abdul Karim dalam kesempatan tersebut menjelaskan, MUI sebagai tempat kembalinya penyelesaian permasalahan di masyarakat dan MUI berada di dalam kancah modern (konteks dunia modern), maka peran MUI dalam menempatkan diri harus mampu memberikan jawaban dalam setiap kondisi dan permasalahan yang di hadapi ummat Islam.

Selaku Ketua MUI KLU, TGH.Abdul Karim juga berpesan kepada para pengurus MUI masing-masing Kecamatan untuk menindak lanjutinya dengan sesering mungkin untuk bertemu membahas berbagai program yang akan dilaksanakan.”Kami yakin, melihat pengurus MUI ini, kalau kita mau dan sanggup melaksanakan tugas ke-ummatan ini, Insya Allah segala permasalahan akan mampu terselesaikan,”tandas Ketua MUI KLU yang juga pimpinan Ponpes Nurul Bayan ini yakin.

Untuk mendukung oprasional proses awal pengurus MUI Kecamatan yang baru saja di kukuhkan tersebut, maka pihak MUI KLU memberikan 2,5 juta rupiah.Sebab, total anggaran khusus untuk MUI yang dianggarkan oleh Pemda KLU untuk tahun 2013 ini sebesar 50 juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara Drs Mu’allif,M.Pd dalam sambutannya berharap, bagaimana tercipta masyarakat KLU yang aman dalam kehidupan beragama.Ketika berangkat dari visi dan misi Kabupaten Lombok Utara yang maju dan beradab, Insya Allah, KLU kedepan mudah-mudahan menjadi Kabupaten yang khaeran ummah.

Dikatakan, dengan adanya kepengurusan MUI di masing-masing Kecamatan, maka Kemenag KLU yang sedang menyelesaikan S3 di salah satu perguruan tinggi di jawa ini berharap agar dalam menjalankan tugasnya untuk selalu membangun komunikasi dengan MUI di tingkat Kabupaten maupun ditingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat.Hal ini dilakukan, menurut Kemenag yang baru beberapa bulan terbentuk ini mengatakan, agar tidak terjadi mis komunikasi dalam menyelsaikan berbagai konflik dan permasalahan ke-ummatan di daerah Tioq Tata Tunaq ini.Sehingga dengan keberadaan MUI di masing-masing Kecamatan wilayah KLU ini, semoga bisa meneruskan ajaran Nabi Muhammad, Saw.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar