Jumat, 26 April 2013

Desa Gumantar Wakili Kecamatan Kayangan Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Kayangan,(SK),-- Sebagaimana biasa pada tahun-tahun sebelumnya, keterwakilan desa mewakili Kecamatan dalam ajang lomba desa pada tingkat Kabupaten, Kecamatan Kayangan selalu mempersiapkan sedini mungkin desa yang akan mewakili Kecamatan.
Camat Kayangan Tresnahadi dalam arahannya di hadapan para peserta rapat sesaat sebelum membentuk tim Pembina lomba desa tingkat Kecamatan Kayangan, Senin (15/04/2013) yang berlangsung di aula Kantor Camat setempat mengatakan, dalam rangka menghadapi lomba desa tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2013 ini, pelaksanaannya agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.Dimana lomba desa pada tahun ini penilaiannya di integrasikan dengan lomba posyandu, lomba P2PKSS.
Dikatakan,berdasarkan informasi dari pihak BPMD dan Pemdes KLU, pelaksanaan lomba desa tingkat Kabupaten pada tahun ini akan di mulai akhir April atau awal Mei 2013 mendatang.Untuk itu, Tresnahadi berharap kepada Kepala Desa Gumantar dan Ketua Panitia lomba desa agar mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan kriteria penilaian yang berupa indicator dan skor, karena memang hal ini menjadi prasyarat yang akan di nilai nantinya.
Selanjutnya, dikatakan bahwa Indikator dan kriteria penilaian lomba desa tahun ini, nanti akan dibagikan kepada Kades, Ketua Panitia maupun kepada masing-masing anggota tim Pembina lomba desa tingkat Kecamatan Kayangan, sehingga para pihak yang berkepentingan bisa melakukan berbagai persiapan yang tentunya tidak terlepas dari indikator dan kriteria yang menjadi ketentuan penilaiannya.

Paling tidak, dengan dibagikannya criteria dan indicator yang menjadi prasyarat dalam penilaian nantinya, diharapkan kepada Kepala Desa dan Ketua Panitia Lomba Desa ada gambaran untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan indicator penilaian.
“Memang hal ini sangat sederhana, karena sudah ada indicator dan skor penilaiannya, tinggal bagaimana kita bisa memadukan data sebelumnya dengan data yang sedang berjalan, sehingga ada keterpaduan sebagai data pembanding,”jelas Tresnahadi.
Kasi PMD Kecamatan Kayangan Atmaja Gumbara,SP yang mendampingi Camat Kayangan mengatakan, selama tiga tahun berturut-turut sejaka tahun 2010,2011 dan 2012 Kecamatan Kayangan dalam ke-ikut-sertaannya mengikuti lomba desa selalu menduduki peringkat ketiga dari seluruh Kecamatan yang ada di KLU.Pada tahun 2013 ini pihaknya berharap bisa meningkat dari segi peringkat dan kalaupun tidak bisa, paling tidak bisa bertahan di posisi selama ini.
Ditambahkannya, untuk mendukung lomba desa ini, ditingkat Kecamatan akan dibentuk tim Pembina lomba desa dengan melibatkan seluruh SKPD lingkup Kecamatan Kayangan. Hal ini dimaksudkan agar masing-masing SKPD dapat melakukan pembinaan sesuai dengan bidang tugasnya.Dalam penilaian lomba desa pun tidak terlepas dan melibatkan lintas sektoral.
Hasil pertemuan yang melibatkan seluruh SKPD,Muspika,Kepala Desa,Ketua Panitia Lomba Desa dan undangan penting lainnya tersebut, telah sepakat membentuk tim Pembina lomba desa tingkat Kecamatan Kayangan.Dimana tim yang dibentuk itu di bagi menjadi 2, yaitu ada tim 1 dan tim 2. Adapun Tim Satu koordinatornya Camat Kayangan dan tim Dua koordinatornya Sekcam.Sedangkan untuk anggotanya melibatkan seluruh SKPD yang ada di lingkup Kecamatan Kayangan.
“Mudah-mudahan tim yang sudah dibentuk ini dapat bekerja sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing,”harap Maja.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar