Senin, 28 Januari 2013

Jelang UN/US, Komite MA/MTs NIKA Maksimalkan Standar Kelulusan

Kayangan,-- Madrasah Aliyah Nurul Islam Kayangan adalah merupakan salah satu dari enam Madrasah yang ada di wilayah Kecamatan Kayangan, yang patut diperhitungkan.

Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam Kayangan asuhan Ust.Muh.Turmuzi,SH.M.MPd ini memiliki keunikan tersendiri.Seluruh santri yang ada, disamping mengaji kitab kuning, juga diharuskan ikut program eskul PSHT (Persaudaraan Setia Hati Teratai) asuhan Budiansyah dan Siti Rohmiatun Hansi,SP.

Menghadapi Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah tanggal 15 s/d 18 April 2013 mendatang, MA/MTs adakan rapat bersama dalam rangka membentuk panitia persiapan jelang UN/US, yang dihadiri Pimpinan Ponpes Ust. Muh.Turmuzi,SH.M.MPd, Ketua Yayasan Nurdin,S.Pd, Ketua Komite Nurta,S.PdI, Pembina Ponpes H.Abidin Mustakim, wali murid khusus Kelas 3 dan seluruh dewan guru serta tenaga kependidikan lainnya, yang berlangsung di aula MA Nurul Islam Kayangan,Selasa (22/01/2013).

Pada kesempatan itu pimpinan Ponpes Ust.Muh.Turmuzi,SH.M.MPd mengharapkan agar kedua lembaga (MA/MTs) yang bernaung dibawah Yayasan Ponpes Nurul Islam Kayangan ini, sedini mungkin untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan persiapan menghadapi Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah. Disamping itu Pimpinan Ponpes yang juga Politisi Partai Kedaulatan di DPRD KLU ini, berpesan beberapa hal kepada Kepala MA maupun Kepala MTs Nika tentang profesionalisme guru,delapan standar nasional pendidikan,akreditasi dan standar kelulusan harus dimaksimalkan.

Mengenai standar kelulusan, Turmuzi juga mengingatkan bahwa dalam pelaksanaannya harus berpedoman pada Permendiknas nomor 23 tahun 2006.

Sementara itu Kepala MA Nurul Islam Kayangan Murdiyanto,SE menyampaikan bahwa, untuk mencapai standar kelulusan yang diharapkan, pihaknya juga telah berusaha memaksimalkan kegiatan pembelajaran dengan menambah jam pelajaran (less), pengayaan,try out dan belajar kelompok.

“Semua ini kita lakukan adalah untuk memaksimalkan tingkat kelulusan pada Ujian Nasional tahun 2013 ini, dan disamping itu, Try out dan pengayaan sudah kita mulai sejak bulan Desember 2012 lalu,”katanya.

“Jadi semua siswa-siswi kita karantina, untuk mempermudah penggemblengan dari guru mata pelajaran terutama yang di UN-kan,”tambah Murdiyanto,SE semangat.

Dalam pertemuan itu juga, dengan dipandu Ketua Komite Sekolah Nurta,S.PdI berhasil membentuk panitia persiapan menghadapi UN/US dari kedua lembaga MA/MTs. Untuk Panitia UN/US tingkat MA diketuai oleh Waka Kurikulum Misyadin,S.Pd,Wakil Ketua Faturrahman Abidin,S.Pd (Waka Kesiswaan), Sekretaris Najamudin,S.Pd (Waka Humas) dan Bendahara Dra Sukarah (Waka Sarpras). Sementara untuk Panitia UN/US tingkat MTs diketuai Moh.Hardiyono Efendi,S.Pt (Waka Kurikulum),Wakil Ketua Murtiyono,S.Pd (Waka Kesiswaan), Sekretaris Anto Asmanto,S.Pd dan Bendahara Arsini,S.PdI.

Moh.Hardiyono Efendi,S.Pt mengatakan, keberadaan Panitia UN/US untuk kedua lembaga baik MA maupun MTs harus dipisah. Alasannya, masing-masing lembaga masalah kebutuhan prosesnya jelas berbeda.
Di tempat yang sama,Kepala MTs Nika Sumawadi,S.Pd, disamping banyak menyampaikan masalah persiapan mengahadapi UN/US dan informasi telah keluarnya ketetapan akreditasi sekolahnya dari BAN (Badan Akreditasi Nasional) menjadi terakreditasi B, juga menyinggung masalah tindak lanjut kerjasama Ponpes Nika ini untuk melanjutkan program penghijauan menghijaukan lahan tidur bekerjasama dengan Pemerintah Dusun Empak Mayong Desa Kayangan serta penyediaan bibitnya oleh H.Abidin Mustakim.

Dikatakan Sumawadi bahwa, penghijauan yang dilaksanakan pihaknya ini adalah merupakan program jangka panjang, dimana lahannya sudah pernah ditanami pohon sebanyak 750 dengan areal tidak kurang dari 1 Ha lebih pada awal tahun 2012 silam. Sedangkan bibit pohon yang akan ditanam dilahan tersebut dipersiapkan oleh Pembina Ponpes Nurul Islam Kayangan H.Abidin Mustakim.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar