Jumat, 26 Oktober 2012

Hari Raya Idul Adha Merupakan Ujian Ketaatan

Sesait,(SK),--- Hari ini,Jum’at tanggal 26 Oktober 2012 adalah Perayaan hari raya Idul Adha bagi umat Islam di seluruh dunia.Begitu pula di Kecamatan Kayangan KLU, khususnya di Desa Sesait.

Perayaan hari raya Idul Adha di Desa Sesait, khususnya di Mesjid Baiturrahim Lokok Sutrang pagi tadi berlangsung sederhana.Bertindak sebagai Khtib adalah Murdiono,SE dan bertindak sebagai Imam Sholat Idul Adha adalah Ta’mir Mesjid Baiturrahim Lokok Sutrang Eko Sekiadim,S.Sos.

Dalam khutbahnya Murdiono mengatakan, Nabiyullah Ibrahim as karena ketaatannya kepada Allah Swt, beliau rela untuk menyembelih putranya yang bernama Ismail as.Begitu pula putranya Ismail as dengan ikhlas hati bersedia untuk di sembelih dikarenakan besarnya ketaatan kepada Allah Swt. Akhirnya Ibrahim dan Ismail as berhasil menjalani ujian dan cobaan dari Allah Swt untuk membuktikan ketaatan dan kecintaannya kepada Allah Swt yang pada akhirnya Allah Swt menggantinya dengan seekor kambing untuk qurban.

Selanjutnya Murdiono juga menjelaskan, ganti berupa seekor kambing itu nampaknya tidak seimbang dengan pengorbanan yang diberikan nabi Ibrahim as dan Ismai’il as itu, oleh karenanya,Allah Swt mensyare’atkan kepada ummat Muhammad Saw untuk menyelenggarakan qurban setiap hari raya Idul Adha.

Penyembelihan hewan qurban itu merupakan ukuran bagi setiap muslim, sampai seberapa besar kesediaan kita untuk berqurban demi pengabdian kita kepada Allah Swt.Padahal kita hanya diperintahkan ‘untuk menyembelih hewan, bukan yang lainnya.Maka kita harus menunjukkan bahwa pengabdian dan ketaatan serta kecintaan kepada Allah Swt amatlah besar.

Seperti yang di jelaskan dalam Al-Qur’an surat Al Hajj ayat 37 yang menerangkan, “bahwa Allah Swt tidak akan menerima daging-daging yang menjadi qurban dan tidak pula akan darahnya, melainkan akan menerima taqwanya”. Jadi Allah Swt tidak akan menerima daging yang kita qurbankan melainkan hanya ketaqwaan kita,keberanian kita untuk berkorban demi mendapatkan keredloan Allah Swt.

Dari penjelasan ayat tersebut, dapat kita peroleh banyak pelajaran, diantaranya kita mengetahui bahwa hewan-hewan yang kita sembelih, baik lembu,kerbau maupun kambing, bukanlah daging-dagingnya yang diterima oleh Allah Swt, melainkan ketaatan kepada Allah Swt.Itulah yang nantinya akan diterima oleh Allah Swt dan akan dibalas dengan ganjaran yang setimpal.

“Ini sebagai tempaan untuk mendidik kaum muslimin agar mereka berhati dermawan dan suka menolong sesama manusia dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah Swt,”terang Murdiono.

Lebih jauh Murdiono menjelaskan dalam khutbahnya, berqurban, jika dilaksanakan dengan hati yang ikhlas semata-mata karena Allah Swt, maka akan mendapatkan ganjaran yang sangat besar di sisi Allah Swt.Hal ini ditegaskan dalam Hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Majah, yang artinya ‘Berqurban itu untuk yang melaksanakannya,dibalas oleh Allah dengan pahala tiap-tiap satu helai rambut satu kebajikan’.

Sholat Idul Adha yang dilaksanakan mulai pukul 07,00 wita ini diikuti oleh seluruh jamaah Mesjid Baiturrahim Lokok Sutrang.Selain itu, sholat Id kali ini di hadiri oleh Wakil Ketua DPRD KLU Burhan M.Nur,S.IP.”Ini salah satu cara mendekatkan diri pada masyarakat. Manfaatkan saya selagi masih bekerja di lembaga legislative,”katanya ketika ditemui ditengah-tengah kerumunan jamaah usai melaksanakan sholai Id.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar