Sabtu, 27 Oktober 2012

Budayakan Senam SKJ, PSM Kayangan Gandeng Pramuka

Kayangan,(SK),-- Budaya olah raga di era tahun delapan puluhan sangat di minati oleh kalangan pelajar dan senam ini adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh kalangan pendidikan waktu itu.Namun seiring dengan perjalanan waktu,generasi berganti dan program pun turut bergeser mengikuti pekembangan jaman.Termasuk tentang kebugaran jasmani, akhir –akhir ini sudah mulai pudar.

Terkait dengan itu, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Kayangan Supriadi Lengar berupaya membangkitkan semangat itu kembali melalui kegiatan kepramukaan.Karena menurutnya, melalui organisasi ini akan mampu melanjutkan kegiatan Senam, seperti yang pernah tenar di era tahun 80-an.

Dikatakan, budaya olah raga dalam bentuk senam yang selama ini sudah ada di masing-masing dinas atau lembaga pendidikan, khususnya pada jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah, sudah mulai memudar.Itulah sebabnya, katanya, melalui kegiatan kepramukaan ini diharapkan mampu sebagai pelopor untuk mempertahankan dan memperkenalkan kembali budaya senam ini.

Olah raga senam yang ingin di perkenalkan oleh Supriadi Lengar kepada adik-adik Pramuka khususnya Gugus Depan (Gudep) 37-38 ini adalah Senam Pramuka,senam SKJ 2008,senam Sasambo dan Senam Poco-poco. Instrukturnya ditangani oleh PSM bekerja sama dengan Asosiasi Senam Kebugaran Indonesia (ASKI) serta beberapa pesenam dari ibukota Kabupaten Lombok Utara yang memang handal dibidangnya.

Untuk mendukung kegiatan membudayakan olah raga dalam motto mengolah ragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga ini, maka gerakan pramuka khususnya gudep 37-38 Kayangan mengadakan persami, Sabtu, (27 s/d 28 Oktober 2012) dengan mengikut sertakan semua sekolah yang ada di Kayangan.Persami ini diikuti oleh 4 sekolah setingkat SD dan 2 sekolah setingkat SMP dengan jumlah peserta keseluruhan 180 orang.

Disamping kegiatan tersebut, kegiatan lainnya juga diperkenalkan oleh PSM, seperti memperkenalkan teknologi PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) di Santong.Ini dimaksudkan agar peserta didik lebih mengetahui teknologi yang ada disekitar mereka.

Sebagi tindak lanjut dari kegiatan olah raga senam SKJ ini, pihaknya telah menetapkan jadual senam setiap hari minggu di lapangan volley ball Desa Kayangan.”Siapa saja boleh ikut kegiatan ini,”kata Supriadi Lengar yang ditemui di arena Persami, sambil berharap semua anggota masyarakat agar ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar