Jumat, 19 Oktober 2012

Evaluasi Program Kerja, Gerakan Pramuka KLU Gelar Rakercab III 2012

Tanjung,(SK),--- Mengevaluasi program kerja pembinaan dalam rangka menjabarkan pelaksanaan program restrukturisasi, maka Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Utara menggelar Rapat Kerja (Rakercab) III tahun 2012.
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Utara yang sekaligus Panitia Penyelenggara Ahmad Abdul Gani,M.Pd dalam laporannya mengatakan, secara khusus kegiatan Rakercab Gerakan Pramuka Kwarcab KLU ini adalah dalam rangka merumuskan pola program kerja Gerakan Pramuka pada jajaran Kwartir dan Gugusdepan di KLU yang terkonsentrasi pada percepatan revitalisasi dan transpormasi.

Selain itu, lanjutnya, untuk mensosialisasikan program kerja Kwarcab KLU tahun 2012-2014 dan mensinkronisasikan program kerja kwartir ranting se KLU sebagai acuan pembinaan dari Kwarcab.Sehingga Ahmad Abdul Gani berharap, sesuai dengan tujuan kegiatan Rakercab ini nantinya akan tersusun langkah-langkah untuk meningkatkan peran aktif Gerakan Pramuka dalam pembentukan kader bangsa untuk menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Try Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Dikatakan, tema kegiatan Rakercab Gerakan Pramuka Kwarcab KLU ke III tahun 2012 yang diikuti 54 peserta dari 5 Kecamatan ini adalah jadikan peringatan hari Sumpah Pemuda sebagai Kebangkitan Gerakan Pramuka KLU.Sedangkan mottonya diambilkan dari salah satu bait dari Himne Pramuka, yaitu “Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan”.

Terkait dengan hari Sumpah Pemuda, andalan Cabang yang baru purnabakati ini mengatakan, Gerakan Pramuka KLU rencananya akan melaksanakan kegiatan yang disebutnya “Kegiatan Peduli Rinjani”. Kegiatan yang memerlukan kekuatan mental baja ini,dilaksanakan mulai tanggal 27 -30 Oktober 2012 mendatang.

Sekenario kegiatan ini, menurut Ahmad Abdul Gani, Peserta Peduli Rinjani yang berasal dari seluruh anggota Pramuka sejumlah 120 orang, baik dari Kwarcab maupun dari masing-masing Kwarran se- KLU ini nantinya akan berkumpul di Dusun Tradisioanl Senaru Kecamatan Bayan tanggal 27 Oktober 2012.Peserta berkemah satu malam, kemudian ke esokan harinya pada tanggal 28 Oktober 2012 dilaksanakan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda.”Usai itu,baru peserta akan di berangkatkan menuju Gunung Rinjani,”jelas Ahmad Abdul Gani.

Untuk mendukung kegiatan ini, pihak Kwarcab juga telah berkoordinasi dengan pihak pengelola gunung Rinjani untuk menyediakan sarana dan prasarana berupa tong sampah/tas plastic yang nanti akan di tempatkan di pinggir jalan sepanjang jalan menuju danau Segara Anak di Gunung Rinjani.

“Diharapkan kepada pihak pengelola Gunung Rinjani untuk bekerja sama menyediakan alat-alat ini, sehingga memudahkan bagi anggota Pramuka sekembalinya dari gunung Rinjani (Danau Segara Anak – Senaru), sampah yang berserakan di sekitar danau maupun sepanjang jalan akan dibersihkan kemudian menaruhnya di wadah Tong Sampah/tas plastic.

“Jadi setiap anggota Pramuka nantinya akan membawa sampah dari pembersihan di Gunung Rinjani,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati selaku Kamabicab Gerakan Pramuka KLU dalam sambutannya mengatakan, di seluruh jajaran Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia, hingga saat ini masih tetap konsisten mengupayakan pembinaan terhadap Generasi Muda.Tentu semua orang harus menjawab tantangan ini, dimana tugas ini dibebankan kepada kita sebagai anggota Gerakan Pramuka, yang lebih-lebih anggota Gerakan Pramuka Kwarcab KLU ini masih berumur jagung.

“Tetapi saya bangga, bahwa Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Utara kegiatannya sudah banyak yang telah dilakukannya, sudah cukup maju,”pujinya.

Hadir pada pembukaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Gerakan Pramuka ke – III tahun 2012, yang berlangsung di Kafe Ken Arok Desa Sokong Kecamatan Tanjung pekan lalu, disamping undangan lainnya, di hadiri pula Kapolres KLU AKBP Ronny Azwawie SH.SIK.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, tentu di dalam rapat kerja ini, setidaknya ada dua hal yang perlu di bahas, diantaranya bagaimana kegiatan intern Gerakan Pramuka Kwarcab KLU selama 1 tahun kedepan.Kemudian kegiatan eksternnya, bagaimana kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang seharusnya dilakukan di daerah bermoto Tioq Tata Tunaq ini.

Kalau di kegiatan program internal, sebagaimana yang dikatakan pihak pelaksana Rakercab ini, memang sebaiknya harus sinergi dengan semua komponen, termasuk bagaimana kita menggerakkan pramuka ini menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah- sekolah.Tentu peran Pemerintah disini, disamping kwarcabnya, Pemda khususnya kaitannya dengan pendidikan, ini sangat penting.

Bupati KLU selaku Kamabicab berjanji, usai Rakercab ini akan menindak lanjutinya dengan mengundang Dikbudpora KLU supaya bagaimana nantinya bisa menginstruksikan kembali kegiatan pembinaan kepramukaan di masing-masing sekolah.

Pemda memang sejak awal sudah berkomitmen untuk melakukan pembinaan terhadap Generasi Muda.”Ini harus di dukung oleh seluruh komponen Pemerintah Daerah dan saya yakin, kita yang hadir di tempat ini pasti berfikir bagaimana memajukan daerah ini.Selaku Kepala Daerah (Kamabicab), saya sangat mengharapkan bantuan dan peran serta kita semua dalam rangka pembinaan Generasi Muda di daerah Dayan Gunung ini,”ajak Bupati H.Djohan Sjamsu,SH. (Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar