Selasa, 23 Oktober 2012

Reuni Akbar SDN 1 Sesait Angkatan Tahun 1976, Mengharukan

Sesait,(SK),-- Sejumlah mantan siswa SDN 1 Sesait Angkatan tahun 1976, menggelar Reuni, Sabtu (20/10/2012).
Ide ini muncul dari Nasudin salah seorang mantan siswa SDN 1 Sesait Angkatan tahun 1976, yang kini bertugas di Kodim 1607 Sumbawa Besar. Dirinya mengaku, ide tersebut memang timbul dari dirinya.Ini dimaksudkan, katanya, untuk mengenang masa-masa sekolah mereka selama rentang tahun 1970-1976.

Dikatakan Nasudin, ketika mereka masih aktif sebagai siswa di SDN 1 Sesait dulu, tidak pernah dilupakan peristiwa-peristiwa unik yang mereka alami, baik bersama teman-temannya maupun bersama guru-guru mereka, seperti Nurmain Suryadi, Raden Subayan, Mustar, Sayuti, Abdurrasyid,Sudarmono,Masngudi,BA, Nurudin, H.Rohdi, Mukhnan,H.Nasihu dan yang lainnya. Selain itu, katanya, gedung tempat mereka bersekolah dulu hanya dua local terbuat dari pagar bedek. ”Bangunannya menghadap ke timur ditempat bangunan yang sekarang di naungi oleh pohon beringin.Tidak seperti sekarang bangunannya mewah, ”kenangnya.

Jumlah siswa angkatan tahun 1976 ini memang boleh di bilang luar biasa.Pasalnya, jumlah mereka hanya 10 orang dan rata-rata mereka sudah bekerja yang walaupun dengan profesi yang berbeda.Tetapi yang membuat mereka haru pada saat di gelarnya reuni tersebut, karena ada salah seorang teman mereka tidak hadir untuk berkumpul dan bersenda gurau bersama mereka.Ini disebabkan karena bukan kehendaknya, melainkan sudah berpulang kerahmatullah pada tahun Sembilan puluhan silam.Namun walau demikian, ada keturunannya yang mewakili.

“Reuni ini dimaksudkan sebagai kebanggaan tersendiri buat kami, karena sejak tahun 1976 kami berpisah, baru tahun 2012 ini kami bisa bertemu dengan teman-teman sekolah dulu,”kata Nasudin mengenang masa lalunya.

Adapun nama-nama siswa angkatan tahun 1976 yang menggelar akbar reuni sabtu lalu, diantaranya H.Herman,S.Pd alamat Santong, kini sebagai Kepala Sekolah SDN 5 Gumantar yang beralamat di Dusun Amor-Amor, Suarman,S.Pd alamat Santong yang kini bertugas di SDN 3 Santong sebagai guru Olah Raga, Sukarja alamat Lokok Ara sebagai seorang pengojek yang professional dibidangnya, Radin alamat Sumur Pande, kini guru Matematika di MA BUS Santong, Usman alamat Karang Bayan Tanjung kini bertugas sebagai guru umum di SDN 4 Tanjung, Drs.Karda alamat Sesait, kini sebagai pengusaha dagang yang sukses, Rasyid alamat Kebaloan, kini sebagai petani yang berhasil,Aslimudin (alm) alamat Sumur Pande, wafat sekitar tahun 1990-an, Mahya,S.Pd alamat Santong Mulia, kini bertugas di SMAN 1 Kayangan sebagai guru Bahasa Indonesia dan Serka TNI Nasudin alamat Dusun Lokok Sutrang, yang kini bertugas di Kodim 1607 Sumbawa Besar.

Dalam acara reuni akbar ini, disamping mantan siswa angkatan tahun 1976, dihadiri juga oleh para tokoh Desa Sesait, Kepala Desa Sesait, Penghulu Desa Sesait,Keliang sedesa Sesait, guru-guru yang pernah dan sedang bertugas di SDN 1 Sesait, para mantan siswa-siswi SDN 1 Sesait angkatan 1977 hingga angkatan 2012, serta undangan lainnya.

Acara yang digelar sehari penuh ini dihibur oleh kesenian tradisioanl Cupak Gurantang Sesait.Dimana kesenian ini pernah tenar pada masa decade tahun 1970-an dan Gurantangnya Serka TNI Nasudin sendiri.Namun keberadaan kesenian ini sempat timbul tenggelam akibat para pemainnya, disamping banyak yang bekerja di luar daerah, juga ada yang telah uzur dan banyak yang telah meninggal dunia.Sehingga menurut Serka TNI Nasudin, yang sebentar lagi purnabakti ini, kesenian yang pernah tenar di masanya dulu tersebut, akan dibangun kembali sekembalinya dari daerah rantauan, sambil menikmati masa tuanya di kampungnya sendiri.(Eko)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar