Selasa, 30 Oktober 2012

Bupati KLU Buka Secara Resmi, Review PAK dan Berbagi Pembelajaran Lintas Kabupaten

Tanjung,(SK),-- Pertemuan Apresiatif Kabupaten (PAK) merupakan ruang untuk bertukar pengalaman membanggakan dan membangun sesuatu secara bersama-sama,setara,bertumpu pada kekuatan untuk merengkuh masa depan yang diimpikan secara berkelanjutan.

Demikian yang dikatakan R.Agus Hadianto selaku Koordinator Program Access Phase II dari YLKMP Kabupaten Lombok Utara dalam laporannya pada acara Review Pertemuan Apresiatif Kabupaten (PAK) dan Berbagi Pembelajaran Lintas Kabupaten, yang berlangsung di Medana By Marina, (29/10/2012).

Dikatakannya, PAK menjadi peluang dan ruang untuk perubahan menuju masa depan kabupaten yang ingin diwujudkan kabupaten bersama masyarakat.Untuk itulah, katanya, PAK bukan sekedar pertemuan sesaat, melainkan pertemuan rutin yang akan menjadi ruang besar bagi siapa saja yang sedang membangun tatanan masyarakat yang demokratis dan berkelanjutan.

Selanjutnya, R.Agus Hadianto menjelaskan bahwa di Kabupaten Lombok Utara, yang di fasilitasi oleh YLKMP kerja sama dengan Access Phase II, sudah melaksanakan PAK bulan September 2011 lalu dan menghasilkan impian bersama yaitu terwujudnya desa mandiri, dengan pengembangan tata kepemerintahan local yang demokratis (TKLD).Sejak di sepakatinya agenda PAK Kabupaten Lombok Utara tahun 2011, tentu sudah banyak pembelajaran menarik yang bisa dilihat tahun 2012 ini.Oleh karena itulah dianggap perlu untuk menindak lanjuti hasil PAK dalam sebuah kegiatan review PAK dan Berbagi Pembelajaran lintas Kabupaten, seperti yang di selenggarakan saat ini dengan melibatkan para actor-aktor pembaharuan lintas sektoral sebanyak 198 orang, yang berasal dari perwakilan SKPD,Kepala Desa, DPRD, Donor, Apindo, KPMD, OMSLSM,TP PKK, Tim Pelaksana Program, Kader Posyandu,Toga,Toma,media massa dan Champion (warga).

Review PAK dan berbagi pembelajaran merupakan sarana mendapatkan pembelajaran mendalam dari kisah-kisah membanggakan dari para actor-aktor pembaharu social yang dinilai berhasil menciptakan inovasi social untuk mengatasi dan menjawab masalah-masalah social penting dan krusial, seperti pendidikan,kesehatan,perencanaan,penganggaran dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, dengan semangat yang sama saat melakukan PAK pertama kali tahun 2011 lalu, para actor-aktor perubahan yang berasal dari berbagai latar belakang akan kembali dipertemukan dalam sebuah kegiatan review PAK dan berbagi pembelajaran lintas kabupaten.Pertemuan ini, menurut R.Agus Hadianto, selain akan menjadi ruang untuk merayakan keberhasilan para actor-aktor pembaharu baik di level desa maupun actor di level kabupaten, juga diharapkan sebagai ajang refleksi peran masyarakat sipil dalam mendukung pencapaian visi dan agenda kabupaten dan apabila memungkinkan juga menyusun agenda ke depannya untuk tahun 2013-2014.

Adapun tujuan pertemuan yang berlangsung selama tiga hari ini, menurut R.Agus Hadianto, disamping tujuan umum, ada juga tujuan khususnya.Tujuan umumnya adalah meningkatkan komitmen dan pertautan dinamis (engagement) para actor penggerak pembangunan pada visi-misi TKLD Kabupaten dalam rangka memperkuat dan memperluas dampak dan sharing pembelajaran terkait perubahan-perubahan yang sudah di capai.Sedangkan tujuan khususnya,diantaranya review refleksi visi dan agenda PAK kaitannya dengan visi dan agenda kabupaten dalam mendorong terwujudnya desa mandiri, refleksi peran aktor-aktor pembangunan dan masyarakat sipil dalam mendukung visi dan agenda Kabupaten Lombok Utara.

Sementara itu, Bupati KLU yang diwakili Asisten III Drs Jayadi N dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada YLKMP yang telah bekerja sama dengan Access phase II dalam kegiatan ini, sehingga bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam rangka menunjang program pembangunan di KLU. Program Access ini akan berakhir pada bulan desember 2012 mendatang, tentunya kita berharap agar program serupa terus berlanjut dalam proses percepatan pembangunan di daerah ini.

Pemda KLU masih berkomitmen untuk melaksanakan program ini, sehingga di butuhkan SDM yang handal dan mumpuni di bidangnya.Begitu pula dengan pemerintah di tingkat desa, diharapkan siap untuk menuju desa mandiri, yang mau tidak mau perlu di pacu supaya lembaga-lembaga yang ada di desa berfungsi dalam mempercepat proses pembangunan di daerah.

Selain itu, Bupati KLU juga sangat apresiasi pada semua pihak terutama kepada YLKMP kerja sama dengan Access phase II karena telah mampu mempersiapkan 33 buah desa di KLU ini menuju desa yang kaya fungsi dalam wadah desa mandiri.

Kaitannya dengan programj Access yang selama ini telah banyak manfaatnya bagi perkembangan partisifatif warga dimana program ini akan berakhir pada bulan desember 2012 mendatang, perlu kiranya ada program tingkat lanjutan.Apa yang telah dilakukan selama satu tahun ini bersama para aktor-aktor perubahan bisa di adobsi sebagai acuan dalam rangka mempersiapkan SDM yang bisa di ambil manfaatnya dalam proses pembangunan yang positif di KLU.

Sementara dari PO Program Access Phase II untuk wilayah Kabupaten Lombok Utara Reisten dalam sambutannya mengharapkan agar review Pertemuan Apresiatif Kabupaten (PAK) dan Berbagi Pembelajaran Lintas Kabupaten ini ada maknanya, maka perlu di dukung oleh semua pihak terutama para aktor-aktor perubahan, baik di level desa, kecamatan maupun pada level kabupaten.Keterlibatan mereka ini sangat penting artinya bagi keberhasilan program yang sudah sejak satu tahun lalu mulai melakukan aksinya.

Keberadaan program Access phase II bekerja sama dengan pihak YLKMP selaku penanggung jawab adalah sangat penting artinya untuk merajut cita-cita, membangun semangat dan strategi bersama dalam mewujudkan kemandirian desa di KLU.

Reistin berharap demi suksesnya program yang dijalankan di 33 buah desa yang ada di KLU oleh para aktor-aktor pembaharu perubahan untuk membuat koordinasi dengan baik sehingga semua pihak yang mampu mendukung program akan maksimal.

“Mudah-mudahan selama 3 hari pelaksanaan review ini bisa dilaksanakan dengan sukses sehingga mampu membangun keinginan bersama dalam rangka menyukseskan program pembangunan yang ada di KLU,”harapnya.

Sementara Muhamad Katur Kepala Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan mengatakan, ketika memulai suatu perubahan harus di mulai dari pemimpinnya.Dimana aturan yang di jalankan harus adil bagi rakyat.Sehingga diharapkan ada umpan balik dari masyarakat dengan pelaksanaan pembangunan dan penerapan kebijakan yang dilakukan Pemerintah. ”Pelibatan masyarakat sebanyak-banyaknya dalam penyusunan perencanaan mutlak diperlukan,”tandas M.Katur.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar