Rabu, 29 Agustus 2012

Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kayangan Tempati Sekretariat Baru

Kayangan,(SK),--- Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang ke 51 tanggal 14 Agustus 2012, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Kayangan sudah bisa bernafas lega.

Pasalnya, di hari yang bersejarah itu, dari sejak terbentuknya Kecamatan Kayangan tahun 1998 lalu, yang diikuti pula dengan terbentuknya Kepengurusan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kayangan, maka sejak itu pula keberadaan kepengurusan dan lembaga ini terkatung-katung.Baru pada HUT Gerakan Pramuka yang ke 51 tahun 2012 kali ini, keinginan dan harapan untuk memiliki secretariat sendiri menjadi kenyataan.

Sejak berdirinya Kecamatan Kayangan 14 tahun silam, maka kepengurusan Kwarran Gerakan Pramuka Kayangan paling tidak sudah tiga orang yang memimpin, diantaranya, untuk periode Pertama 2000-2004 dipimpin oleh Masngudi,BA (alm), kemudian digantikan oleh M.Sugiono,S.Adm untuk periode uyang kedua 2004-2008 dan untuk periode ketiga 2008-sekarang dipimpin Syukri,S.Pd.

Pada periode pertama masa kepemimpinan Ketua Kwartir Ranting Masngudi,BA (alm), memang boleh dibilang hanya sekedar dikatakan baru cikal bakal adanya kepengurusan Kwarran.Demikian juga dimasa kepemimpinan M.Sugiono,S.Adm, secretariat Kwarran masih numpang di UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan.Namun walau masih nunut di naungan tersebut, pada masa itu sudah banyak prestasi yang pernah diraih Kwarran ini. Sebut saja, berhasil mengirim peserta Jamcab,Jamda,Jamnas dan Raimuna Nasional di Cibubur dan Jatinangor Jawa Barat pada tahun 2006 dan 2007, serta beberapa prestasi lainnya dalam usaha pengembangan gerakan pramuka penegak/pandega dan orang dewasa.

Begitu pula dimasa kepemimpinan Syukri,S.Pd, disamping berhasil mengirim peserta ke Jamcab,Jamda maupun Jamnas di OKI Sumatera Selatan tahun 2011 lalu, juga berhasil mengirim peserta dalam ajang pertemuan Penegak/Pandega di Gunung Sedau Lombok Barat yang diselenggarakan Korem 162/Wb Mataram dan menjadi peserta terbaik pertama dalam kegiatan pentas seni dan bela Negara putra dan putri.Selain itu, menjadi pelaksana HUT Gerakan Pramuka ke 51 tingkat Kabupaten Lombok Utara yang di pusatkan di Kayangan pada tahun 2012.

Dengan keberhasilan pelaksanaan kegiatan HUT Gerakan Pramuka ke 51 tanggal 14 Agustus 2012 ini, secara bersamaan pula Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH selaku Kamabicab meresmikan penggunaan gedung eks UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan sebagai Sekreatriat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kayangan.Maka sejak itulah Kwarran Kayangan sudah memiliki Sekreatriat.

Keberhasilan ini, menurut Ka.Kwarran Syukri,S.Pd adalah tidak terlepas dari keuletan, keseriusan dan perjuangan seorang Supriadi Lengar dibantu oleh rekan-rekannya di DKR Kayangan, seperti Ariadi Tukul,Rian Setiawan, Juliadi,Ahmad Payandi,Sahirin,Ema Supiati, Fendi Mukhlis, serta para andalan ranting lainnya.

Dikatakan Syukri, dengan adanya secretariat Kwarran seperti sekarang ini, diharapkan akan menjadi salah satu tempat generasi muda yang tergabung dalam wadah Kepramukaan untu mengembangkan bakat,berkreasi dan berkarya serta memupuk persaudaraan diantara anggota Pramuka lainnya di lingkup Kwarran Kayangan.

Untuk melatih anggota Pramuka Penegak/Pandega Kwarran Kayangan, maka Syukri yang juga Kepala SMP Satap Salut ini mengatakan, di secretariat Kwarran dan DKR di usahakan kerja sama dengan pihak pengusaha di Kayangan untuk bagaimana belajar membuka usaha dagang dengan membuka Kedai Pramuka yang nantinya akan dilaksanakan oleh anggota DKR Kayangan.”Usaha ini sudah dimulai sejak ditempatinya Sekretariat ini,”kata Syukri.

Menurut Supriadi Lengar, perjuangan untuk mendapatkan dukungan dari Pemda KLU sehingga mendapatkan pengakuan, banyak suka dan dukanya dalam menempuh perjalanan hingga bisa menempati Sekretariat eks Gedung UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan ini adalah penuh tantangan.
“Kita berharap dukungan semua pihak terhadap maju mundurnya Gerakan Pramuka Kayangan ini, karena tidak semua orang peduli terhadap organisasi ini,”kata Supriadi Lengar sedih.(Eko).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar