Minggu, 22 Juli 2012

Camat Kayangan Terima Mahasiswa KKN UNRAM Mataram

Kayangan,(SK)-- Universitas Mataram pada tahun 201 ini kembali melepas 66 orang Mahasiswanya untuk ber KKN di Lombok Lombok Utara, khususnya di Kecamatan Kayangan, sudah dimulai beberapa waktu lalu.
Berkaitan dengan penempatan Mahasiswa Unram ber-KKN di 6 wilayah desa yang ada di Kecamatan Kayangan ini, Wahyunadi selaku Dosen Pembimbing yang mewakili pihak Unram dalam pengantarnya mengatakan, jumlah Mahasiswa yang akan diserahkan ber-KKN di wilayah ini terdiri dari 6 (enam) Fakultas, yaitu Fakultas Hukum,Fakultas Pertanian,Fakultas Teknik, FKIP,Fakultas Peternakan, dan Fakultas Ekonomi.

Dikatakan,Wahyu bahwa penempatan Mahasiswa Unram ber-KKN diwilayah Gumi paer Kayangan ini berlangsung mulai 9 Juli hingga 18 Agustus 2012 mendatang. Penempatan ini pula berdasarkan juknis yang dikeluarkan pihak rektorat.

Selanjutnya Wahyu menjelaskan bahwa Mahasiswa KKN Universitas Mataram yang pada tahun ini ditempatkan di 6 desa (desa Dangiang,Gumantar,Sesait,Santong,Salut dan Kayangan) diwilayah Kecamatan Kayangan ini, adalah untuk belajar,bukan untuk menggurui masyarakat. Mereka belajar sesuai dengan bidang keahlian mereka masing-masing yang didapatkan di perguruan tinggi.”Kami dosen pembimbing diberikan tugas untuk mendampingi.Mudah-mudahan semua pihak bisa menerima kehadiran Mahasiswa kami, terutama bagi para Kepala Desa dan Kepala Dusun sebagai lokasi ketempatan,”harapnya.

Selaku dosen pembimbing Wahyunadi yang sehari-harinya bertugas di Fakultas Ekonomi Unram ini berharap kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa membantu membimbing para Mahasiswa untuk merencanakan programnya selama ber-KKN di Desa dengan memadukan program yang ada di desa ketempatan.

Sementara itu, Camat Kayangan yang diwakili Sekcam R.Kertamono, dalam sambutannya mengharapkan kepada Mahasiswa peserta KKN, selamat bergabung dengan masyarakat di lokasi ketempatan.

“Selama bergaul dengan masyarakat setempat, pandai-pandailah membawa diri.Laksanakan tugas dengan baik sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Dosen Pembimbingnya,”pesannya.

Manfaat bagi mahasiswa sendiri ber-KKN, menurut Sekcamt yang asal Bayan ini adalah merupakan kesempatan untuk mengabdikan diri pada masyarakat sekitar.Lebih-lebih tempat mengabdikan diri itu adalah wilayah yang kental dengan nuansa adatnya.Jadi, kesempatan untuk mempraktekkan ilmu yang pernah diperoleh dari Perguruan Tinggi.

Mahasiswa yang mengikuti KKN dari enam Fakultas (Fakultas Hukum,Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, FKIP,Fakultas Peternakan, dan Fakultas Ekonomi) diwilayah Kecamatan Kayangan ini, bisa mempraktekkan ilmu yang pernah didapatkan di Perguruan Tinggi sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Dalam bidang pendidikan diarahkan agar orang tua mendorong anak-anak mereka untuk bersekolah sampai jenjang yang lebih tinggi.Sementara itu dalam bidang pemerintahan desa agar belajar bagaimana menata arsip yang baik.

Sementara dibidang Kesehatan juga disinggung bahwa, berdasarkan catatan statistik di wilayah Kabupaten Lombok Utara terdapat 210.000 atau 43,14 % rakyat KLU tergolong miskin. Dengan banyaknya angka kemiskinan di daerah yang baru memasuki usia 4 pada tahun ini, akan berimplikasi pada kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama atas nama Pemerintah Kayangan R.Kertamono juga menyerahkan Mahasiswa KKN Universitas Mataram ke Desa Kayangan, Desa Sesait,Desa Dangiang dan Desa Gumantar,Desa Salut dan Desa santong sebagai ketempatan pelaksanaan kegiatan KKN dimaksud. ( Eko )
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar