Selasa, 13 Maret 2012

Niat Masyarakat Sejongga Dirikan SD Filial, Direspon Wakil Ketua DPRD KLU

Kayangan,(SK),--- Masyarakat Dusun Sejongga Desa Kayangan Kecamatan Kayangan KLU, patut berbangga, karena niat mendirikan Sekolah Dasar (SD filial) yang sudah lama terpendam sebentar lagi akan menjadi kenyataan.
Pasalnya, Wakil Ketua DPRD KLU Burhan M.Nur menyempatkan diri bersilaturrahmi dengan masyarakat Sejongga, sekaligus meninjau secara langsung lokasi rencana didirikannya SD Filial dimaksud,Minggu (11/03/2012).

Pada kesempatan itu, Burhan M. Nur , dengan didampingi pihak yang mewakili UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan Radisah, menyambut baik dan sangat apresiatif niat masyarakat Sejongga untuk mendirikan SD Filial, dengan ketentuan seluruh fasilitas pendukung seperti lokasi sebagai tempat dibangunnya gedung Sekolah, sumber murid, serta calon tenaga pengajar, tidak ada masalah.

“Dari seluruh persyaratan berdasarkan Undang-undang untuk mendirikan SD Filial ini, sudah tidak ada masalah,”katanya.

Burhan M.Nur, yang juga politisi partai Demokrat di DPRD KLU ini mengatakan, secara lisan memang masalah ini sudah di koordinasikan dengan pihak UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan, namun secara resmi belum disampaikan dan pihak UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan, lanjutnya, menyambut positif.

Disarankan Burhan, agar niat baik untuk mendirikan SD Filial di Sejongga ini berjalan mulus, harus di dukung dengan ketersediaan lokasi, sumber murid dan tenaga pengajar. Niat dan semangat dari masyarakat ditunjukkan agar tahun ajaran ini bisa dimulai.

Sementara itu,Hariadi Kepala Dusun Sejongga mengatakan, calon sumber murid nantinya yang akan mendukung SD Filial ini berasal dari tiga dusun yang berdekatan, yaitu Dusun Tanak Muat,Dusun Sumur Jiri dan Dusun Sejongga sendiri. Sementara jumlah calon siswa yang sudah terdaftar dan belum bersekolah berjumlah 53 orang ( Tanak Muat 20 orang,Sejongga 17 orang dan Sumur Jiri 16 orang).

Dikatakan Hariadi, yang melatar belakangi niat masyarakat Sejongga untuk mendirikan SD Filial ini mengatakan, ketika terjadi banjir tahun 2009 lalu, sempat tidak ada yang sekolah,baik SD,SMP/MTs,MA/SMA, termasuk guru, tidak bisa masuk ngajar. Disamping itu, lanjutnya, jarak SD yang ada terlalu jauh. Sementara dari data yang ada, jumlah murid kelas 1 hingga kelas 6 yang bersekolah ke SD 4 Kayangan yang jaraknya 2 km lebih dari Sejongga itu, 64 siswa.

Pada tahun lalu, masyarakat wilayah atas Desa Kayangan (dusun Sejongga,Empak Mayong, Bagek Kembar,Tanak Muat) pernah mengajukan proposal pemekaran desa, dengan nama calon desanya Sumur Jembung, maka lokasi sebagai cikal bakal berdirinya SD Filial ini, berada di pusat Desa Pemekaran Sumur Jembung.

Dengan posisinya yang sangat strategis itu, maka sangat dimungkinkan SD Filial dari SD 4 Kayangan tersebut nantinya akan cepat berkembang. Kalau di lihat dari kesiapan SDM, Sejongga ini patut di perhitungkan.

Banyak putra –putri dari dusun terpencil ini yang sedang menempuh pendidikan di pergurun tinggi. Dengan selesainya mereka menempuh pendidikan tinggi tersebut, tentunya dengan berdirinya SD Filial ini, kebutuhan SDM tidak menjadi masalah.

“Dari segi SDM, dusun ini sudah tidak ada masalah, karena kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sudah bagus,”kata Asdan, salah seorang tokoh masyarakat Dusun Sejongga.

Asdan berharap di masa mendatang, SD Filial ini akan menjadi SD Center di Calon Desa Persiapan Sumur Jembung yang merupakan pecahan dari Desa Kayangan.

Ketua Komite SD 4 Kayangan Rapidep, ketika di konfirmasi tentang rencana masyarakat Dusun Sejongga mendirikan SD Filial 4 Kayangan mengatakan, sangat respon dan menyambut baik. “Dengan adanya SD Filial ini nantinya, anak cucu kita dimasa mendatang tidak lagi harus sekolah ke tempat yang jauh,”katanya.

“Selama ini, siswa yang berasal dari Dusun Sejongga yang bersekolah ke SD 4 Kayangan, yang jaraknya cukup jauh itu, berjumlah 64 orang, maka dengan adanya SD Filial ini, kedepan adalah solusinya,”tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Agus Suparno,S.Hi salah seorang SPMD (Sarjana Penggerak Membangun Desa) yang ditempatkan di Desa Kayangan mengatakan, nantinya SD Filial ini akan di dukung oleh tiga dusun sebagai sumber murid. “Kalau jadi mekar desa ini, maka SDM di dusun ini tidak kalah dengan desa induk,”katanya.

Dengan adanya wadah SD Filial ini adalah merupakan wujud nyata kepedulian masyarakat terhadap pendidikan, karena adanya dukungan penuh masyarakat. “Mudah-mudahan ini menjadi nyata, ”harapnya.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar