Minggu, 29 Januari 2012

Implementasi Program Dari Hulu ke Hilir, Terus di Galakkan

Kayangan,(SK),-- Gerakan penanaman satu miliar pohon, sebagaimana telah di canangkan Presiden Republik Indonesia akhir November 2011 lalu, terus digalakkan.

Dengan menanam 729 pohon dari 8 jenis di tanah pekuburan umum Dusun Empak Mayong,Desa Kayangan Kecamatan Kayangan, maka program dari hulu ke hilir H.Abidin Mustakim yang selama ini dirintisnya sejak tahun 1978 silam, kini semakin mendekati puncak keberhasilan.

Buktinya, hampir seluruh kawasan lahan kosong yang tersebar disebagian wilayah KLU di hijaukan. Terutama di daerah Kayangan yang hampir tuntas.

H.Abidin Mustakim melalui programnya dari Hulu ke Hilir yang sering di dengungkannya diberbagai tempat tersebut, semakin di minati oleh masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.

Akhir Januari 2012 ini,dengan bekerja sama dengan Pemerintah Dusun Empak Mayong Desa Kayangan dan Ponpes Nurul Islam, H.Abidin Mustakim menyumbangkan 729 bibit pohon yang siap tanam di tanah pekuburan umum dusun setempat.

Penghijauan yang dilaksanakan kali ini, Sabtu (29-01-2012), selain dihadiri langsung Pimpinan Ponpes Nurul Islam Ust.Muh. Turmuzi,SH, M.MPd, Pengurus Yayasan,Kadus Empak Mayong,Perintis Wanatani Kayangan, Mahasiswa PPL UNW Mataram, dewan guru, Komite, juga dikerahkan seluruh siswa-siswi, tenaga kependidikan dan masyarakat setempat.

Menurut H.Abidin Mustakim bahwa maksud diadakannya penghijauan ini karena hutan semakin hancur akibat pembangunan kota yang semakin meningkat,illegal loging semakin banyak. Disamping itu untuk melestarikan kehidupan kehayati (keaneka ragaman kehidupan) dikawasan tersebut.

“Inilah salah satu tujuan dari penghijauan yang kita lakukan saat ini, untuk pendukung program dari hulu ke hilir,”jelas H.Abidin semangat.

H.Abidin Mustakim berharap kepada Pemda KLU, terutama Pemerintah Kecamatan,Desa dan Dusun setempat, supaya memelihara tanaman yang sudah ditanam tersebut. Ini penting artinya setelah menanam harus di rawat,dipelihara dan dilestarikan.

Pelaksanaan penghijauan kali ini, secara kebetulan ditempat yang lain yaitu di Desa Sesait dan Desa Pendua, juga dilaksanakan penghijauan disepanjang jalan Sesait-Pendua. Pada pelaksanaan penghijauan ditempat tersebut, disamping melibatkan seluruh masyarakat kedua desa, juga hadir Tim II dari Pemerintah Kecamatan Kayangan dibawah pimpinan Sekcam R.Kertamono.

“Ini merupakan program penghijauan tahap berikutnya, setelah penghijauan tahap awal sukses yang dipusatkan dilapangan umum Kecamatan Kayangan awal januari lalu, ”katanya.

“Mudah-mudahan program penghijauan yang kita laksanakan ini bisa berlanjut dimasa mendatang,”harapnya.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar