Sabtu, 17 Desember 2011

Jajaran Korem 162 Wirabhakti, Lakukan Penanaman Pohon di Kayangan

Kayangan,-- Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional, telah dicanangkan secara serentak di seluruh Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia, beberpa waktu lalu.
Dengan melibatkan seluruh jajaran SKPD,PNS, Pramuka,Siswa-siswi SMA Negeri 1 Kayangan maupun masyarakat setempat, acara penanaman pohon disekitar areal Lapangan Umum Kecamatan Kayangan, Jajaran Korem 162 Wirabhakti yang menerjunkan satu pasukan TNI dari Bataliyon Gebang,Sabtu (17/12/2011), sukses. 

Masing-masing orang diberikan jatah menanam satu pohon ditempat yang sudah ditentukan. Termasuk Camat Kayangan yang diwakili Sekcam R.Kertamono dengan didampingi H.Abidin Mustakim, tokoh perintis wanatani lahan kering di Kayangan, menanam pohon. Bibit-bibit pohon yang ditanam diareal Lapangan Umum Kecamatan Kayangan tersebut, menurut H.Abidin Mustakim sebagian besar Rupe,Mahoni,Beringin,Jamplung dan Trambesi.

“Yang jelas, jumlah yang ditanam kali ini sekitar 1.000 pohon dengan 40 jenis pohon,”terangnya.
Gerakan menanam pohon dan kerja bakti yang dilakukan jajaran Korem 162 Wirabhakti dengan menerjunkan satu pasukan dari Bataliyon Gebang ini adalah akan  menjadi motivasi bagi masyarakat Lombok Utara, khususnya Kayangan, untuk lebih giat dan lebih bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan dan melestarikan lahan dan hutan berbasis masyarakat, baik secara ekologis, ekonomis maupun social.

Dikatakan  Letkol. Inf. Asep Nurdin (Kepala Seksi Oprasi Korem 162/WB) bahwa, tujuan kegiatan ini selain meningkatkan jiwa korsa dan profesionaslisme prajurit infantri  dalam mendukung tugas pokok Kodam IX Udayana, juga memupuk sejarah yang ditinggalkan oleh pendahulu bangsa ini, seperti Panglima Jenderal Soedirman.     “Keberadaan kami di Kayangan ini adalah disamping melakukan penghijauan dan kerja bakti disekitar  Pasar Umum Kayangan, juga kami ingin perkenalkan program infanteri dengan harapan  kemanunggalan TNI dengan masyarakat lebih dekat lagi,”katanya.

Sementara itu, Camat Kayangan yang diwakili Sekcam R.Kertamono dalam sekapur sirihnya mengajak semua pihak yang hadir, untuk melakukan pelestarian sumber daya alam, dengan menanam berbagai jenis pohon disekitar lapangan umum Kecamatan ini, dimana menurutnya areal ini pernah terbakar awal September lalu.

 “Dalam pemeliharaan tanaman yang sudah ditanam kali ini, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah semata, namun itu adalah menjadi tanggung jawab kita bersama masyarakat Kayangan untuk menjaga dan melestarikannya,”ajaknya.

“Mari kita jaga dan pelihara semua tanaman yang sudah kita tanam disekitar areal Lapangan Umum ini, sehingga untuk 5-10 tahun kedepan, Insya Allah areal Lapangan ini akan sejuk dan nyaman serta indah untuk menjadi tempat istirahat, ”pesannya.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar