Sabtu, 17 Desember 2011

Kiprah H.Abidin Mustakim Melestarikan Lingkungan, Gandeng Pramuka

Kayangan,-- Upaya melestarikan lingkungan hidup dalam mendukung program dari Hulu ke Hilir diawal musim penghujan ini, kiprah H.Abidin Mustakim terus digalakkan.
Berbagai upaya telah dilakukannya, baik dari persiapan persemaian bibit yang dimulai sejak musim kemarau yang berkepanjangan pertengahan tahun lalu, hingga pendistribusian bibit-bibit yang siap tanam dilahan yang kosong maupun mengganti pohon yang mati dilahan yang memang sudah ditanami beberapa waktu lalu.

Diakui H.Abidin Mustakim bahwa lokasi persemaian bibit yang ada di wilayah KLU ini tersebar di empat wilayah, yaitu selain di kebun miliknya di Empak Mayong Kayangan, juga ada di Pusuk,Kelanjuhan Gumantar dan Sukadana Bayan.

Dengan menggandeng pihak Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kayangan, dipenghujung tahun 2011 ini, kembali H.Abidin Mustakim menghijaukan Lapangan Umum Kecamatan Kayangan yang pada tahun lalu (2010) sudah ditanami dengan 93 jenis pohon penghijauan. Namun awal September lalu sempat terbakar hingga menghanguskan ratusan pohon yang sudah satu tahun tumbuh.

Menurut H.Abidin Mustakim penyediaan bibit pada tahun ini sudah dipersiapkannya, tinggal bagaimana mendistribusikannya ke lahan yang siap tanam.

“Bibit saya bagikan secara cuma-cuma, tinggal bagaimana bibit ini bisa diangkut ke lokasi tanam, itu diserahkan kepada orang yang mengambilnya,”katanya.

Untuk tahap pertama, bibit yang siap tanam di lapangan umum Kayangan ini,H.Abidin Mustakim menyediakan 1.000 pohon dari 35 jenis tanaman. Dari jumlah itu yang paling banyak adalah dari jenis Rupe,mahoni, jamplung,imba, plamboyan dan asam.

“Harapan kita kepada semua pihak bahwa jika bibit ini sudah kita tanam, maka kita harus jaga 3M (Menanam,Memeihara dan Memanen), artinya jangan hanya menanam saja, tapi kita harus jaga,pelihara,rawat,”jelas H.Abidin. 

Camat Kayangan Tresnahadi, juga berharap agar semua masyarakat sekitar termasuk semua SKPD terlibat langsung dalam menaman, memelihara dan menjaga setiap bibit pohon yang sudah ditanam.

“Ini adalah salah satu kewajiban kita untuk terlibat langsung dalam memeliharanya,”kata Tresnahadi pada suatu kesempatan.

Sementara pihak Kwartir Ranting Gerakan Pramuka khususnya DKR Kayangan melalui Ketuanya Supriadi mengatakan bahwa untuk mendukung program penghijauan H.Abidin Mustakim dari Hulu ke Hilir yang sudah digulirkan beberapa tahun terakhir ini, gerakan pramuka Kayangan siap terlibat langsung dalam medukungnya.

“Kita juga ingin sebagai pelopor penghijauan di wilayah Kayangan ini selain H.Abidin Mustakim,”kata Supriadi bersemangat.

Keterlibatan gerakan pramuka Kayangan dalam setiap kegiatan penghijauan diwilayah setempat patut diacungi jempol. Melalui Ketua Kwarran Syukri dan dibantu Ketua DKR Kayangan Supriadi bahwa dalam setiap kegiatan kepramukaan diwilayah Kayangan ini selalu diselipkan acara penghijauan.Sehingga tidak heran gerakan pramuka Kayangan juga bisa disebut sebagai pelopor penghijauan diwilayah ini.

Sebelum bibit siap tanam, maka yang harus dilakukan pertamakali adalah menggali lubang terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar unsure-unsur hara yang terdapat dalam tanah bisa beradaptasi dengan sinar matahari.

Dengan mengerahkan seluruh anggota pramuka penegak dan pandega diwilayah Kayangan, dibantu masyarakat setempat yang dihadiri  pihak TNI, acara penghijauan di lapangan umum Kecamatan Kayangan telah dimulai, Sabtu (17/12/2011).

“Semoga kegiatan ini sebagai awal kebangkitan semangat juang para pemuda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka Penegak/Pandega dalam memperjuangkan  hijaunya negeri Kayangan ini,”tutup Supriadi.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar