Jumat, 02 Desember 2011

Gugus Depan Santong,Resmi Mewakili Kwarran Kayangan LT III

Kayangan,-- Menghadapi pelaksanaan LT III di tingkat Kwartir Cabang khususnya di Kabupaten Lombok Utara, Kwartir Ranting Kayangan lakukan berbagai persiapan.
 
Persiapan dimaksud dibuktikan dengan telah ditunjuknya Gugus Depan Santong dalam Musran yang berlangsung diaula Kantor Camat Kayangan,Kamis,(01/12) yang dihadiri Kamabiran dan seluruh pengurus kwarran,Kepala Sekolah,para Pembina Penggalang dari masing-masing sekolah,para andalan ranting, dan DKR, untuk mewakili Kwartir Ranting Kayangan dalam LT III yang pelaksanaannya diperkirakan pada minggu ketiga bulan Desember 2011 ini.

Kegiatan yang    dikategorikan ke dalam kegiatan rutin tiga tahunan sekali ini membutuhkan persiapan yang matang. Karena LT (Lomba Tingkat)  ini mengutamakan ketrampilan individu.

Camat Kayangan Tresnahadi selaku Kamabiran menganggap pertemuan yang melibatkan seluruh Pengurus Kwarran dan para andalan ini, sangat penting artinya bagi keberlangsungan Gerakan Pramuka yang ada didaerah ini.Menurutnya bahwa gerakan pramuka merupakan suatu gerakan bagi peserta didik, karena banyak hal yang didapatkan melalui kegiatan ini.

“Dengan segala hormat, mari kita bersama-sama mendukung program gerakan pramuka yang ada di Kwartir Ranting Kayangan ini, karena pihak Kwarran sendiri tidak mampu jalan sendiri dan berbuat banyak, tanpa dukungan dan kebersamaan kita semua,”ajak Tresnahadi.

“Lebih-lebih dalam pesiapan menghadapi LT III yang sudah diambang pintu dan persiapan menghadapi Raimuna tahun 2012 mendatang, ”tambahnya.

Kamabiran mengajak kepada semua peserta yang hadir, karena apapun hasil Musran pada hari itu adalah keputusan bersama, maka harus bersama-sama pula bertanggung jawab, baik menyangkut pendanaan,tenaga dan pikiran dalam persiapan menghadapi LT III maupun Raimuna mendatang.

Terkait dengan rencana penghijauan dengan melibatkan Gerakan Pramuka didaerah ini, pihak Kecamatan Kayangan dengan bekerja sama dengan dinas terkait, dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi NTB dan Dinas Pertanian dan Kehutan KLU dalam hal pengadaan bibit.

“Kalau bibitnya sudah siap tanam,nanti kita informasikan lebih lanjut tentang kapan kepastian menanamnya,”jelasnya.

 Sementara itu Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kayangan Syukri yang secara langsung memandu Musran tersebut menyampaikan beberapa hal terkait dengan persiapan menghadapi LT III. Dimana peserta LT III ini sesuai dengan juknis yang telah diturunkan pihak cabang, bahwa pesertanya harus dari Gugus Depan utuh.

Persyaratan ini agak menyimpang dari apa yang sudah dilakukan sebelumnya, karena pihak Kwartir Ranting Kayangan telah mendahului merekrut peserta dari semua sekolah, sehingga peserta yang akan dipersiapkan untuk menghadapi LT III nantinya sudah siap.

Namun Syukri mengaku bahwa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap Kwarran yang pada LT III Lombok Utara, yang pelaksanaannya diperkirakan minggu ketiga Desember 2011  atau usai ujian semester bagi setiap sekolah adalah berdasarkan Juknis yang diturunkan pihak Cabang harus Gugus Depan utuh.
“Jadi peserta yang sudah terlanjur direkrut, terpaksa dibatalkan,” tegas Syukri.

Syarat yang harus dipenuhi setiap Kwarran, pesertanya harus berasal dari Gudep utuh.”Ini informasi terakhir yang kami terima dari Cabang,”jelas Syukri yang juga Kepala SMP SATAP Salut ini serius.

Syukri berharap dalam pelaksanaan LT III KLU tahun ini, agar bisa mewakili Kwarran Kayangan sebagai Gugus Depan yang utuh, maka pada kesempatan itu juga setelah melalui berbagai pertimbangan dalam pembahasan yang alot, maka ditunjuklah Gugus Depan Santong yang akan mewakili Kwarran Kayangan pada LT III tahun ini. Hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa selama ini Gugus Depan Santong adalah Gugus Depan aktif dalam latihan, baik kegiatan di Kwartir maupun di pangkalan.

Gugus Depan Santong yang ditunjuk, ketika ditanya kesiapannya mewakili Kwarran Kayangan dalam LT III minggu ketiga desember ini mengatakan kesiapannya, dengan harapan dukungan pembinaan lebih lanjut dari pihak Kwarran.

“Mudah-mudahan perserta didik yang kita kirim ini konsentrasi dengan ilmu-ilmu serta ketrampilan yang sudah dibekali, paling tidak bisa tampil di LT III dengan hasil yang memuaskan, itu sudah lumayan,”harap Sekretaris Kwarran Kayangan Alimudin.

Ketika ditanya bagaimana peran pihak Kwarran dalam membina dan mempersiapkan peserta yang nantinya akan dikirim ke LT III, Alimudin menjelaskan bahwa itu akan dipersiapkan dengan baik dengan melibatkan semua Pembina mahir dibidangnya.Sehingga bekal ilmu maupun ketrampilan personal sangat dituntut untuk dikuasai. Dengan demikian, maka bekal ketika mengikuti LT III nantinya sudah banyak dan tidak diragukan lagi.

“Melihat persiapan semua ini, kita berharap bisa berlanjut ke LT IV,”asa Alimudin yang berpenampilan low profil ini.

Diakui Alimudin bahwa sebelumnya pihaknya sudah merekrut peserta sebanyak 20 orang dari semua sekolah yang ada di Kayangan. Namun karena turun aturan atau juknis tentang persyaratan mengikuti LT adalah harus Gugus Depan yang utuh, termasuk dengan kelengkapan administrasinya. 

“Kita terus bina koordinasi dengan pihak gugus yang akan mewakili  untuk menjalin komunikasi dengan baik, terutama tentang jadual pembinaannya,”harapnya. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar