Senin, 28 November 2011

Sosialisasi Pembangunan USB SMPN 4 Kayangan

Kayangan,-- Dalam rangka mempercepat penuntasan wajib belajar 9 tahun yang bermutu dan merata, saat ini Kecamatan Kayangan patut berbangga.

Pasalnya, pada tahun anggaran 2012 mendatang, Kecamatan Kayangan mendapatkan satu Unit Sekolah Baru (USB) untuk SMPN 4 Kayangan, yang natinya akan dibangun di Desa Selengen.

Camat Kayangan Tresnahadi dalam pengantarnya mengharapkan agar dalam rangka sosialisasi rencana pembangunan satu USB tersebut, semua peserta yang hadir untuk memberikan dukungan sepenuhnya.

Sebelumnya Tresnahadi mengakui bahwa di Kecamatan Kayangan selama ini sudah memiliki 3 buah SMPN yang sudah berdiri disamping 6 buah MTs dan pada tahun mendatang Kecamatan Kayangan mendapatkan satu USB SMPN lagi, yang nantinya akan ditempatkan di Desa Selengen.

“Proposalnya sudah diajukan ke Mendiknas dan di respon, sehingga satu USB ini akan dibangun pada tahun anggaran 2012 mendatang,”jelasnya.

“Intinya, mohon dukungan sepenuhnya dari semua pihak terhadap rencana pembangunan USB SMPN 4 Kayangan ini,”tambahnya.

Kepastian ini diungkapkan oleh Kabid Dikdas Dikbudpora Kabupaten Lombok Utara Muhammad ketika Sosialisasi rencana pembangunan USB dimaksud, yang berlangsung diaula Kantor Camat Kayangan,Sabtu,(27/11/2011).

Hadir dalam pertemuan tersebut, selain Kabid Dikdas Dikbudpora KLU,Muspika, Camat Kayangan, juga dihadiri 3 Kepala Desa  (Selengen,Salut, Gumantar),tokoh masyarakat,tokoh pemuda,para pengawas TK/SD, panitia pembangunan USB dan beberapa warga masyarakat desa yang terdekat dengan rencana lokasi pembangunan USB.

Dikatakan Muhammad, bahwa kepastian KLU mendapatkan dua buah USB, salah satunya SMPN 4 Kayangan pada tahun anggaran 2012 mendatang, setelah dirinya diberitahu oleh pihak Kemendiknas, ketika mengikuti workshop pengembangan SMP tingkat Nasional di Hotel Andos Cengkaren Jakarta. Dimana menurut Muhammad, bahwa proposal usulan Block Grant Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMPN 4 Kayangan yang sudah dikirim ke Mendiknas beberapa waktu lalu, telah disetujui pihak Kemendiknas.

“Perhatian Pusat terhadap KLU sungguh luar biasa, terutama di bidang Pendidikan.Coba saja untuk pendidikan dasar, Pusat menyediakan 3 M untuk KLU. Ini baru pendidikan dasar, belum untuk sekolah menengah,termasuk rehab maupun pembangunan USB, ”Jelas Muhammad, yang asli Pemenang ini.

Sebenarnya harapan masyarakat Desa Selengen untuk mendapatkan USB SMPN 4 Kayangan ini sudah lama terpendam. Beberapa tahun yang lalu, sebagai cikal bakal SMPN 4 Kayangan ini pernah menerima siswa baru, yang ketika itu numpang di SD Tampes. Namun karena kepastian dari Pemerintah Pusat saat itu belum ada, sehingga setelah sekian tahun menunggu, akhirnya sekarang baru ada respon positif dari Pemerintah Pusat.

“Ini dalam rangka menyukseskan wajar dikdas 9 tahun,”tegas Muhammad.

Dalam rangka membangun Kecamatan Kayangan kedepan melalui jalur pendidikan, maka Muhammad mengajak semua pihak untuk memberikan dukungannya, sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat Kecamatan Kayangan khususnya Desa Selengen terkait rencana pembangunan USB SMPN 4 Kayangan dapat terwujud. 

“Proposal Block Grant Pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMPN 4 Kayangan, yang sudah kita kirim ke Pusat, sudah diterima Direktorat Pendidikan Kemendiknas. Hanya saja, ada beberapa perbaikan yang perlu kita lengkapi, ”katanya.

Disamping itu, Muhammad menyatakan bahwa dokumen untuk melengkapi proposal yang akan dibawanya ke Jakarta minggu ini, agar dilengkapi dan kalau ada perbedaan, jangan dikedepankan.

“Yang menjadi prioritas kita saat ini adalah bagaimana program pembangunan Kecamatan Kayangan, bilkhusus melalui jalur pendidikan ini bisa berjalan dan sukses,”pinta Muhammad dengan penuh keyakinan.
Sementara itu, Kepala UPTD Dikbudpora Kecamatan Kayangan Nurdin,S.Pd mengatakan bahwa setelah USB SMPN 4 Kayangan tersebut sudah tuntas, maka yang diprioritaskan kemudian untuk wilayah Kecamatan Kayangan adalah pengadaan SMK. Karena menurutnya, jika dibandingkan dengan Kecamatan yang lain, tinggal Kecamatan Kayangan yang belum memiliki SMK.(Eko). .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar