Selasa, 29 November 2011

Wabup KLU, Canangkan Hari Menanam Pohon Indonesia

Lempenge, -- Secara serentak, Senin (28/11/2011) di seluruh Indonesia, baik tingkat Provinsi maupun tingkat Kabupaten/kota, Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional, telah dicanangkan.
Dengan melibatkan seluruh jajaran SKPD, TNI maupun masyarakat setempat, acara penanaman pohon di sepanjang pesisir pantai Lempenge hingga Montong Pal sukses. Masing-masing pimpinan SKPD diberikan jatah menanam satu pohon di tempat yang sudah ditentukan.Termasuk Wabup KLU H.Najmul Akhyar,SH.MH dengan didampingi Dandim 1606 Lombok Barat Letkol (Inf) Waris Aris N, Plt Sekda KLU Simparudin,SH dan seluruh SKPD lingkup Pemda KLU, menanam pohon. Bibit-bibit pohon yang ditanam tersebut sebagian besar Jamplung dan Trambesi.
Najmul mengatakan bahwa, dengan kehadiran seluruh SKPD dilingkup Pemda KLU saat ini, akan menjadi motivasi bagi masyarakat Lombok Utara untuk lebih giat dan lebih bertanggung jawab dalam pengelolaan lingkungan dan melestarikan lahan dan hutan berbasis masyarakat, baik secara ekologis, ekonomis maupun social.

Dalam mewujudkan dan melestarikan lingkungan hidup, berbagai gerakan dan program telah dilakukan oleh Pemda KLU melalui Kementerian Kehutanan Lingkungan Hidup KLU bekerja sama dengan Organisasi Pemerhati Alam dan Lingkungan (OPAL), meliputi gerakan penghijauan lingkungan, gerakan rehabilitasi hutan dan lahan, gerakan tanam dan pelihara pohon, gerakan menanam one man one tree dan sebagainya.

Oleh sebab itu, Najmul juga mengajak seluruh pimpinan SKPD untuk melakukan interaksi dengan masyarakat agar terjalin hubungan yang harmonis antar sesama, dimana hubungan yang harmonis dengan masyarakat ini menurutnya, akan menjadi modal utama dalam memberikan penyadaran, bahwa kelestarian sumber daya alam bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah semata, namun itu adalah menjadi tanggung jawab kita bersama masyarakat KLU untuk menjaga dan melestarikannya.

“Mari kita jaga dan pelihara semua tanaman yang sudah kita tanam di sepanjang pantai Lempenge ini, sehingga untuk 5 tahun kedepan, Insya Allah pantai Lempenge ini akan sejuk dan nyaman serta indah untuk menjadi tempat istirahat,” pesannya.

Camat Kayangan Tresnahadi, di tengah-tengah kerumunan stafnya ketika sibuk menanam, juga berharap agar tanaman yang baru saja ditanam ini, betul-betul dipelihara. “Jangan ditanam saja, lalu dibiarkan tanpa ada perawatan tindak lanjutnya,” katanya.

“Ini akan berhasil manakala didalam diri kita masing-masing ada kepedulian terhadap lingkungan,”timpal Atmaja Gumbara, Kasubag Perencanaan Kantor Camat Kayangan, yang diaminkan oleh rekan-rekannya yang lain.

“Saya akan tetap pelihara tanaman yang sudah saya tanam ini, kapan pun saya lewat di sini, insya Allah saya akan perhatikan,” katanya berjanji untuk tetap merawat dan memelihara pohon trambesi yang ditanamnya itu, mengingat dirinya adalah orang asli di daerah tersebut.

 Pada kesempatan itu pula, Wabup KLU mengukuhkan beberapa kelompok peduli lingkungan daerah pesisir Desa Rempek Kecamatan Gangga. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar