Jumat, 25 November 2011

Pengurus Posyantek Kayangan, Akhirnya Terbentuk

Kayangan,-- Di era globalisasi saat ini, masyarakat dituntut memiliki kemampuan menguasai teknologi untuk meningkatkan daya saing produk guna peningkatan kesejahteraannya.Untuk itu diperlukan upaya peningkatan akses masyarakat terhadap Teknologi Tepat Guna (TTG).

Hal tersebut dikatakan Camat Kayangan yang diwakili Kasi PMD Musanip,B.Sc, mengawali pengantarnya dalam rapat pembentukan Pengurus Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) tingkat Kecamatan Kayangan, yang berlangsung di aula Kantor Camat Kayangan, Kamis, (24/11/2011).

Hadir dalam pertemuan tersebut, disamping anggota Muspika, hadir pula para Pimpinan SKPD,Kepala Desa,Ketua BPD,SPMD, LPM, tokoh Pemuda,tokoh masyarakat serta beberapa pengurus Karang Taruna dan undangan lainnya.

Adapun maksud pembentukan dan pengembangan  Posyantek adalah untuk mempercepat pemanfaatan TTG oleh masyarakat. Sedangkan tujuannya adalah menjembatani masyarakat pemanfaat /pengguna TTG dengan sumber TTG, memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan teknis, pelayanan informasi dan promosi TTG serta meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam rangka pemanfaatan TTG.

 Selanjutnya Musanip menerangkan bahwa Posyantek itu adalah lembaga kemasyarakatan di Kecamatan yang memberikan pelayanan teknis, terkait informasi dan orientasi berbagai jenis Teknologi Tepat Guna (TTG).
“Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan TTG dilaksanakan secara partisipatif, keterpaduan, mempertimbangkan potensi sumber daya local, berwawasan lingkungan dan memberdayakan masyarakat setempat,”jelas Musanip.

Disamping itu, Musanip yang  asal Senaru Bayan ini juga menjelaskan bahwa sasaran pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan TTG tersebut meliputi masyarakat penganggur, putus sekolah dan keluarga miskin. Selain itu, sasaran lainnya lebih difokuskan buat masyarakat yang memiliki usaha mikro kecil dan menengah.

Melalui proses pembahasan yang panjang dan alot, dengan di pandu Agus Suparno,S.Hi (SPMD Kayangan) akhirnya pengurus  Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) tingkat Kecamatan Kayangan akhirnya berhasil memilih pengurus baru, dengan memperhatikan keterwakilan semua desa dari delapan desa yang ada, dengan dikomposisi, Ketua Abdurrahman Jumaidi (Kayangan), Sekretaris Marjudin, (Santong),Bendahara Sri Astuti (Dangiang), Kemitraan Mahirudin (Sesait),Pengembangan Sahrin (Pendua), dan Pelayanan Martiadi (Gumantar).

“Pengurus Posyantek yang baru terpilih ini dalam waktu dekat akan dikukuhkan oleh Bupati KLU.,”terang Agus Suparno.

Sementara itu, Abdurrahman Jumaidi selaku yang dipercaya mengemban amanat tersebut, mengharapkan kepada semua pihak untuk turut serta membantunya dalam menjalankan tugasnya. 

“Tanpa keterlibatan semua pihak, tidak mungkin semua tugas bisa terselesaikan dengan baik dan maksimal,”katanya berharap.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar