Rabu, 07 September 2011

Warga Kayangan Sediakan Lahan 1,40 Ha untuk Penghijauan

Kayangan, -- Kepedulian sebagian warga masyarakat tentang pentingnya pengelolaan lingkungan sangat jarang yang peduli.
Namun lain halnya dengan Murdin, salah seorang warga Karang Tal Desa Kayangan, yang sehari-harinya berprofesi sebagai guru SD ini, malah sengaja menyediakan lahan miliknya untuk dijadikan lokasi penghijauan. Tidak tanggung-tanggung, dia menyedikan lahan seluas 1.290 M2 berlokasi di Dusun Air Bari Desa Gumantar Kecamatan Kayangan KLU, untuk ditanami dengan tanaman penghijauan.

Untuk merealisasikan niat baiknya ini, Murdin bekerja sama dengan H.Abidin Mustakim, yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia maya asal Bima ini.Niat baik tersebut, bak gayung bersambut. Bersama wartawan media ini, Murdin dan H.Abidin Mustakim, Selasa sore, (06/09) meninjau lokasi lahan yang menurut rencana akan dihijaukan dalam waktu dekat.

Terkait dengan rencana penghijauan lahan tersebut, H.Abidin Mustakim telah menyediakan ratusan tanaman dari berbagai jenis. Diantara jenis bibit yang sudah ada ditempat persemaiannya di kebun miliknya di Empak Mayong itu, adalah jati putih (gamalina),lamtoro gung,gol, sengon, imba,elak-elak,waru, bidara,  kapuk, jarak,bunut,kesambik, akasia dan segala jenis tanaman lainnya.

“Semua jenis bibit ini akan ditanam di lahan milik Murdin yang berlokasi di Air Bari Desa Gumantar,”katanya bersemangat.

Namun diakui H.Abidin Mustakim, sebelum diadakan penanaman, terlebih dahulu harus diadakan penggalian lubang minimal dua bulan sebelum tanam. Hal ini dimaksudkan, agar tanah yang ada, terutama dilubang tersebut, nantinya dapat beradaptasi dengan sinar matahari. Sebab menurutnya, sinar matahari itu banyak mengandung unsure hara dan vitamin yang dibutuhkan tanaman.

“Untuk lahan yang disediakan Murdin di Air Bari ini, sangat cocok dengan tanaman jati putih, ”jelas H.Abidin.

Sebab mneurutnya, disamping daerah itu bebatuan, juga dalam waktu bersamaan sedang dibangun sumur bor. “Jadi momen ini sangat tepat,” katanya.

Untuk mendukung program ini, H.Abidin Mustakim menyebutnya dengan program “Kehati”. Kehati yang maksud H.Abidin adalah Keanekaragaman hayati. Artinya, semua makhluk hidup bisa hidup berdampingan ditempat itu.

Sedangkan menurut Murdin pemilik lahan itu, mengungkapkan bahwa nantinya dimasa mendatang jika penghijauan tersebut sudah berhasil, maka dirinya berencana akan menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat observasi dan penelitian. Disamping itu bisa juga dijadikan sebagai tempat rekreasi untuk generasi dimasa mendatang.

“Semoga saja niat ini akan menjadi nyata,”harapnya. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar