Selasa, 06 September 2011

Ratusan Tanaman Penghijauan Ld.Galuh Terbakar

Kayangan,--- Lahan Lendang Galuh yang sudah ditanami ratusan tanaman penghijauan tahun 2010 lalu, terbakar,Sabtu (03/09).

Lahan yang terletak di sebelah selatan Kantor Camat Kayangan KLU ini, yang sejak tahun 2010 lalu dihijaukan oleh H.Abidin Mustakim, dengan programnya dari Hulu ke Hilir dan dari Hilir ke Hulu itu, kini tidak terlihat lagi.

Pasalnya, menurut keterangan Edi Kartono (30), saat persitiwa kebakaran itu terjadi, dirinya mengaku bahwa, ketika pulang kantor pada siang hari sabtu minggu lalu, api yang menggerogoti lahan yang dipenuhi ratusan tanaman penghijauan di lendang galuh Kayangan itu, masih menyala. Api yang menghanguskan seluruh areal penghijauan dibagian selatan lapangan umum Kecamatan Kayangan ini, diperkirakan berasal dari puntung rokok yang tidak sengaja dibuang oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sebab siang itu, menurut Edi Kartono yang bekerja di UPK PNPM Kecamatan Kayangan ini, angin sedang bertiup kencang. Sehinnga besar kemungkinan peristiwa tersebut diakibatkan oleh api yang berasal dari puntung rokok yang tertiup angin.

Menurut H.Abidin Mustakim (65) yang selama ini dikenal sebagai perintis penghijauan dilahan kering, sangat menyesalkan terjadinya peristiwa kebakaran  tersebut. Dirinya mengaku sangat kaget, dan bahkan sampai pingsan, begitu melihat lahan penghijauan yang selama ini dirintisnya, melalui program yang ditelurkannya dari hulu ke hilir dan dari hilir ke hulu beberapa waktu silam, yang ditanami ratusan pohon pelindung itu, kini sudah tidak kelihatan satu pohon pun.

“Bagaimana kita tidak kaget melihat lahan yang sudah tahunan kita pelihara dan kita bina, hilang begitu saja akibat kebakaran ini,”katanya sedih.

Sekcam Kayangan R.Kertamono, mengaku sangat menyayangkan terjadinya peristiwa kebakaran tersebut. “Ini ulah tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab,”katanya singkat.

Akibat kebakaran yang terjadi minggu lalu tersebut, H.Abidin Mustakim mengaku mengalami kerugian tidak sedikit. Bayangkan, katanya, jumlah pohon yang terbakar sekitar 295 pohon. Semua pohon ini sedang mengalami pertumbuhan, yang semuanya rata-rata sudah berumur satu tahun

Jenis-jenis pohon yang turut dilalap si jago merah tersebut, menurut H.Abidin Mustakim, salah seorang peraih Kalpataru dari Presiden Republik Indonesia, dalam hal pengelolaan lingkungan hidup ini, diantaranya, ketapang, jarak,bunut,kesambik,asam,imba,kapuk,bidara,singapur,elak-elak,kelapa,gol,ambon karet, waru,nanas,beringin dan lain-lain.

H.Abidin Mustakim mengatakan bahwa, keberadaannya selama ini dalam mengelola lingkungan hidup selama di Kayangan sejak kedatangannya dari Bima tahun 1978 lalu itu, memiliki resep dengan memposisikan dirinya sebagai perintis,pengabdi, Pembina dan penyelamat.

Inilah yang membuat diri seorang H/.Abidin Mustakim bertahan dan terus semangat dalam merintis, mengabdi, membina dan menyelamatkan lahan-lahan tidur yang dimiliki masyarakat agar ditanami dengan pohon-pohon pelindung yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup kehati.

Namun, peristiwa kebakaran lahan penghijauan di lendang galuh komplek lapangan umum Kecamatan Kayangan tersebut, untuk dijadikan bahan renungan dan referensi semua pihak yang terkait. Agar bagaimana pengelolaan lingkungan dimasa mendatang lebih baik dari yang sebelumnya.

Dimasa mendatang,H.Abidin Mustakim mengaku, berencana memprogramkan kembali penghijauan dilokasi kebakaran tersebut. “Tahun 2012 mendatang, kami programkan kembali untuk menghijaukannya.Ini butuh keseriusan,perhatian dan keterlibatan semua pihak tentang masalah ini,”katanya berharap.(Eko).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar