Selasa, 06 September 2011

Pesona Wisata Tiu Gong San Baro Bentek


Pesona wisata Tiu Gong Lombok Utara
KLU, MataramNews - Lombok Utara memang amat kaya dengan potensi alam sebagai objek wisata. Banyak potensi wisata yang terdapat di Kabupaten termuda NTB ini, diantaranya wisata pantai, wisata air, wisata hutan, wisata gunung dan wisata budaya. Di kecamatan Gangga saja terdapat banyak sekali objek wisata terutama wisata alam seperti air terjun, pegunungan, pantai, taman, dan kesenian tradisional serta artefak budaya yang bernilai kearifan lokal tinggi. Misalnya Kolam Gong  yang masih amat alami. Objek wisata ini terletak di Desa Bentek tepatnya di wilayah Dusun San Baro.   
Tiu Gong merupakan salah satu lokasi wisata alam yang mengagumkan. Dalam penelusuran MataramNews, ternyata pemandangan alamnya masih sangat alami. Airnya jernih sebening embun pagi. Setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata wisata alam ini belum brgitu dikenal, terutama wisatawan domestik, apalagi wisatawan mancanegara.

Penasaran dengan pesona keindahannya, oleh tim MataramNews mencari tahu lebih jauh keberadaan wisata ini ke warga yang berdomisili di sekitar wisata tersebut. Menurut penuturan Yardi, bahwa Tiu Gong memang membawa pesona tersendiri bagi yang memandangnya, namun saat ini sambung Yardi, belum begitu banyak dikenal orang, akibatnya wisata alam Tiu Gong sepi dari kunjungan wisatawan, padahal wisata ini memiliki keasrian yang indah dan elok. Wisata ini sangat cocok untuk refresing atau membuang kejenuhan akibat aktivitas sehari-hari yang begitu padat dan membosankan.

Tiu gong dapat memberi kita warna dan corak berbeda ketimbag objek wisata lain yang sejenis, sebab berada di atas aliran sungai besar yang membatasi wilayah Tanjung dan Gangga. Tiu gong adalah aset wisata bernilai jual tinggi bagi daerah yang potensial berkembang pesat bila dikelola dengan baik oleh pihak-pihak terkait untuk menopang roda perekonomian masyarakat setempat.

Salah satu pengunjung yang kebetula berada sedang menikmati keindahan Tiu Gong, kepada Matarannews mengatakan, Tiu Gong memberi kesan positif dan nuansa kealamian yang luar biasa. Pesona alam berupa bebatuan dan pepohonan yang rindang menambah keasrian obyek wisata ini.

Bagi yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini jangan ragu karena akses jalan yang bagus dan tak memakan waktu lama untuk menempuh obyek wisata ini. Jarak tempuhnya kira-kira 14 km dari Tanjung dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Setelah sampai kita bisa meminta bantuan jasa guide lokal. Selanjutnya, giliran anda berkunjung ke wisata Tiu Gong. (Dj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar