Selasa, 16 Agustus 2011

Menggugah Kembali Semangat Jiwa Pramuka

Kayangan,--- Ikhlas dalam membaktikan diri untuk terus membina bangsa dan senantiasa berbuat kebaikan, serta menepati apa yang diucapkan, inilah makna sesanti “Ikhlas Bakti Bina Bangsa Ber Budi Bawalaksana.”

Sesanti tersebut kembali disitir dalam pertemuan Pengurus Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Kayangan dengan seluruh jajarannya, dalam pertemuan membahas tentang persiapan menyongsong Hari Ulang Tahun Emas Gerakan Pramuka yang ke 50, tanggal 14 Agustus 2011 mendatang,Jum’at (12/08).

Hadir dalam pertemuan tersebut, disamping dihadiri oleh Kamabiran, Ketua Kwarran dan seluruh jajarannya, juga dihadiri oleh para Andalan,para Pembina, baik Pembina Siaga,Pembina Penggalang, Pembina Penegak, dan para tokoh serta Pamong yang peduli terhadap Gerakan Pramuka tingkat ranting Kayangan.

Dalam pertemuan tersebut, banyak hal yang dibicarakan. Diantaranya bagaimana menggugah kembali semangat dan Jiwa Pramuka dibangkitkan pada setiap anggota Pramuka, terutama bagi seluruh anggota Gerakan Pramuka yang tersebar di semua sekolah didelapan Gugus Depan yang ada di Kecamatan Kayangan.

Disamping itu, dibahas juga masalah persiapan memperingati HUT Gerakan Pramuka yang ke 50 tingkat Kecamatan Kayangan. Menurut rencana pelaksanaan upacara HUT Pramuka pada tahun ini, akan dilaksanakan dilapangan umum Kecamatan Kayangan, dengan melibatkan seluruh anggota Pramuka, baik siaga,Penggalang,Penegak/Pandega,para Andalan,Pembina,Pamong dan seluruh elemen SKPD se Kecamatan Kayangan.

Menurut mantan Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Kayangan M.Sugiono,  mengaku bahwa sejak dirinya menjabat sejak tahun 2004-2007, banyak program yang menjadi prioritas telah dilakukannya. Misalnya saja,katanya, semua program latihan dimasing-masing pangkalan berjalan sesuai dengan yang dijadualkan. Semua ini bisa berjalan dan berhasil atas dukungan dan partisipasi dari para andalan ranting dan dewan kerja ranting, dengan melibatkan semua anggota Penegak untuk turun membina dimasing-masing pangkalan, yaitu di semua sekolah yang mengadakan kegiatan latihan.

Kegiatan yang lebih menonjol, diakui oleh M.Sugiono, yang sekarang ini menjabat sebagai salah seorang Pengurus inti Kwarcab Gerakan Pramuka Lombok Utara, bidang Organisasi dan Hukum, yang juga saat ini aktif sebagai anggota Sat. Pol.PP Kabupaten Lombok utara, bahwa banyak hal yang telah diperbuat selama kepemimpinannya dalam periode tersebut.

“Banyak hal yang sudah saya lakukan, disamping kegiatanh jamboree ranting yang pertama tahun 2005 dan jambore Cabang,Daerah dan Nasional tahun 2006, serta Raimuna Daerah dan Nasional tahun 2007,”katanya.

“Untuk peserta Jambore Nasional tahun 2006 di Jati Nangor Jawaq Barat dikirim 3 peserta, yaitu Rian Setiawan dari Gugus Depan Sesait, mewakili SMPN 2 Kayangan, Sapriadi dari Gugus Depan Kayangan, mewakili SMPN 1 Kayangan dan Ida Royani dari Gugus Depan Salut, mewakili SD 1 Salut,”lanjutnya.

“Sementara untuk peserta Raimuna Nasional di cibubur Jakarta tahun 2007 dikirim satu orang peserta putri yaitu Yussani dari SMA Islam Al Ikhwan Sesait,”tambahnya.

Pada pertemuan tersebut, Sekretaris Kwarran Kayangan, Alimudin mengatakan bahwa, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan upacara dalam rangka HUT emas ke 50 Gerakan Pramuka, yang menurut rencana akan dilangsungkan dilapangan umum Kecamatan Kayangan tanggal 14 Agustus 2011 mendatang, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Itulah sebabnya pada pertemuan yang berlangsung di aula Kantor Dikbudpora Kecamatan Kayangan itu, agendanya banyak yang perlu dibahas.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar