Jumat, 15 April 2011

PENGURUS PKK KAYANGAN STUDY BANDING KE BALI


Kayangan,KLU
Pengurus PKK Kecamatan Kayangan study banding (3- 5 Nop.2010) ke Desa Mekar Buana Kecamatan Abian Semal Kabupaten Badung Bali. Menurut ketua rombongan Aluh Nursehan A.Md bahwa, study banding ini akan mengikutsertakan pengurus PKK tingkat Kabupaten,Pengurus PKK Kecamatan dan Pengurus PKK tingkat desa.Hal ini dimaksudkan, disamping ingin memperkenalkan KLU sebagai daerah baru, silaturrahmi membangun hubungan kerjasama dan sering pengalaman, juga akan belajar bagaimana tentang pelaksanaan dari 10 program pokok PKK di Desa ini. 

Camat Kayangan Tresnahadi,S.Pt dalam pengantarnya berpesan kepada pengurus PKK Kecamatan Kayangan yang akan berangkat study banding ke Bali ini agar berhati-hati dalam perjalanan,serta gunakan momen ini untuk merekam apa saja yang menjadi tujuan study banding tersebut, sehingga nantinya dapat di kembangkan di daerah masing-masing.

Rombongan  PKK Kecamatan dan PKK Desa se Kecamatan Kayangan study banding ke Bali kali ini menggunakan Bus Pemda KLU. Rombongan ini berjumlah 25 orang dan sebelum diberangkatkan, di awali arahan Camat Kayangan dan do’a bersama di pimpin langsung oleh Camat Kayangan.

Dalam perjalanan menuju Bali,menurut ketua rombongan Aluh Nursehan,A.Md bahwa, perjalanan ini sangat menyenangkan,buktinya ibu-ibu PKK tetap ceria dan bahagia karena semangat PKK,katanya.


Pada tanggal 4 Nopember 2010,rombongan Tim PKK Kecamatan dan PKK Desa se Kecamatan Kayangan  ini, diterima oleh Kepala BPMD Kabupaten Badung mewakili Bupati Badung. Di samping Kepala BPMD, hadir pula Kepala Dinas Kesehatan,Kepala Dinas Sosial,Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Badung,Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung,Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Badung.

Dalam sambutannya,Kepala BPMD Kabupaten Badung mewakili Bupati Badung menyampaikan selayang pandang Kabupaten Badung. Moto Kabupaten Badung  adalah ”Cura Dharma Raksaka” artinya Kewajiban Pemerintah untuk melindungi Kebenaran dan Rakyatnya.”Demikian Kepala BPMD Kabupaten Badung mengawali sambutannya.

Kabupaten Badung adalah salah satu dari 9 Kabupaten yang ada di Bali,yang secara fisik mempunyai bentuk yang unik.Keunikan ini,kemudian diangkat menjadi lambang daerah, dimana di dalamnya terkandung semangat dan jiwa ksatria yang sangat erat hubungannya dengan perjalanan histori wilayah ini, yaitu peristiwa ”Puputan Badung."Semangat itu pula yang kemudian melandasi motto Kabupaten Badung yaitu ” Cura Dharma Raksaka.”urainya.

Usai menyampaikan selayang pandang Kabupaten Badung, selanjutnya Kepala BPMD Kabupaten Badung di dampingi Sekretaris PKK Kabupaten Badung mengantar rombongan Study Banding ke Desa Mekar Buana Kecamatan Abian Semal.Tiba di Kantor Desa (Perbekel) Mekar Buana, sudah menunggu Tim Penggerak PKK Kecamatan Abian Semal dan Tim Penggerak PKK Desa Mekar Buana dan seluruh dinas instansi tingkat Kecamatan Abian Semal. Secara kebetulan Perbekel (Kepala Desa) nya adalah perempuan, Dra Ni Wayan Kerti.  Dalam membangun desanya ini, Dra Ni Wayan Kerti di kenal sangat tekun dan ulet, sehingga tidak heran selama di bawah kepemimpinannya, Desa Mekar Buana ini sering mendapatkan penghargaan sebagai Juara Satu dalam lomba GSI,Juara satu lomba Desa Siaga dan sederet penghargaan dalam program lainnya.

Dalam penerimaannya Perbekel Dra Ni Wayan Kerti menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan rombongan Study Banding dari Lombok Utara serta memaparkan kondisi riil dan data base Desa Mekar Buana yang sangat komplit dengan program-programnya dan tidak kalah menarik yaitu Kopwan Dewi Kunti yang sukses,dimana Kopwan ini awalnya adalah dari dana UBPKK Desa Mekara Buana. (ndr).







































Tidak ada komentar:

Posting Komentar