Sabtu, 28 September 2013

Rakorcam Kesehatan Tekankan Membentuk TSBD

Kayangan,(SK),-- Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, melalui Puskesmas Kayangan menggelar rapat koordinasi (rakor) kesehatan tingkat Kecamatan Kayangan yang berlangsung, Kamis (26/09/ 2013) di aula Kantor Camat Kayangan.

Menurut Kepala Puskesmas Kayangan Yartip,A.Md.Kes dalam kesempatan itu mengatakan, rapat koordinasi yang di gelarnya tersebut merupakan tindak lanjut dari rakor kesehatan yang pernah digelar sebelumnya, yaitu pada tanggal 14 Maret 2013 lalu.Hal ini dilakukan, menurut Yartip yang pernah bertugas di Bayan sejak tahun 1994 hingga di percaya mengemban tugas sebagai Kepala Puskesmas Kayangan yang baru menggantikan dr Encuk Sukandi yang di tarik ke Dikes tersebut, pada intinya bahwa rakorcam kesehatan yang di selenggarakan sehari itu adalah dimaksudkan untuk membangun komitmen bersama terkait dengan upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan bagaimana mengantisipasi permasalahan terkait masalah kesehatan.
Dikatakan, dalam rakorcam kesehatan yang di selenggarakan tanggal 14 Maret 2013 lalu, telah di sepakati akan membentuk Tim Siaga Bencana Desa (TSBD).Namun hingga saat ini, pihak Kecamatan belum menerima laporan dari masing-masing desa, apakah hasil rakorcam kesehatan itu sudah di realisasikan atau belum. ”Itu belum kami terima laporannya,”katanya.
Untuk itu, Kepala Puskesmas Kayangan asal Tanjung ini berharap, bagi desa yang belum membentuk TSBD, maka segeralah membentuknya. Karena keberadaannya sangat penting dan sangat di butuhkan.
Camat Kayangan yang di wakili Sekcam Sukadi,S.Sos dalam sambutannya mengatakan hal senada dengan Kepala Puskesmas Kayangan bahwa TSBD itu nantinya dalam menjalankan tugasnya akan selalu berkoordinasi dengan pihak kecamatan maupun dengan leding sektor terkait. TSBD tersebut keberadaannya berada ditingkat desa. “TSBD inilah yang selalu berkoordinasi dengan pihak terkait jika terjadi bencana termasuk masalah kesehatan,”tandas Sukadi asal Tanjung ini.
Untuk diketahui semua pihak bahwa pada tahun ini Puskesmas Kayangan sudah mulai di bangun yang lokasi pembangunannya bersebelahan dengan Kantor Camat Kayangan. Pembangunan Puskesmas Kayangan yang baru ini adalah untuk mengganti bangunan Puskesmas sebelumnya yang saat ini keberadaannya sudah tidak layak dari segi sanitasi lingkungannya karena disamping terlalu mepet dengan jalan raya, juga rawan di landa banjir ketika terjadi pada musim penghujan. Selain itu, kata Sukadi, hal itu dilakukan pihak Dikes KLU adalah untuk mengantisipasi menyempitnya lokasi pelayanan kesehatan. Sehingga dengan di bangunnya gedung baru Puskesmas Kayangan ini, praktis gedung Puskesmas Kayangan yang lama akan di pindah dan gedung yang lama rencananya akan di jadikan Pustu.
Sudah menjadi sebuah kesepakatan pihak Dikes KLU telah membagi wilayah kerja bagi 2 buah Puskesmas yang ada di Kecamatan Kaynagan yaitu Puskesmas Kayangan dan Puskesmas Santong. Puskesmas Kayangan akan melayani 5 desa, yaitu Desa Kayangan,Desa Selengen,Desa Dangiang, Desa Gumantar dan Desa salut. Sedangkan untuk Puskesmas Santong akan melayani untuk 3 desa, yaitu Desa Santong, Desa Pendua dan Desa Sesait.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar