Selasa, 02 April 2013

Bupati KLU Secara Resmi Lantik Kades Salut

Kayangan,(SK),-- Kepala Desa Salut terpilih Hartono yang telah berhasil meraih dukungan suara terbanyak dalam pilkades awal Februari 2013 lalu,Kamis (28/03/2013) bertempat di alun-alun Pasar Desa Salut secara resmi di lantik Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH.

Hadir dalam acara tersebut, selain Bupati, hadir pula Wakil Ketua DPRD KLU Burhan M.Nur,SH, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Utara Dra Hj.Galuh Djohan Sjamsu, Kabag Pemerintahan Setda KLU Kartady Haris,SH, Kasat Pol.PP KLU Drs Abdul Hamid, Camat Kayangan Tresnahadi, Muspika, para pimpinan SKPD, Kepala Desa lingkup Kecamatan Kayangan,PKK Desa dan Dusun se Desa Salut,Pemuda Salut Bersatu (PSB), tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan seluruh warga masyarakat Desa Salut.
Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH dalam sambutannya usai melantik Hartono sebagai Kepala Desa Salut terpilih periode 2013-2019 mengatakan, pemerintahan desa merupakan sub sistim dari Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang keberadaannya telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Dikatakan, dalam Undang-Undang tersebut telah disebutkan dengan jelas bahwa, Desa merupakan suatu masyarakat hokum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur daerahnya sendiri dan menurut kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat istiadat yang diakui dan dihormati dalam system Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dengan demikian Pemerintahan Desa merupakan struktur pemerintahan terdepan yang menjadi garda pembangunan di Daerah Tiok Tata Tunaq. Oleh karena itu,kata Bupati, Desa beserta Pemerintahannya menjadi muara dari semua program pembangunan sekaligus gambaran langsung dari Pemerintah di hadapan masyarakat.Untuk itu sebagai Kepala Pemerintahan ditingkat Desa dituntut untuk memiliki kapasitas baik sebagai kelembagaan sumber daya manusia,sumber ketatalaksanaan dalam rangka mendukung terselenggaranya urusan pemerintahan,pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.
Sebagai garda terdepan, tentu Kepala Desa tidak sendiri tetapi di lengkapi dengan perangkat desa dan lembaga-lembaga lainnya serta masyarakat desa tersebut untuk membantu terselenggaranya Pemerintahan di Desa.”Tugas Kepala Desa memang cukup berat, tetapi yang berat ini ketika di pikul bersama seluruh perangkat desa,lembaga-lembaga desa serta seluruh warga masyarakat di desa ini, tentu tugas berat yang emban ini akan bisa dilaksanakan dengan baik,”tandas Bupati.
Oleh karena itu, lanjut Bupati, kalau sebelumnya Kepala Desa terpilih Hartono berlaga dalam pilkades dengan empat orang calon yang beradu dan berlomba meraih simpati rakyat, maka inilah buktinya bahwa Hartono adalah yang terbaik dari pilihan rakyat Desa Salut. Oleh karena itu, Bupati Djohan Sjamsu berpesan kepada Kepala Desa Salut terpilih untuk merangkul semua rivalnya dalam pilkades beberapa waktu lalu.”Jika dalam pilkades lalu ada empat kelompok yang sempat berbeda pilihan, mulai saat ini rangkul semuanya,jangan di beda-bedakan,”ajak Bupati.
“Seberat apapun pekerjaan di desa ini, jika seluruh elemen masyarakat Desa salut bersatu, satu hati, Insya Allah seluruh program pembangunan akan terlaksana dengan baik,”tambahnya.
Diakhir sambutannya,Bupati KLU juga mengucapkan terima kasih kepada mantan Kepala Desa Salut Karianom atas jasa-jasanya membangun Desa Salut selama ini.Apa yang dilhat dan disaksikan saat ini adalah merupakan hasil jerih payah pengabdiannya kepada daerah.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar