Rabu, 09 Januari 2013

Inventarisir Atlit Berbakat, KONI KLU Gelar Sosialisasi

Kayangan,(SK),-- Kabupaten Lombok Utara yang walaupun usianya masih relative muda namun banyak menyimpan potensi atlit berbakat dari berbagai cabang olah raga.Sebut saja seperti silat,karate,taekwondo,atletik, bulu tangkis, golf, tennis meja,catur dan lainnya sudah mampu menunjukkan prestasi yang membanggakan di tingkat Nasional bagi Kabupaten Lombok Utara.

Hal tersebut di katakan Ketua KONI KLU Intiha,S.IP dalam Sosialisasi KONI KLU untuk menginventarisir para atlit berbakat pada cabang olahraga tertentu di daerah Tioq Tata Tunaq yang berlangsung di Kantor Camat Kayangan,Selasa (08/01/2013).

Dikatakan,tujuan sosialisasi ini di samping menginventarisasi potensi atlit berbakat di daerah ini yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan dikemudian hari, juga ingin memperkenalkan keberadaan KONI secara luas di kalangan masyarakat KLU, mengingat minat masyarakat terutama generasi muda terhadap kegiatan olahraga diberbagai cabang yang sangat tinggi.

Selain itu,Intiha juga menyebut bahwa prestasi olahraga atlit Lombok Utara di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat maupun di tingkat Nasional patut di perhitungkan.Sehingga tidak salah kalau visi KONI dalam perannya membangun generasi muda KLU yang sehat secara fisik dan mental,berdaya pikir tinggi, kreatif dan memiliki pengendalian diri yang baik menjadi prioritas.

Namun tidak bisa dipungkiri, lanjutnya, bahwa sesuai dengan UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, maka sebagai daerah pemekaran baru, Kabupaten Lombok Utara dihadapkan pada berbagai persoalan, salah satunya adalah sarana dan prasarana olahraga yang kurang memadai.

Pengembangan kegiatan di bidang olahraga harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai sehingga olahraga dapat diarahkan untuk peningkatan semangat kompetisi positif dan prestasi terutama di tingkat daerah.Program pengembangan dan peningkatan prestasi olahraga ini harus di sesuaikan dengan kemajuan dan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

Di awal terbentuknya KLU, dibentuk juga KONI Persiapan dengan Ketuanya yang pertama Intiha,S.IP.Namun menurut Intiha, pembentukan KONI ini pun tidak di ikuti dengan dana oprasional.Sebab tidak dikawal untuk mendapatkan anggaran murni saat itu. Begitu dirinya menggelar muasyawarah daerah di Kecamatan Pemenang, dimana cabor yang ada pada saat itu baru 9 cabor, tidak sebanyak yang sekarang (14 cabor).Akhirnya, melalui Musda itu dirinya terpilih kembali sebagai Ketua KONI devinitif sehingga mendapatkan dana pada saat itu (2011) setengah milyar.”Dana inilah yang kami transfer ke 14 cabang olahraga yang ada, mulai dari cabang atletik hingga panjat tebing,”tandasnya.

”Silahkan inventarisir anak-anak kita yang berbakat, karena rizki itu tidak saja dari profesi sebagai petani,pegawai maupun yang lainnya, tetapi juga dalam bidang olahraga dapat pula mendatangkan rizki,”tambahnya.

Sementara itu, Camat Kayangan Tresnahadi dalam sambutannya mengatakan, masih banyak warga KLU yang belum mengetahui keberadaan KONI di Kabupaten Lombok Utara. Hal itu disebabkan karena memang KONI ini baru saja dibentuk 2 tahun lalu, sehingga masih banyak masyarakat yang belum memahami tufoksi dari pada KONI KLU ini.

Dikatakan, sejauh mana program-program atau kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KONI Kabupaten Lombok Utara.KONI ini adalah membawahi pengurus-pengurus cabang olah raga yang ada di daerah ini.”Jadi induk dari semua cabang olahraga di Kabupaten Lombok Utara ini adalah KONI”katanya.

Oleh karena semua cabor yang ada di KLU ini berinduk kepada KONI, maka perannya sangat penting artinya dalam rangka untuk membina dan meningkatkan prestasi olahraga khususnya yang ada di gumi Tioq Tata Tunaq ini. Tresnahadi sangat berterima kasih kepada KONI KLU yang telah memprogramkan acara sosialisasi ini di Kecamatan Kayangan dan berharap mudah-mudahan sosialisasi yang disampaikan langsung Ketua KONI KLU ini bisa bermanfaat.

Diakui Tresnahadi, animo masyarakat Kecamatan Kayangan yang cukup tinggi terhadapo olahraga, hingga saat ini belum didukung oleh adanya sarana dan prasarana olahraga khusus.Padahal sarana olahraga merupakan sarana yang vital bagi pengembangan kegiatan dan prestasi olahraga. Oleh karena itu, Tresnahadi selaku Camat Kayangan memandang perlu untuk merevitalisasi lapangan olahraga Kecamatan Kayangan yang ada saat ini, sehingga memenuhi standar sarana prasarana olah raga guna menggali potensi atlit berbakat dibidang olahraga ditingkat daearh.

Kepada seluruh peserta sosialisasi, Tresnahadi berharap agar kegiatan sosialisasi KONI KLU ini diikuti dengan baik, sehingga nantinya memahami sejauh mana program-program yang telah dilaksanakan oleh KONI KLU, bisa di fahami.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar