Sabtu, 22 Desember 2012

Wakil Bupati KLU Tutup Secara Resmi Audisi Da’i Pertama Tahun 2012

Santong,(SK),-- Pelaksanaan Audisi Dai Muda tingkat Kabupaten Lombok Utara yang pertama tahun 2012, yang berlangsung di Ponpes BUS Santong Kecamatan Kayangan, di tutup secara resmi oleh Wakil Bupati KLU H.Najmul Akhyar, SH. MH, Sabtu (22/12/2012).

Ketua Panitia Penyelenggara Audisi Dai Muda tingkat Kabupaten Lombok Utara Ust. Suparlan,S.PdI.M.Si dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dari Lembaga Insan Cemerlang, KKM MTs VI, FKSPP Kabupaten Lombok Utara.

Dikatakan, ide munculnya keinginan menyelenggarakan audisi Dai muda ini di latar belakangi oleh semangat solidaritas, Responsivitas dan Produktifitas dari Lembaga Insan Cemerlang, KKM VI MTs, FKSPP Kabupaten Lombok Utara terhadap berbagai macam persoalan yang terjadi di negeri ini. Menurutnya, betapa pentingnya peran Dai atau ulama menyelesaikan permasalahan ummat.

”Dunia ini ibarat sebuah taman yang indah, yang dihiasi oleh 5 ornamen, yaitu Ilmu para Ulama, adilnya para umara (pemimpin), kejujuran para pegawai, kepemurahan orang orang yang kaya dan doa orang - orang yang fakir dan miskin. Dengan demikian keadilan dan kesejahteraan dunia akan terwujud manakala ada kerjasama antara ulama, penguasa, pegawai, pengusaha dan rakyat,”kata Suparlan menyitir sebuah hadist, yang juga Ketua KKM MTs VI KLU ini.

Pelaksanaan audisi dai muda tingkat Kabupaten Lombok Utara yang pertama tahun 2012 ini diikuti oleh 158 peserta, yang terdiri dari tingkat SD/MI 28 orang, SMP/MTs 70 orang dan SMA/MA 60 orang peserta.
.
Kegiatan audisi dai muda tingkat Kabupaten Lombok Utara yang pertama ini boleh dibilang cukup meriah dan sukses, karena selama pelaksanaan audisi para peserta di hibur dengan penampilan kelompok Nasyid Bayyinul Ulum Santong di bawah asuhan Nursalim,S.Pd.

Walaupun kegiatan audisi dai ini minim dana, namun pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik dan sukses.Bukan saja para dai itu datangnya dari sekolah-sekolah agama (Madrasah), bisa juga datangnya dari sekolah-sekolah umum.Ini terbukti dari hasil audisi dai muda pertama tahun 2012 kebanyakan dari sekolah umum.

Dari hasil audisi dai muda ini, ternyata KLU memiliki banyak potensi untuk menjadi dai handal di bidangnya.Melihat potensi yang cukup menjanjikan ini, tentu sekarang bagaimana hal ini bisa di berdayakan,di support oleh masyarakat dan di perhatikan oleh Pemerintah Daerah dalam hal pembinaannya. ”Alhamdulillah, gawe besar (audisi) ini walau tidak ada dukungan dana dari Pemda KLU, kami bisa melaksanakannya dengan sukses, ”kata Ust.Suparlan.

Ketua Dewan Hakim audisi dai muda tingkat Kabupaten Lombok Utara yang pertama tahun 2012 M.Humaidy Hamid,MM mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim Audisi Dai Muda I No.02/PAN/Audisi Dai/KLU I/XII/2012 tanggal 21 Desember 2012 tentang Penentuan Peserta terbaik I,II,III dan IV tingkat SD/MI,SMP/MTs dan SMA/MA.

Untuk tingkat SD/MI terbaik Pertama, Rabiatun asal SDN 3 Sukadana Kecamatan Bayan, terbaik Kedua,Via Aulia Rahman asal SDN 2 Loloan Kecamatan Bayan, terbail Ketiga, Noya Ariani asal SDN 4 Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung dan terbaik Keempat, Ira Puspita asal SDN 1 Jenggala Kecamatan Tanjung.

Untuk tingkat SMP/MTs terbaik Pertama, Ladoni Azani asal MTs Tarbiyatul Islam Kopang Kecamatan Tanjung, terbaik Kedua, Andika Muhaidin asal MTs Islah Ittihad Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung, terbaik Ketiga, Doni Saputra asal MTs Bayyinul Ulum Santong, Kecamatan Kayangan dan terbaik Keempat, Ainun Jariyah asal MTs Riyyadul Jannah Penjor Kecamatan Gangga.

Untuk tingkat SMA/MA terbaik Pertama, L.Ikhwanudin asal MA Al Baqiyatussholihat NW Santong Kecamatan Kayangan, terbaik Kedua, Nurmanem asal MA Hidayaturrahman NW Menggala Kecamatan Pemenang, terbaik Ketiga, L.Imam Baehaki asal MA Al Istiqomah Kapu, Kecamatan Tanjung dan terbaik Keempat, Sahrul Sahevi asal MA Bayyinul Ulum Santong, Kecamatan Kayangan.

Humaidy Hamid pada kesempatan itu juga berpesan kepada seluruh peserta audisi Dai muda, agar bagi yang mendapat juara, jangan berhenti berlatih karena audisi dai pertama ini di hajatkan untuk bukan sekedar menjadi juara di audisi tetapi akan menjadi juara-juara di tengah masyarakat ketika nantinya sudah selesai sekolah. Dan bagi yang belum beruntung, terus berlatih karena audisi dai akan terus diadakan serta jangan berkecil hati, karena boleh jadi akan menjadi juara cemerlang di tengah masyarakat.

Sementara itu,Ketua FKSPP (Forum Kerja Sama Pondok Pesantren) Kabupaten Lombok Utara TGH.Abdul Karim dalam amarnya mengatakan, kegiatan audisi Dai Muda ini merupakan program dari FKSPP yang keberadaannya terus ditingkatkan. Para Dai muda yang di hasilkan dari Audisi yang tersebar mulai dari Bayan hingga Kopang Kecamatan Tanjung ini, merupakan potensi yang cukup menjanjikan di masa depan, untuk terus di gali dan di kembangkan. ”Jika ini di kemas dengan apik dan kontinyu, Insya Allah di KLU akan lahir Dai-Dai Cilik di masa depan,”katanya.

Untuk meraih semua itu, maka TGH.Abdul Karim yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Bayan ini menyarankan, jika kegiatan audisi ini di kemas sedemikian rupa, tentu akan menghasilkan out put yang luar biasa.Yang paling penting dalam mengkemas, katanya, bagaimana proses pendidikan itu melahirkan anak-anak yang berpendidikan.

Audisi yang digelar ini adalah merupakan salah satu yang perlu di canangkan dalam rangka membangun KLU, sehingga melahirkan manusia-manusia yang handal dalam memperbaiki diri. Yang belum beruntung, ditingkatkan dan di rangsang pembinaannya, sehingga di masa depan lebih mapan dengan yang lain.”Insya Allah, ditingkat FKSPP akan melakukan evaluasi sehingga kedepan diharapkan mampu melahirkan aroma yang baik bagi KLU.

Dari 48 Pondok Pesanten yang ada di KLU, baik swasta maupun negeri, yang paling sulit dihadapi adalah menciptakan budaya belajar. Bagaimana upaya dan langkah-langkah meningkatkan budaya belajar.Karena di masa sekarang, bukan budaya belajar yang berkembang, tapi budaya sekolah. ”Insya Allah, kedepan kegiatan ini merupakan agenda program kerja FKSPP untuk terus di lanjutkan,”janjinya.

Selaku Ketua FKSPP, TGH Abdul Karim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi melakukan langkah-langkah riil dan nyata tentang apa yang telah dilakukan, terutama sekolah-sekolah yang ambil bagian dalam audisi ini.

Wakil Bupati KLU H.Najmul Akhyar, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, audisi Dai muda KLU yang di gelar di Ponpes Bayyinul Ulum Santong sejak 16 s/d 21 Desember 2012 yang diikuti seluruh peserta terbaik dari sekolah masing-masing. ”Di audisi ini mungkin adik-adik tidak menjadi juara, tetapi saya yakin di sekolah masing-masing dan di masyarakat adik-adik menjadi juara,”hibur Wabup.

Pelaksanaan audisi Dai muda pertama tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2012, ini merupakan sejarah baru yang luar biasa bagi KLU.Pemerintah Daerah nantinya akan melakukan evaluasi terkait kegiatan ini bersama FKSPP dan Insan Cemerlang bagaimana kegiatan serupa untuk terus di lanjutkan.

Atan nama Pemda KLU, Wakil Bupati H.Najmul Akhyar,SH.MH memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan audisi Dai muda pertama tingkat Kabupaten Lombok Utara ini, sekaligus menutup dengan resmi pelaksanaannya. ”Mudah-mudahan dengan di gelarnya audisi ini akan melahirkan para Dai baru di KLU,”harapnya.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar