Sabtu, 22 Desember 2012

Wabup KLU Pimpin Upacara Paripurna Akhir Tahun 2012

Tanjung,(SK),-- Upacara Paripurna yang digelar tanggal 21 Desember 2012 adalah merupakan upacara terakhir yang di selenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara.

Bertindak selaku Pembina Upacara Wakil Bupati KLU H.Najmul Akhyar,SH.MH dalam sambutannya mengajak seluruh peserta upacara untuk bersyukur atas prestasi yang di raih Kabupaten Lombok utara, dimana pada tanggal 13 Desember 2012 lalu, KLU telah menerima penghargaan theril wonder of the wordl dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Lombok Utara.

Dikatakan, penghargaan ini diberikan atas keunikan Kabupaten Lombok Utara, diantaranya adalah Gili Trawangan, dimana KLU telah mampu mengembangkan budayanya tanpa tercabut dari akar kehidupan beragama dan berbudaya.

Selain itu, prestasi yang diraih Kabupaten Lombok Utara yang baru berusia 4 tahun ini adalah telah mampu menaikkan indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2008 sebesar 57,79 % , meningkat menjadi 58,40 % di tahun 2009 dan meningkat lagi menjadi 58,96 % pada tahun 2010, rata-rata pertumbuhan IPM pertahun mencapai 1,01 % bahkan di tahun 2012 peningkatannya mencapai 1,08 %. Sehingga dengan akselerasi peningkatan tersebut pada tahun 2012 ini,KLU menduduki ranking pertama untuk tingkat pertumbuhan IPM di Provinsi NTB.

Selanjutnya Najmul menyatakan bahwa pada tahun 2012 ini, Pemerintah Daerah KLU juga telah mampu menurunkan angka kemiskinan mencapai 3,98 %.Capaian itu melampaui target yang sudah ditetapkan sebesar 2,5 % dan angka tersebut juga merupakan peningkatan angka tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Alhamdulillah, pada tahun 2012 ini juga, kita telah menjadi tuan rumah yang baik pada pelaksanaan Latsitarda Nusantara ke 33 tahun ini, yang telah terselenggara dengan lancar dan sukses,”puji Najmul.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara Najmul Akhyar mengucapkan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak, baik Pemerintah maupun seluruh masyarakat KLU yang telah berperan serta atas sukses dan lancarnya kegiatan tersebut.

Pada moment upacara paripurna akhir tahun 2012 ini, Wakil Bupati KLU H.Najmul Akhyar,SH.MH menyampaikan informasi yang sangat penting, bahwa pada tahun 2013 mendatang Pemerintah Kabupaten Lombok Utara akan menerapkan 5 hari kerja. Pemberlakuan 5 hari kerja tersebut, menurut Wakil Bupati asal Menggala ini, akan di berlakukan mulai tanggal 1 Januari 2013 mendatang.

Sebagaimana yang telah tertuang dalam Peraturan Bupati Lombok Utara Nomor 15 tahun 2012 tentang pelaksanaan 5 hari kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara.”Hal ini, Insya Allah akan menjadi Keputusan Bupati, karena banyak aspirasi yang berkembang dan masuk tentang keinginan para PNS di Bumi Tioq Tata Tunaq ini untuk diterapkan 5 hari kerja,”tandas Wabup.

Terkait dengan pelaksanaan 5 hari kerja yang mulai diberlakukan tanggal 1 Januari 2013 mendatang, Wabup juga meminta kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, kecuali bagi SKPD unit-unit kerja dan institusi-institusi Pemerintah yang memiliki tugas dan interaksi tinggi yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat serta lembaga pendidikan mulai dari SD/MI,SMP/MTs dan SMA/MA.Pengecualian unit-unit kerja serta lembaga-lembaga pendidikan itu, akan ditetapkan lebih lanjut dengan Keputusan Bupati Lombok Utara.

Pemberlakuan 5 hari kerja ini diharapkan dapat meningkatkan efesiensi,efektifitas dan produktifitas penyelenggara pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat.Selain itu, pemberlakuan 5 hari kerja itu, diharapkan mampu meningkatkan disiplin para Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan amanat PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Oleh karena itu, terkait dengan peningkatan disiplin PNS, Wakil Bupati KLU H.Najmul Akhyar,SH.MH menghimbau kepada seluruh pimpinan SKPD melakukan pengawasan kepada seluruh PNS dilingkungan kerja masing-masing terhadap absensi dan memberikan tindakan yang tegas kepada setiap PNS yang tidak melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

Pada moment upacara paripurna tersebut, Wakil Bupati juga memberikan apresiasi terhadap seluruh PNS yang ada di lingkup Kabupaten Lombok Utara serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja kerasnya dalam mengabdi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sampai di penghujung tahun 2012 ini.

Walau KLU masih berusia belia, tentunya telah banyak yang telah diperbuat untuk bumi Tioq Tata Tunaq ini, baik pada pelaksanaan pembangunan fisik maupun non fisik dengan harapan dapat membawa kesejahteraan lahir dan batin bagi masyarakat Kabupaten Lombok Utara.Walaupun kita sadari bersama masih adanya kekurangan serta kesalahan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab seluruh pemegang kebijakan.Hal ini hendaknya dijadikan sebagai bahan evaluasi dan instrofeksi diri sehingga dapat dijadikan pengalaman dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2013 mendatang.

“Marilah semangat kejuangan dan membangun senantiasa kita tingkatkan demi kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lombok Utara,”ajak Wabup. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar