Kamis, 27 Desember 2012

Bupati KLU Buka Secara Resmi Pelatihan KPDK dan Gladian Pinru

Gondang,(SK),--Kegiatan Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) bagi anggota Pramuka Penegak/Pandega dan Gladi Pimpinan Regu bagi anggota Pramuka Penggalang tingkat Kabupaten Lombok Utara, di buka secara resmi oleh Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH,Selasa (25/12/2012), yang berlangsung di SMPN 1 Gangga.
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Utara,Ahmad Abdul Gani,M.Pd dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini berlangsung dua tahap, dimana tahap pertama adalah untuk kegiatan KPDK yang dilaksanakan selama 3 hari bagi anggota Pramuka Penegak/Pandega yang dimulai tanggal 24 hingga 27 Desember 2012. Sedangkan tahap kedua adalah untuk kegiatan Gladi Pimpinan Regu bagi anggota Pramuka Penggalang, yang akan berlangsung selama 5 hari sejak tanggal 24 hingga 29 Desember 2012 mendatang.

Dikatakan, kedua kegiatan ini berlangsung secara bersamaan, tetapi di pisah tempat penyelenggaraan serta rentang waktu selesainya.Jumlah peserta KPDK berjumlah 20 orang dan peserta Gladian Pimpinan Regu berjumlah 42 orang.”Alhamdulillah, sampai dengan acara pembukaan ini seluruh peserta yang berasal dari Kwartir Ranting se-KLU sudah berada di tempat pelatihan,”tandasnya.

Selanjutnya Ketua Kwarcab KLU yang juga andalan senior asal Gondang ini, melaporkan, tujuan di selenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan tenaga-tenaga trampil di bidang kepramukaan dan untuk mempersiapkan pimpinan-pimpinan handal dibidangnya khususnya di Kabupaten Lombok Utara di masa-masa yang akan datang.

Selain itu, Ahmad Abdul Gani yang baru beberapa bulan memasuki masa purna bakti itu, pada kesempatan tersebut juga melaporkan terkait dengan perkembangan gerakan pramuka yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

Perkembangan gerakan pramuka di Kabupaten Lombok Utara saat ini sangat baik dan sangat pesat, baik dari segi kegiatannya maupun dari segi keanggotaannya.Menyongsong libur panjang akhir tahun ini semua Kwartir Ranting mengadakan perkemahan, yang diikuti tidak kurang dari 800 orang peserta dari masing-masing Kwartir Ranting.

Misalnya, sebut Gani, di Kwartir Ranting Bayan perkemahan diikuti tidak kurang dari 800 orang peserta, kemudian di Gangga pesertanya tidak kurang dari 500 orang, begitu pula dengan Kecamatan Tanjung,Pemenang maupun Kayangan, bahwa pada moment libur panjang akhir semester di penghujung tahun 2012 ini semua sekolah mengadakan perkemahan. 

Kegiatan kepramukaan ini, jika di lihat dari segi kuantitatif maupun kualitas sudah luar biasa, baik dari para peserta didik maupun para pembina. Namun diakuinya bahwa, yang perlu menjadi perhatian semua pihak adalah dari segi kualitas, baik kulaitas yang harus dimiliki setiap peserta didik maupun kualitas yang harus ada pada pembina.

Untuk meningkatkan kualitas peserta didik tersebut, pihak Kwarcab KLU mencoba untuk melatih adik-adik penegak/pandega sebagai calon-calon pembimbing di Kwartir Ranting masing-masing dan begitu juga dengan adik-adik penggalang akan di latih untuk menjadi calon-calon pemimpin regu di lingkup Kwarran masing-masing.

Oleh karena itu, kaitannya dengan persiapan kualitas peserta didik maupun kualitas pembina untuk tahun 2012 dan tahun 2013, program Kwartir Cabang Kabupaten Lombok Utara telah mempersiapkan untuk meningkatkan kualitas SDM peserta didik maupun SDM para pembina.

”Untuk tahun 2013, kami merencanakan akan melatih 120 orang calon pembina melalui KMD maupun KML,”katanya.

Disamping program untuk meningkatkan kualitas SDM para pembina maupun SDM peserta didik, pihak Kwarcab KLU juga berharap kepada UPTD Dikbudpora Kecamatan masing-masing untuk bagaimana bekerja sama dengan pihak Kwarran agar menyelenggarakan Kursus Pembina Mahir Dasar (KMD), dimana nantinya pihak Kwarcab yang akan memfasilitasi tenaga pengajarnya.

Hal tersebut dimaksudkan, menurut Kakwarcab adalah untuk menyongsong kurikulum 2013, dimana kegiatan materi tentang kepramukaan itu di masukkan ke dalam kurikulum pada tahun 2013 mendatang.”Jadi nanti kita akan membantu semua sekolah dalam rangka mencetak sumber daya manusia yang menguasai materi kepramukaan di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lombok Utara,”pungkasnya.

Bupati KLU selaku Kamabicab dalam sambutannya sesaat sebelum membuka secara resmi acara pelatihan Dianpinru dan KPDK tingkat Kabupaten Lombok Utara mengatakan, sebagai Kepala Daerah tentu sangat bangga dan bahagia mengikuti seluruh aspek keterlibatan anggota pramuka di Kabupaten Lombok Utara ini.

Dikatakan, tidak ada kegiatan satu pun yang  terlewatkan dari gerakan yang dilakukan oleh adik-adik yang tergabung dalam gerakan pramuka  yang ada di KLU ini.Sampai dengan saat ini Pemerintah menempatkan hanya gerakan pramuka inilah yang benar-benar di percaya untuk adaptasinya lengkap.Itulah sebabnya pemerintah memasukkan kegiatan materi kepramukaan itu dalam kurikulum tahun 2013. ”Ini artinya seluruh kegiatan materi kepramukaan itu akan diberikan di masing-masing sekolah,sehingga selepas kita dari seluruh aspek pendidikan, kita menjadi orang yang betul-betul kader bangsa yang siap pakai dalam membangun daerah kita Tioq Tata Tunaq ini,”katanya.

Bupati juga menaruh harapan kepada gerakan Pramuka di jajaran Kwarcab KLU ini, karena diakuinya bahwa di setiap ada kegiatan, gerakan pramuka KLU selalu ada ambil bagian.

Kegiatan KPDK dan Gladian Pinru ini merupakan suatu kegiatan yang memang dibutuhkan dalam rangka menggerakkan koordinasi antar keanggotaan di gerakan pramuka. Karena dari sejak Siaga,penggalang maupun penegak/pandega, para peserta didik dilatih untuk menjadi pimpinan.”Senang tidak senang, suatu saat diantara adik-adik yang tergabung dalam kegiatan ini pasti ada yang menjadi pemimpin di Kabupaten Lombok Utara ini,”tandas Djohan.

”Rajin-rajinlah belajar, kalau ada kegiatan pramuka, jangan malas keluar, karena seluruh kegiatan materi kepramukaan pada tahun 2013 mendatang sudah di masukkan dalam kurikulum,”pesan Djohan, sambil mengajak seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, semoga bermanfaat.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar