Selasa, 23 Oktober 2012

PKBM Darul Muttaqin Selenggarakan KUM

Gumantar, ( SK ),--- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Darul Muttaqin Dasan Tereng Desa Gumantar Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa tenggara Barat adalah salah satu lembaga pendidikan yang bergerak di pendidikan kemasyarakatan. Tahun 2012 ini menyelenggarakan Program Pendidikan keaksaraan usaha mandiri.
Kegiatan tersebut telah berlangsung sejak 10 oktober yang lalu hingga 12 November 2012. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pendidikan keaksaraan fungsional dasar (KF) dasar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Darul Muttaqin sebelum berubah menjadi PKBM Darul Muttaqin pada tahun 2012 ini.

Dikatakan Hasanul Muttaqin, S.Pd.I selaku ketua PKBM Darul Muttaqin ini, “Peserta didik yang mengikuti program pendidikan keaksaraan Usaha Mandiri ini adalah mereka yang sebelumnya telah mendapatkan pendidikan keaksaraan Fungsional dasar ( KF) dasar yang ditandai dengan telah diberikannya SUKMA ( Surat Keterangan Melek Aksara).

Dari 445 orang warga yang telah mengikuti pendidikan Fungsional dasar ( KF ) dasar tahun 2011 lalu, baru 70 orang warga yang mendapatkan program KUM ini. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kuota yang di berikan oleh Dinas Dikpora Provinsi NTB ke kekabupaten Lombok utara, Dibagi rata denngan PKBM sekabupaten Lombok Utara. “ Masing-masing PKBM Mendapatkan 7 kelompok dengan Jumlah dana masing-masing Rp. 4.600.000/ kelompok keseluruhannya untuk 7 kelompok Rp 32.200.000” Katanya.

Dana tersebut telah di pergunakan sejak persiapan hingga kegiatan berlangsung sesuai dengan Juklak dan juknis yang telah ditetapkan.

Masing-masing kelompok terdiri dari 10 Orang Warga belajar dan 2 orang Tutor. 1 orang Tutor keaksaraan dan 1 Orang Tutor Keterampilan.

Keaksaraan Usaha Mandiri ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat bagi yang sudah melek aksara agar tidak buta huruf lagi dan diajarkan keterampilan agar dapat mengembangkan usaha mandiri pasca kegiatan KUM. ( MTQ).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar