Minggu, 23 September 2012

Sholat Jum’at Perdana Kapolres KLU

Kayangan,(SK),-- Mesjid Al Muttaqin Rebakong Desa Kayangan Kecamatan Kayangan adalah merupakan Mesjid bersejarah bagi Kapolres Lombok Utara AKBP H.Ronny Azwawie.

Pasalnya, sehari setelah di lantik Kapolda NTB Brigjen Pol.Arif Wachyunadi sebagai Kapolres baru di KLU, AKBP H.Ronny Azwawie,SIK bersama Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH menyempatkan diri sholat Jum’at yang pertama kali di Mesjid Al Muttaqin Rebakong Desa Kayangan Kecamatan Kayangan KLU tanggal 7 September 2012 lalu.

Hadir mendampingi Bupati dan Kapolres sholat Jum’at tersebut, selain jajaran Polres KLU,Kapolsek Kayangan, Kepala Dinas Pertanian KLU Ir.Hermanto, hadir pula Camat Kayangan bersama Kasi Trantib,Kasi Kessos beberapa pimpinan SKPD lingkup Kecamatan Kayangan serta para tokoh masyarakat, tokoh agama Desa Kayangan dan jama’ah Dusun Rebakong.

Camat Kayangan Tresnahadi dalam pengantarnya mengatakan, tujuan Kapolres dan Bupati KLU sholat Jum’at di Mesjid Al Muttaqin Rebakong tersebut adalah sebagai bentuk kedekatannya dengan masyarakat. Rangkaian kegiatan Safari (silaturrahmi) Jum’at yang dilakukan Bupati dan Kapolres KLU yang baru ini di akuinya adalah yang pertama kali sejak dirinya di lantik sebagai Camat Kayangan.Teramsuk juga Bupati dan Kapolres KLU sholat Jum’at di Mesjid Rebakong ini adalah yang pertama kali.

Dikatakan Tresnahadi, sebelumnya di wilayah Rebakong ini sempat beredar issu yang tidak baik di publikasikan.Untuk itu kehadirannya di Rebakong bersama Bupati dan Kapolres KLU yang di rangkai dengan Safari Jum’at tersebut adalah untuk sekalian klarifikasi issu yang sempat beredar di masyarakat yang sangat tidak etis, tidak masuk akal dan meresahkan warga setempat.

”Tidak mungkin seorang pejabat melakukan tindakan yang merugikan masyarakatnya, apalagi menghalangi program pembangunan yang masuk di wilayah ini. Issu tersebut tidak berdasar, jadi sama sekali tidak benar,”katanya.

Terkait issu tersebut, pihaknya sudah mengkoordinasikan dan mempertanyakannya pada Dinas PU Kimpraswil KLU.Mudah-mudahan masalah ini ada jalan keluarnya. Berdasarkan gambar yang ada pada Kepala Desa Kayangan, nyata-nyata pemasangan pipa air bersih itu sampai ke sidutan.Namun pihak pelaksana di lapangan mengerjakannya hingga di Lokok Senggol.Inilah yang membuat warga Kayangan resah.Sehingga sempat beredar issu bahwa pemerintah Kecamatanlah yang menghalangi program tersebut. “Hal ini sudah kita koordinasikan dengan Dinas PU KLU,semoga segera mendapatkan penyelesaian,”harapnya. 

Selain itu,Tresnahadi pada kesempatan itu juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan program yang saat ini sedang di galakkan pemerintah, seperti pelaksanaan E-KTP. Dimana program ini merupakan program gratis dari pemerintah pusat dan akan berakhir pada minggu kedua pada bulan oktober 2012 mendatang.Untuk itu Camat Kayangan berharap agar bagi warga masyarakat yang belum di rekam datanya, segera datang ke Kantor Camat untuk direkam datanya, karena program ini sangat penting artinya bagi siapa saja dan data ini nantinya akan berguna seumur hidup tidak akan berubah, sehingga pada saat mengambilnya pun nantinya tidak boleh diwakilkan, harus yang bersangkutan, karena di KTP Elektronic ini terdapat sebuah Chips yang akan hidup dan berfungsi serta akan berlaku ketika yang bersangkutan/pemiliknya yang ambil.

Sementara itu,Kapolres KLU AKBP H.Ronny Azwawie,SIK yang baru sehari dilantik (06/09), langsung pada hari kedua (07/09) bertugas mendapatkan kehormatan dalam kunjungan kerjanya bersama Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH sempatkan diri sholat Jum’at di Mesjid Al Muttaqin Rebakong Desa Kayangan Kecamatan Kayangan KLU.

Ronny, demikian panggilan singkat Kapolres KLU yang baru ini menyebut dirinya berulang-ulang ketika di daulat memberikan sambutan dihadapan jama’ah dan masyarakat Dusun Rebakong Desa Kayangan Kecamatan Kayangan KLU.

Dikatakan, keberadaan dirinya di NTB ini baru 7 tahun, yang mana pada tahun ke 7 dirinya dipercaya menjadi Kapolres yang baru dan yang pertama di Kabupaten Lombok Utara yang baru berusia 4 tahun di daerah hukum Polda Nusa Tenggara Barat.

Keberadaannya di gumi paer Dayan Gunung ini adalah membantu Bupati KLU dalam mengamankan ketentraman dan ketertiban wilayah.Dalam hal ini, tentu tidak dapat berjalan tanpa dukungan dan keterlibatan seluruh komponen masyarakat dalam membantu menjaga keamanan wilayah masing-masing.

Kapolres yang juga seorang da’i ini mengajak seluruh jama’ah Mesjid Al Muttaqin Dusun Rebakong Desa Kayangan, agar dalam menjaga keamanan dan ketertiban,pemimpin yang amanah serta apa saja yang menjadi keperluan dan hajatan masyarakat dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini, jangan sekali-kali berharap kepada makhluk, tapi mintalah kepada Allah Swt untuk bisa mendatangkan para pemimpin yang adil.

“Kebahagiaan itu dapat di raih manakala kita selalu melakukan dan memperbanyak amalan yang baik seperti memelihara sholat lima waktu,memperbanyak silaturrahmi dan kasih sayang sesama, ”taushyah Kapores.

Ditempat yang sama, Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH juga dalam sambutannya mengatakan, dua tahun setelah menjadi Bupati, dirinya pernah ke dusun Rebakong ini dalam rangka penghijauan.Namun dengan kehadirannya yang kedua kali di Dusun ini, baru pertama kali bisa sholat Jum’at bersama jama’ah Mesjid Rebakong.

Dikatakan Bupati bahwa daerah Tioq Tata Tunaq ini paling rendah tingkat kriminalitasnya di NTB.Ini dibuktikan dengan tingkat kesadaran masyarakat KLU yang religius dan bermartabat, menjaga keamanan dan ketertiban wilayah. Silaturrahmi ini juga sangat penting dilakukan dalam pembangunan Kabupaten Lombok Utara kedepan.Karena menurut Bupati tanpa ada hubungan bathin antara masyarakat dan Pemda tidak mungkin pembangunan di KLU ini akan berhasil dan sukses.Namun demikian, masih banyak persoalan-persoalan yang sedang dihadapi daerah yanayan Gunung ini diantaranya, masalah kemiskinan, dimaana menurut data statistic mencapai 43,14% tertinggi di NTB, sedangkan data Kamtibmas tentang kriminalitas terendah di NTB.

APBD KLU tahun 2012 ini sebesar 478 M, dimana 40% belanja aparatur dan 60% belanja public.Banyak program yang sudah dilaksanakan pada tahun anggaran 2012 ini, yang menjadi program prioritas ada tiga, diantaranya masalah insfrastruktur jalan,listrik dan masalah air bersih.  Untuk meraih itu semua, Bupati mengajak semua komponen warga KLU untuk selalu memelihara persatuan dan kesatuan, memelihara keamanan dan ketertiban wilayah dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar