Sabtu, 15 September 2012

Pelatihan Lifeskill Percetakan dan Sablon, Pramuka KLU Gandeng BP-PNFI Mataram

Gangga, suarakomunitas --- Untuk meningkatkan eksistensi berupa ketrampilan berkarya bagi anggota gerakan Pramuka KLU dewasa ini tentunya harus ditingkatkan.Apalagi saat ini Lombok Utara memiliki potensi kepramukaan yang cukup besar, baik potensi keorganisasian, potensi peserta didik serta potensi anggota dewasa.
Dengan potensi yang cukup besar tersebut, maka dituntut untuk lebih memberdayakan seluruh potensi yang menjadi basis kekuatan dalam mendukung terciptanya lapangan kerja bagi generasi penerus gerakan pramuka KLU.Untuk meraih impian itu, maka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Utara, bekerja sama dengan Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal (BP-PNFI),Selasa (11/09/2012) mengadakan pelatihan Lifeskill Percetakan dan Sablon, yang berlangsung di Aula Sekretariat Kwarcab Lombok Utara di Gondang.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lombok Utara Ahmad Abdul Gani,S.Pd.M.Pd sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara kegiatan tersebut mengatakan, penyelenggaraan kursus pelatihan Life Skill ini merupakan salah satu usaha dalam rangka merevitalisasi gerakan pramuka yang telah dicanangkan Presiden Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

Dikatakan, ketrampilan dan kemampuan yang diperoleh dari kegiatan ini nantinya diharapkan dapat memberikan bekal kepada seluruh peserta sebagai tenaga yang professional dan memiliki kecakapan hidup, sehingga kelak mampu berkiprah dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, lanjut andalan yang kawakan sejak zaman orde baru ini berharap kepada seluruh pimpinan SKPD di Gumi Tioq Tata Tunaq yang hadir pada acara pembukaan pelatihan lifeskill yang di ikuti oleh 25 orang peserta perwakilan dari lima Kwarran yang ada dan lima orang perwakilan dari Kwarcab tersebut, nantinya ketika kegiatan pelatihan ini berakhir agar di usahakan memesan keperluan percetakan dan sablon kepada adik-adik pramuka. “Ini adalah sebagai bentuk perhatian kita dalam rangka memberdayakan potensi adik-adik pramuka yang telah mengikuti pelatihan ini,”ingatnya.

Pada kesempatan itu, Ahmad Abdul Gani juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran BP-PNFI regional VII Mataram dan kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, semoga apa yang dikerjakan dapat bermanfaat dan bernilai ibadah untuk kemajuan generasi muda di daerah ini.

Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH selaku Kamabicab dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi pelatihan Lifeskill dimaksud mengatakan, menaruh respek atas inisiatif kebijakan yang ditempuh Balai Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal (BP-PNFI) Regional VII Mataram yang telah menyelenggarakan program kursus dan pelatihan yang berbasis pendidikan kecakapan hidup (Life skill) bagi anggota gerakan pramuka Kwartir Cabang Lombok Utara.Sinergitas ini diharapkan mampu mengakselerasi upaya pemberdayaan,pengembangan dan perlindungan bagi para generasi muda, khususnya anggota gerakan pramuka yang ada di pelosok daerah ini.

Dikatakan Bupati, gerakan pramuka memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam perjalanan sejarah hidup bangsa, tidaklah berlebihan jika gerakan pramuka merupakan salah satu wahana pembinaan generasi muda yang cukup kreatif dan efektif.Karena dari gerakan pramuka inilah muncul generasi muda yang mandiri,berjiwa patriot dan memiliki semangat juang yang tinggi, dengan dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Gerakan Pramuka pada hakekatnya merupakan sebuah wahana pembelajaran, pendidikan,pembinaan dan pelatihan ketrampilan hidup (Life Skill), dimana setiap generasi muda yang tergabung dalam gerakan pramuka, mendapatkan proses pembelajaran yang komprehensif, tidak hanya aspek kognitif (pengetahuan), melainkan juga aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan).

“Kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan Life Skill ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini,adik-adik bisa mengambil manfaat yang pada akhirnya mampu di sumbangkan dan di dharma baktikan untuk kemajuan gerakan Pramuka di Gumi Tioq Tata Tunaq yang kita cintai ini,”imbuhnya.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar