Rabu, 15 Agustus 2012

Nuzulul Qur’an di Sempakok Hadirkan Kelompok Haflah Kekait Gunungsari

Kayangan,(SK),-- Peringatan Nuzulul Qur’an di Mesjid Nurul Hijjah Dusun Sempakok Desa Santong Kecamatan Kayangan, yang di gelar Sabtu malam (11/08) dimeriahkan oleh Kelompok Haflah pimpinan Asror Zawawi,S.Pd Kekait Gunungsari Lombok Barat.

Ketua Panitia Munawir Haris, dalam laporannya menyampaikan, Peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan pada tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lomba, diantaranya, lomba azan,lomba tadarrusan,lomba cerdas cermat,lomba puitisasi terjemahan Al-Qur’an,lomba pidato, lomba sholat berjamaah dan lomba baca Khutbah. 

Dikatakan, dana pendukung dari seluruh rangkaian kegiatan lomba tersebut didapatkan, disamping Kas Mesjid Nurul Hijjah, juga diperoleh dari para donatur masyarakat Dusun Sempakok sejumlah 1.631.000,- “Alhamdulillah, kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik dan sukses berkat bantuan dan dukungan seluruh masyarakat Dusun Sempakok,”katanya.

Munawir Haris juga berharap dimasa mendatang kegiatan serupa akan ditingkatkan lagi dan bahkan diperluas dengan kegiatan-kegiatan lomba bidang keagamaan lainnya.

Kepala Desa Santong Muhakim dalam sambutannya mengatakan, kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan di Mesjid Nurul Hijjah Dusun Sempakok kali ini merupakan kegiatan yang positif, karena dengan diadakannya kegiatan ini maka akan terus terbangun silaturrahmi antar masyarakat diwilayahnya.

Peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan dengan mengambil tema “dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an kita tingkatkan kualitas pendidikan anak dalam baca tulis Al-Qur’an” tersebut, dihadiri Camat Kayangan yang diwakili Kasi Trantib Eko Sekiadim,S.Sos beserta staf Dawam,BKP PBB Radat, Kepala Desa Santong Muhakim,Pimpinan Yayasan BUS Santong Ust.L.Syarifudin,S.PdI, Kau Trantib,Kaur Pemerintahan, Kaur Kesra Desa Santong, Mahasiswa KKN Unram,Kelompok Haflah Kekait Gunungsari dan beberapa Kepala Dusun diwilayah Desa Santong serta seluruh masyarakat Dusun Sempakok.

Dikatakan, ada beberapa hal pokok yang di hadapi oleh Pemerintah Desa Santong, diantaranya masalah E-KTP yang belum tuntas 100%.Masyarakat Desa Santong yang hingga kini belum datang ke Kantor Camat untuk direkam datanya masih tersisa 2.539 wajib KTP, sedangkan yang sudah di endrol baru mencapai 63%.

Muhakim juga menyinggung masalah Listrik yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat Dusun Sempakok, yang sejak puluhan tahun lalu menggunakan jasa PLTMH yang sudah diserahkan ke Dinas Pertambangan Provinsi NTB.Pihak PLN sendiri,kata Muhakim, sudah berjanji akan merealisasikannya pada bulan Agustus 2012 ini.Namun diakuinya hingga sekarang belum ada tanda-tanda akan di pasang instalasi listriknya.Namun, Kades yang juga da’i ini yakin pada tahun ini masyarakat Dusun Sempakok sudah bisa menikmati listrik PLN.

“Mohon bersabar, insya Allah, dalam waktu yang tidak terlalu lama, pihak PLN akan merealisasikan apa yang menjadi harapan dan kebutuhan masyarakat.Yang penting mohon jaga persatuan dan kesatuan, jangan ada masalah,”pinta Muhakim.

Camat Kayangan yang diwakili Kasi Trantib Eko Sekiadim,S.Sos dalam sambutannya berharap agar peringatan Nuzulul Qur’an ini dijadikan momen untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan anak dalam memahami baca tulis Al-Qur’an sejak dini.

Dikatakan, untuk sekian tahun mendatang, kita yakin dari wilayah Dusun yang jauh dari keramaian kota Kecamatan ini, tentunya akan bermunculan generasi Qur’ani yang mumpuni dibidangnya.Karena menurut Kasi Trantib yang asli Dayan Gunung ini, wajar wilayah ini mulai sekarang berbenah karena pada tahun 2013 mendatang wilayah Desa Santong akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Kayangan.

Pimpinan PSTQ (Pengembang Study Tilawatil Qur’an) Kekait Gunungsari Lombok Barat Asror Zawawi,S.Pd, yang tampil memberikan taushyahnya pada peringatan Nuzulul Qur’an tersebut berharap agar bagaimana peran kita dalam mendorong dan memotivasi masyarakat Dusun Sempakok ini untuk selalu membaca Al-Qur’an.Karena menurut Asror Zawawi yang juga Qori’ Nasional yang baru pulang dari MTQ Internasional di Kalimantan tanggal 17 Ramadhan 1433 H tahun ini, agar para santri yang ada di wilayah ini mau belajar seni baca Al-Qur’an.Hal tersebut sangat penting arinya untuk dibudayakan.Lebih-lebih pada tahun 2013 mendatang, Desa Santong akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Kayangan. Disamping itu,katanya, Al-Qur’an ini adalah mu’jizat yang terbesar.”Untuk itu bagaimana kita tetap dan selalu membaca Al-Qur’an, ”katanya.

Usai memberikan taushiyah tersebut, Ust.Asror Zawawi kembali tampil membawakan Haflah bersama kelompoknya, dimana kelompok Haflah ini terdiri dari para Qori’ dan Qori’ah, baik tingkat Kabupaten,Provinsi maupun tingkat Nasional dan bahkan Internasional seperti dirinya.

Kegiatan akhir dari seluruh rangkian peringatan Nuzulul Qur’an tersebut, dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para juara dalam berbagai bidang mata lomba yang dilaksanakan panitia (Eko).
 

1 komentar: