Kamis, 26 Juli 2012

Bupati Djohan Sjamsu Ajak Masyarakat Bersatu Padu Membangun KLU

Tanjung,(SK),-- Dalam Hari Ulang Tahunnya yang keempat tahun 2012 ini,Kabupaten Lombok Utara dalam mengarungi perjalanan selama ini sudah barang tentu telah banyak merasakan dan mengalami pahit getirnya perjuangan membangun daerah yang bermoto Tioq Tata Tunaq ini.

Hal yang patut di syukuri bahwa perkembangan pembangunan KLU dari masa kepemimpinan penjabat Bupati yang pertama Drs H.L.Bakri sampai dengan kepemimpinan Bupati H.Djohan Sjamsu,SH dan Wakil Bupati devinitif H.Najmul Akhyar,SH.MH ini terus tumbuh dan berkembang.Berbagai terobosan dan ikhtiar pembangunan yang dilakukan selama ini secara bertahap telah memberikan hasil yang sangat menggembirakan.

Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH dalam amanatnya yang disampaikan pada HUT KLU yang ke-4,Sabtu,(21/07/2012) yang berlangsung di lapangan umum Supersemar Tanjung mengatakan, memang tidak di pungkiri sebagai daerah otonom baru, daerah Tioq Tata Tunaq ini masih di hadapkan pada permasalahan-permasalahan yang terkait dengan issu pembangunan daerah, seperti masih rendahnya SDM,masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran,belum tersedianya lapangan pekerjaan yang memadai serta masalah pendidikan dan kesehatan yang perlu mendapat perhatian yang maksimal.

Oleh karena itu,lanjut Bupati, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah terhadap permasalahan-permasalahan yang terkait dengan issu pembangunan daerah tersebut, berbagai program strategis telah di canangkan dan dilaksanakan Pemda KLU, diantaranya mencanangkan gerakan kembali ke khittoh pendidikan dalam rangka menciptakan SDM yang berkualitas melalui pendidikan, melaksanakan program yang bertujuan untuk menanggulangi masalah kemiskinan dan pengangguran seperti program gerakan unggulan pemberdayaan masyarakat,program padat karya produktif,program keluarga harapan,program kelompok usaha bersama,program rehabilitasi social rumah tidak layak huni dan melaksanakan pendataan terhadap kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan,desa sampai ke tingkat dusun melalui program daerah masalah kesehatan, serta program strategis lainnya, dimana program-program tersebut secara bertahap telah mampu memberikan kemajuan yang signifikan terhadap pembangunan di KLU.

Pada kesempatan tersebut, Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH juga menyinggung bahwa dari hasil penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan sejak pembentukan daerah ini sebagai daerah otonom baru,KLU mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat dengan di anugerahi sebagai daerah terbaik ketujuh dari 57 daerah hasil pemekaran.Selain itu,kata Bupati,Pemda KLU kembali meraih opini wajat dengan pengecualian (WDP) atas pemeriksaan keuangan regular tahunan yang dilakukan oleh BPK RI yang berhubungan dengan laporan hasil pemeriksaan (LHP) terhadap menegemen pengelolaan anggaran dan keuangan daerah tahun 2011.

Predikat yang diperoleh selam 3 tahun berturut-turut ini merupakan perolehan cukup berprestasi bagi KLU sebagai daerah otonom baru dalam pengelolaan anggaran daerah.Selain berbagai kemajuan pembangunan yang telah tercapai, berbagai prestasi juga mampu di raih oleh KLU,baik ditingkat Provinsi maupun ditingkat nasional.

“Ini membuktikan bahwa daerah ini mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Provinsi Nusa Tenggara Barat,”tegas Bupati.

Adapun prestasi yang diraih KLU pada tahun 2012 ini, diantaranya 1).juara 1 tingkat provinsi NTB pada lomba penghijauan dan konservasi alam wana lestari,2).juara 2 tingkat Provinsi NTB pada lomba penyuluh pertanian,3).juara 3 tingkat provinsi NTB pada lomba kecil menanam besar memanen,4).juara 3 tingkat provinsi NTB pada lomba perlindungan mata air (permata),5).juara 1 tingkat provinsi NTB pada lomba karya tulis tingkat SLTP,6).juara 1 tingkat provinsi NTB pada lomba cabang olah raga Pencak Silat,7).juara 1 dan 2 tingkat provinsi NTB pada kejuaraan bulu tangkis tingkat SLTP,8).juara 3 tingkat nasional pada kejuaraan bulu tangkis tingkat SLTP dan 9).juara 3 tingkat provinsi pada lomba olimpiade MIPA tingkat SD.
“Berbagai kemajuan dan prestasi yang dicapai daerah ini, tentunya tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat KLU,”tegas Bupati.

Oleh karenanya pada HUT ke-4 KLU pada tahun ini,Bupati mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya dan mengajak seluruh elemen masyarakat KLU untuk bahu- membahu,bergotong royong dan bekerjasama melalui pengabdian, dedikasi dan loyalitas membangun daerah Dayan Gunung yang tercinta ini.

Diakhir sambutannya,Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat KLU untuk menjadikan hari jadi KLU yang ke-4 tahun ini sebagai momentum wahana untuk menumbuhkan komitmen,bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi KLU yang sangat dibanggakan ini, sesuai dengan kapasitas,kavabilitas dan kompensi masing-masing.

Sementara Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Badrul Munir dalam sambutannya mengatakan, dalam usia yang relative masih belia ini,Pemda dan lapisan masyarakat KLU dengan segala keterbatasan dan tantangan yang dihadapi, telah membuktikan tekad serta komitmennya untuk terus berjuang menggerakkan sumber daya yang ada serta dapat menyamakan diri dengan Kabupaten lain di NTB, melalui prestasi-prestasi yang telah diraih secara nyata.

Wagub Badrul Munir berharap,peringatan hari jadi KLU yang ke-4 tahun ini, tak sekadar acara seremonial belaka,tetapi harus dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi, introspeksi dan menuntut kebersamaan untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan masyarakat KLU secara keseluruhan.

“Saya yakin,Pemda dan masyarakat KLU akan mampu meraih kemajuan yang lebih baik di masa yang akan dating,”kata Wagub semangat.

Perlu di sadari bahwa, dalam kurun waktu sehingga KLU memasuki usia ke-4 tahun ini menjadi masa-masa yang sangat berat dan terkadang penuh ujian bagi sebuah daerah yang baru terbentuk.Oleh karenanya,rasa syukur memperingati hari jadi KLU tahun ini harus di wujudkan dengan tumbuhnya semangat yang lebih kuat untuk membuktikan bahwa KLU memang layak meraih predikat sebagai sebuah daerah otonom baru yang mandiri dan berdaya saing.

“KLU sesungguhnya memiliki berbagai kekayaan potensi daerah yang cukup menjanjikan.Di bidang pariwisata, kawasan ini memiliki obyek wisata alam, seperti Gunung Rinjani,air terjun sendang gila, serta kawasan 3 gili yang telah menjadi obyek wisata kelas dunia,” kata Wagub bangga.

Berbagai potensi sumber kekayaan alam KLU yang sangat besar ini,tentunya menjadi kekuatan daerah ini untuk terus bergerak maju dan berkembang mengejar kesuksesan pembangunan daerah secara lebih matang dan lebih mandiri.

Dengan komitmen dan dedikasi serta ikhtiar yang sungguh-sungguh dari segenap aparatur Pemda KLU dan di dukung oleh partisipasi aktif seluruh warga masyarakat KLU serta di dorong oleh kerjasama yang harmonis dengan pemangku amanah lainnya,Insya Allah, Wagub Badrul Munir berkeyakinan,KLU akan bergerak lebih maju berdiri sejajar dengan Kabupaten/Kota lainnya dalam menyongsong laju pertumbuhan pembangunan di Indonesia.

Rasa syukur dan kebahagiaan memperingati HUT KLU ke-4 tahun ini merupakan pembeda yang penuh makna,karena bertepatan dengan kebahagiaan dan rasa syukur seluruh umat Islam di dunia memasuki bulan suci Ramadhan yang penuh rahmat,maghfirah dan pengampunan dari Allah Swt.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar