Rabu, 27 Juni 2012

Camat Kayangan Sosialisasi Program Lewat Safari Jumat

Suara Genem Merenten FM
 
Kayangan. Untuk menyampaikan sejumlah program unggulan yang akan dilaksanakan di wilayahnya, Camat Kayangan Tresnahadi, menggelar Safari Jumat. Acara itu juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan mendekatkan diri dengan masyarakat.

Silaturahmi yang dilaksanakan setiap Jumat ini berfungsi sebagai penyambung segala informasi program pembangunan yang harus diketahui oleh masyarakat. Bagi Tresnahadi, dengan selalu bersilaturrahmi dan dekat dengan masyarakat, dia bisa menyosialisasikan program prioritas yang sedang digalakkan pemerintah daerah.

Pada Safari Jumat minggu lalu (22/6), Camat Kayangan bertemu dengan masyarakat Dusun Empak Mayong, Desa Kayangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU). Ia menyampaikan hasil pertemuan antara Bupati KLU dengan sejumlah tokoh desa dan dusun yang ada di Desa Kayangan pada Kamis (21/6) di Rumah Dinas Bupati, di Lokok Bengkok, Dusun Karang Jurang, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga.

Pertemuan itu melibatkan Kepala Desa Kayangan, Kepala Dusun Lokok Rangan, Kepala Dusun Lengkukun, Kepala Dusun Karang Lande, Kepala Dusun Karang Tal, Kepala Dusun Karang Teter, tokoh masyarakat Dusun Empak Mayong (Jojo Karlino), tokoh agama, Agus Suparno, dan Sukardi (Perusahaan Daerah Air Minum/PDAM).

Tresnahadi menjelaskan alasannya menyerahkan Sistem Penyediaan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM IKK) Kayangan kepada PDAM. Baginya, SPAM IKK Kayangan merupakan bantuan pemerintah pusat yang menelan dana 8,8 milyar sehingga tidak boleh sia-sia. PDAM merupakan lembaga yang berpengalaman mengelola air bersih.

Sebelum penyerahan SPAM IKK pada PDAM, Tresnahadi telah bermusyawarah dengan anggota Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), Kepala Desa, Kepala Dusun, tokoh masyarakat, dan tokoh agama Kecamatan Kayangan. Hasilnya, pengelolaan SPAM IKK diserahkan ke PDAM. Sebelumnya SPAM IKK dikelola oleh Pengurus Pengelola Jaringan Air Bersih (P2JAB) namun gagal.

“Kita ingin pengelolaan air bersih dikelola oleh orang-orang yang profesional di bidangnya. Air bersih merupakan kebutuhan dasar selama-lamanya,” jelas Tresnahadi.

Kemudian keinginan tersebut ditindak lanjuti oleh Bupati KLU. Djohan Sjamsu, pada 5 Februari 2012 lalu sehingga secara resmi pengelolaan air bersih SPAM IKK Kecamatan Kayangan dipegang oleh PDAM.

Masih terkait dengan hasil pertemuan dengan Bupati KLU, Camat Kayangan mengatakan bupati menanggapi positif keinginan masyarakat Kayangan untuk membantu masyarakat miskin yang tidak mampu membayar sambungan pipa yang dipersyaratkan PDAM sebagai pelanggan baru. Bupati berjanji untuk mengupayakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) agar bisa membantu masyarakat miskin.

Untuk mengatasi sering macetnya suplai air bersih, bupati lagsung memerintahkan Sukardi (PDAM) untuk segera memperbaiki saluran air yang rusak. (Eko).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar