Senin, 14 Mei 2012

HUT Ke-XX, SMAN 1 Kayangan Tingkatkan Pelayanan Lembaga Kepada Masyarakat

Kayangan,(SK),-- Mengawali acara pelepasan siswa Kelas XII, yang dirangkaikan dengan peringatan Hardiknas dan HUT SMAN 1 Kayangan yang ke-20 tahun ini, OSIS SMANSAKA menyuguhkan tarian Bali yang eksotik mampu memukau para tamu undangan yang hadir.

Acara yang digelar,Sabtu,(12/05) di halaman SMAN 1 Kayangan tersebut, disamping dihadiri Sekdis Dikbudpora KLU,Camat Kayangan, Muspika, Kepala SMA dan SMP serta para juara perwakilan pelajar se – KLU, juga dihadiri seluruh siswa, guru,orang tua/wali murid, Komite, dan undangan lainnya.

Ketua OSIS SMANSAKA Wanda Rendraswara dalam laporannya mengatakan, dalam rangka HUT ke-20 SMAN 1 Kayangan yang dirangkaikan dengan Hardiknas dan pelepasan siswa/siswi Kelas XII tahun pelajaran 2011-2012 ini, pihaknya (OSIS) dibawah bimbingan pembinanya Sahlam,S.Pd, mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan OSIS dari SMA/MA,SMP.MTs se KLU yang telah berpartisipasi dalam kegiatan lomba Basket dan Futsal antar pelajar se KLU yang diselenggarakan keluarga besar SMAN 1 Kayangan beberapa waktu lalu.

Dikatakan Winda R, bahwa para juara, baik juara 1,2 dan 3 yang keluar sebagai pemenang dalam lomba Basket maupun Futsal tersebut, seluruhnya tersebar dari ujung timur (Kecamatan Bayan) hingga ke ujung barat (Kecamatan Pemenang). Winda R juga berharap agar kegiatan serupa dapat dikembangkan dan bisa diikuti oleh sekolah-sekolah yang lain yang ada di KLU. Karena kegiatan ini sangat penting artinya disamping untuk menyambung tali silaturrahmi, juga untuk meningkatkan sportifitas dalam bidang olah raga antar pelajar se KLU.

“Semoga OSIS dan keluarga besar SMA Negeri 1 Kayangan di kemudian hari dapat melanjutkan kegiatan serupa dan bahkan dapat ditingkatkan lebih baik lagi dimasa mendatang,”harapnya. “Kritik dan saran, tetap terbuka untuk perbaikan dimasa mendatang, ”tambahnya.

Ketua OSIS SMANSAKA Wanda Rendraswara, yang merupakan anak pasangan Iwan Kurniawan dan Bidan Tatik ini berharap, mudah-mudahan dimasa mendatang, kegiatan seperti ini, tidak hanya OSIS SMAN 1 Kayangan saja yang menyelenggarakannya, OSIS SMA/MA yang lain se KLU juga bisa melaksanakannya. Hal ini dimaksudkan agar pihak sekolah yang lain dapat saling beranjang sana atau saling berkunjung dan bersilaturrahmi dengan pelajar lainnya, khususnya dalam bidang olah raga.

Kepala SMAN 1 Kayangan Drs Moh.Hakam Yamin mengawali sambutannya, atas nama keluarga besar SMA Negeri 1 Kayangan, dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setulusnya kepada seluruh tamu undangan dan wali murid, karena keringanan langkahnya memenuhi undangan ini, mudah-mudahan tercatat sebagai amal ibadah di sisi Allah swt.

Dikatakannya, acara perpisahan sekaligus pelepasan kelas XII yang rutin di gelar SMAN 1 Kayangan seperti ini adalah sudah membudaya di setiap sekolah dimana saja. Dimana, katanya, pelepasan yang dilakukannya kali ini di dahulukan dengan pengumuman kelulusan.Sehingga pihaknya berharap kepada seluruh wali murid agar jangan sampai menafsirkannya berbeda.

Terkait dengan kegiatan HUT SMA Negeri 1 Kayangan yang ke-20 tahun 2012 ini, Kasek yang dulunya aktif di racana Pandega Kwarda NTB ini, mencoba meramu berbuat sesuatu untuk menciptakan silaturrahmi antar pelajar se KLU yaitu dengan menggelar beberapa kegiatan lomba, seperti Basket dan Futsal. Dan kegiatan itu pun sudah dilaksanakannya dengan baik dan sukses.

“Mudah-mudahan, dengan HUT ke-20 SMA Negeri 1 Kayangan ini, yang dirangkaikan dengan Hardiknas serta pelepasan siswa-siswi kelas XII TP 2011-2012 tahun ini, kami mencoba di masa mendatang untuk lebih banyak berbuat dalam rangka meningkatkan pelayanan lembaga kepada masyarakat luas, ”harapnya.
Kepala Sekolah yang sedang menyelesaikan Tesisnya ini pun berpesan kepada siswanya khusus yang kelas XII bahwa melalui kesempatan ini, atas nama keluarga besar SMANSAKA mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, yang selama ini telah terjalin kerja samanya dalam menempuh pendidikan selama 3 tahun, sehingga memperoleh ilmu yang bermanfaat dan predikat prestasi untuk meraih masa depan yang cemerlang.
Selaku pimpinan sekolah, Drs Moh.Hakam Yamin juga menyerahkan secara simbolis siswa Kelas XII yang diwakili Suparman Kelas XII IPS 2 dan Widya Zulratul Aini Kelas XII IPA 2, kepada perwakilan orang tua/wali murid yang di wakili Ketua Komite SMA Negeri 1 Kayangan Abidin Tuarita,B.Sc.

Usai menerima penyerahan siswa secara simbolis tersebut, Abidin Tuarita B.Sc dalam sambutannya mengatakan, acara yang dilakukan pihak sekolah seperti ini adalah sebuah acara rutin ritual social yang perlu di catat. Namun begitu, Abidin Tuarita yang asal Ambon ini berharap kepada lulusan SMA Negeri 1 Kayangan, selama menempuh pendidikan di sekolah yang sebentar lagi ditinggalkannya itu, selama itu pula dapat bekerja sama dengan baik dalam belajar sehingga bisa nantinya tampil sebagai tenaga potensial dalam masyarakat.

Dengan lulusnya siswa-siswi SMA Negeri 1 Kayangan ini dalam pengumuman tanggal 26 Mei 2012 mendatang, pihak Komite berharap bagi yang lulus, jangan sampai puas dengan mendapatkan satu lembar ijazah. Karena menurut Abidin Tuarita yang juga aktivis LSM yang sudah melanglang buana seluruh tanah air ini menyatakan bahwa untuk mengarungi dunia kedepan tidak bisa hanya mengandalkan satu lembar ijazah saja.Untuk itu dibutuhkan keseriusan dalam belajar, terus maju dan berkembang meningkatkan prestasi sebaik mungkin dibidangnya masing-masing. Kami yakin, bahwa diantara siswa-siswi SMA Negeri 1 Kayangan ini ada bibit-bibit unggul yang dibutuhkan Pemerintah Daerah KLU di masa mendatang menanti tenaga-tenaga potensial dan professional siap pakai di bidangnya.

Dalam kesempatan itu, Abidin Tuarita menyampaikan pesan khusus kepada siswa Kelas XII tentang pendapat orang bijak yaitu pengusaha dunia yang bernama Bill Gate, setidaknya ada dua hal, diantaranya banyak membaca dan banyak teman.Dikatakannya, Bill Gate menjadi orang sukses karena banyak membaca. Disamping itu, dengan banyak membaca pun akan banyak teman. “Jadi jangan bosan-bosan membaca,”ingatnya.

Kepada orang tua wali murid, Abidin Tuarita juga berpesan agar orang tua selalu memberi support kepada putra-putri mereka agar berkembang dan berprestasi serta menyiapkan tenaga potensial untuk meraih masa depan yang cemerlang. Bil khusus, Abidin Tuarita juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan seluruh dewan guru SMA Negeri 1 Kayangan, Dikbudpora KLU dan seluruh jajarannya, atas dedikasi dan pembinaannya sehingga bisa mencetak putra-putri harapan bangsa di seluruh jajaran pendidikan KLU ini, sehingga nantinya mereka bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Belajar untuk tahu, sampai kapanpun kita belajar pasti tahu, tetapi jika belajar hanya tujuan lulus, maka tentu siapapun tidak bisa jamin akan memperoleh keberhasilan di masa mendatang,”tandasnya.

“Mudah-mudahan ini dapat memberi motivasi dan semangat bagi siswa-siswi kelas XII yang sebentar lagi meninggalkan bangku SMA ini untuk meniti karir menuju kemajuan di masa mendatang,”ucap Abidin Tuarita berharap.

Sementara itu Sekretaris Dinas Dikbudpora KLU Drs Sukasman dalam sambutannya mengatakan, pada intinya bagaimana dunia pendidikan di masa mendatang lebih maju.

Dikatakannya, selama UN berlangsung pada tahun ini, tidak ada terjadi gejolak yang dilakukan siswa peserta UN. Patut di syukuri bahwa di KLU ini pelaksanaan UN berlangsung aman lancar dan terkendali, yang walaupun diakuinya ada beberapa kendala yang dihadapi seperti kekurangan soal yang bukan jurusannya, namun semua itu bisa diselesaikan oleh panitia ditingkat local dan tidak separah yang terjadi di daerah lain.

Sekdis yang juga pernah bertugas di SMA Negeri 1 Kayangan ini, juga menyampaikan criteria kelulusan yang harus dicapai siswa, standar minimal untuk satu mata pelajaran 4,00 dan nilai rata-rata 5,5 dari seluruh mata pelajaran.

“Jika persyaratan itu bisa dipenuhi siswa, maka imbalannya pasti lulus. Tetapi sebaliknya, jika syarat itu tidak bisa di capai siswa, maka imbalannya pasti tidak lulus,”terangnya.

Kepada seluruh siswa yang akan meninggalkan bangku SMA ini, Sekdis yang bernampilan low profil ini berpesan, jika pakaian sekolah yang masih layak pakai agar di sumbangkan dan disalurkan melalui OSIS untuk kemudian di sumbangkan kepada orang lain sehingga bermanfaat.

Dalam rangka HUT ke-20 SMA Negeri 1 Kayangan, Misyadin,S.Pd selaku Ketua Panitia Lomba Basket dan Futsal antar pelajar se KLU mengumumkan para juara dalam lomba yang sudah dilakukannya beberapa waktu lalu.

Cabang Futsal, untuk tingkat SMP, juara 1 SMPN 2 Bayan, juara 2 SMPN 2 Tanjung, juara 3 SMPN 1 Kayangan dan juara 4 SMPN 3 Gangga. Sedangkan untuk tingkat SMA/MA, juara 1 SMAN 1 Kayangan, juara 2 MA BUS Santong, juara 3 SMAN Pemenang dan juara 4 MA NW Santong.

Sementara di cabang Basket Putra, juara 1 SMAN 1 Tanjung, juara 2 SMKN 1 Tanjung, juara 3 SMAN 1 Kayangan dan juara 4 SMAN 1 Bayan. Sedangkan di bagian Putri, juara 1 SMKN 1 Tanjung, juara 2 SMAN 1 Kayangan, juara 3 SMAN 1 Tanjung dan juara 4 SMAN 1 Bayan.(Eko).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar