Sabtu, 17 Maret 2012

Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkadus Tinggi, Pemula Bersaing Ketat

Kayangan,(SK),-- Dalam pesta demokrasi di tingkat paling bawah, partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya masih dinilai cukup tinggi dalam sebuah pemilihan.

Pasalnya, awal tahun 2012 ini ada beberapa desa yang Kepala Dusun maupun Kepala Desanya sudah berakhir. Sebut saja Desa Kayangan, yang pada tahun ini setidaknya ada empat buah dusun yang Kepala Dusunnya sudah berakhir masa jabatannya, yaitu dusun Lokok Rangan,Beraringan,Empak Mayong dan Bagek Kembar.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Najamudin mengatakan, jadual pemilihan Kepala Dusun di empat wilayah dusun dalam Desa Kayangan itu di bagi menjadi dua tahap. Dimana tahap yang pertama dilaksanakan pada pada tanggal 13 Maret 2012 untuk Pemilihan Kepala Dusun Lokok Rangan dan Kepala Dusun Beraringan. Sedangkan tahap kedua dilaksankan tanggal 15 Maret 2012 untuk Pemilihan Kepala Dusun Empak Mayong dan Kepala Dusun Bagek Kembar.

“Untuk calon Kepala Dusun dari empat dusun yang akan berlaga itu, hanya Dusun Empak Mayong yang calonnya tiga orang, sedangkan dusun yang lainnya masing-masing dua orang,”kata Najamudin.

Dikatakan Najamudin, Calon Kepala Dusun Lokok Rangan, Bohri Rahman dan Samudin.Kemudian untuk calon Kepala Dusun Beraringan, Rahman dan Saprudin.Sedangkan calon Kepala Dusun Bagek Kembar, Iswadi dan Amsudin serta untuk calon Kepala Dusun Empak Mayong, Ismail,Mariono dan Budi Hartono.

Secara umum proses pemilihan Kepala Dusun di wilayah Desa Kayangan tersebut berjalan baik dan lancar. Cuman di akui Najamudin, kurang seru pada saat perhitungan suara, karena tidak menggunakan satu kotak. Andaikan satu kotak, ini akan seru, katanya.

Sebagaimana biasanya, bahwa pada setiap menjelang pemilihan, masing-masing calon kandidat diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misinya. Begitu juga dengan yang di laksanakan panitia pemilihan Kepala Dusun wilayah Desa Kayangan itu.

Menurut Ahudianto, salah seorang anggota panitia pemilihan mengatakan, penyampaian visi dan misi untuk calon Kepala Dusun Lokok Rangan dan calon Kepala Dusun Beraringan, tidak jadi dilaksanakan.Hal itu disebabkan karena cuaca yang tidak memungkinkan untuk diselenggarakannya acara itu.Sedangkan untuk calon Kepala Dusun Bagek Kembar dan calon Kepala Dusun Empak mayong, lanjut Ahudianto, berlangsung alot. Karena masing-masing calon dihujani oleh berbagai pertanyaan maupun usulan yang di lontarkan warga.Tak ayal, membuat masing-masing kandidat kewalahan untuk menjawabnya. Namun pada akhirnya, penyampaian visi dan misi itu dianggap telah berhasil.

Dikatakan Ahudianto, dari seluruh proses pemilihan Kepala Dusun di empat wilayah dusun tersebut, diantaranya adalah untuk Dusun Lokok Rangan di menangkan oleh Samudin dengan perbandingan perolehan suara sangat tipis, yaitu 135 untuk Bohri Rahman dan 138 untuk Samudin. Kemudian untuk Dusun Beraringan, Rahman mengungguli rivalnya Saprudin dengan perbandingan perolehan suara 210 untuk Rahman dan 117 untuk Saprudin.

Selanjutnya, untuk Dusun Bagek Kembar, juga terjadi hal yang sama dengan yang terjadi di dusun Beraringan, yaitu Amsudin mengungguli Iswadi, dimana untuk Iswadi hanya mengantongi suara 63 dan Amsudin 193 suara. Sementara di dusun Empak Mayong, Budi Hartono yang satu-satunya yang tidak di unggulkan, ternyata di luar dugaan berhasil menyabet 194 suara, sedangkan dua rivalnya Ismail dan Mariono harus puas mengantongi suara maing-masing 72 dan 93 suara.

Dari pantauan wartawan media ini selama proses berlangsungnya pemilihan Kepala Dusun di wilayah Desa Kayangan Kecamatan Kayangan KLU tersebut, tingkat partisipasi masyarakat masih tinggi. Disamping itu, Kepala Dusun terpilih rata-rata dimenangkan oleh calon yang berasal dari pemula, Ini terbukti dari perbandingan perolehan suara untuk masing-masing calon berbeda tipis. (Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar