Senin, 19 Maret 2012

Cilokak Gempar Gitak Pengaluan Sesait, Andalkan Kelor Pujut

Sesait,(SK),-- Dalam kiprahnya sebagai sarana pengiring pada setiap gawe atau pesta nyongkolan maupun gawe sunatan bagi masyarakat Sesait dan sekitarnya, maka Cilokak Gempar Grup Gitak Pengaluan inilah solusinya.
Grup cilokak dibawah asuhan Nasrun dan Abdul Muid ini, di kalangan masyarakat Sesait sudah tidak asing lagi.Setiap orang, ketika menyebut cilokak Gempar Gitak Pengaluan pasti kenal dengan grup yang lahir di awal tahun 2007 silam ini.

Dalam membesarkan nama grup Cilokak yang berpangkalan di Suker Gitak Pengaluan Sesait ini, Abdul Muid (45) dan Nasrun (42) selaku inisiator terbentuknya grup tersebut mengaku, banyak sekali rintangan dan hambatan yang selalu datang silih berganti, baik dari dalam maupun dari luar keanggotaan grup kesenian yang murni karena hobi ini.

Menurut penuturan Abdul Muid, ketika wartawan media ini berkunjung ke gubugnya di Suker Gitak Pengaluan Sesait, Minggu, (18/03/2012) mengatakan, awal terbentuknya grup ini tidak terlepas karena memang dirinya, disamping memiliki talenta dibidang seni, juga dibarengi dengan hobi yang bisa dikembangkan.

Berangkat dari hobi itu, lanjut Abdul Muid, dengan dibantu rekannya Nasrun selaku penyandang dana, maka satu demi satu kebutuhan alat music grup ini, mulai diadakan. Setelah semua alat di coba, ternyata kedengarannya bagus, lalu timbul niat untuk mendirikan sebuah grup kesenian yang diberi nama “Cilokak Gempar Grup Gitak Pengaluan Sesait.”

Di awal berdirinya itu, Abdul Muid mengakui belum berani tampil di depan public jika ada yang mengundangnya. Hal itu disebabkan, karena seluruh personil maupun alatnya belum lengkap, di samping itu, latihannya pun belum kompak. Walaupun keadaannya seperti itu, ada saja orang yang mulai mengundang grup ini.

Untuk pertama kalinya, di awal berdirinya grup kesenian ini, menurut Nasrun salah seorang inisiator terbentuknya grup kesenian cilokak ini mengaku, menerima undangan nyongkolan di Karang Jurang Genggelang menuju Monggal. Waktu itu, kata Nasrun, personil maupun alat music grup ini belum selengkap sekarang. Tapi dengan keberanian dan semangat kebersamaan di dukung oleh hobi, semua itu bisa berjalan dengan baik.

“Inilah awal kita menghadiri undangan diawal terbentuknya grup kesenian cilokak gempar gitak pengaluan Sesait ini,”kata Nasrun yang dibenarkan Abdul Muid.

“Lirik lagu yang menjadi andalannya sebagai cirri khas grup kesenian ini adalah Kelor Pujut,”jelas Abdul Muid.

Menurut Taat,Kepala Dusun Sesait Pedalaman mengatakan, memang keberadaan kesenian Cilokak Gempar Gitak Pengaluan Sesait ini keberadaannya sudah di akui oleh masyarakat Sesait dan sekitarnya. Namun menurutnya, seluruh peralatan maupun personil pendukung kesenian ini perlu pembenahan.

“Mudah-mudahan para pemerhati kesenian sasak yang satu ini agar tetap eksis di masa mendatang, butuh perhatian memang semua pihak. Semoga di dalam penantian yang tidak terlalu lama, uluran tangan penderma sangat ditunggu,”kata Ta’at. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar