Minggu, 12 Februari 2012

Gelar Penghijauan, Kades Gumantar Libatkan Pramuka

Gumantar,(SK),-- Sesuai visi dan misi Presiden Republik Indonesia untuk menanggulangi bencana dengan rajin menanam pohon sejak dini, sudah merambah ke berbagai pelosok tanah air.

Begitu pula yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara, kegiatan penghijauan di sepanjang 1000 meter pinggir jalan raya, yang di mulai depan Kantor Desa menuju Dusun Tradisional Gumantar, melibatkan gerakan pramuka,Kepala Dusun, BPD, LPM, SPMD, Mahasiswa KKN Unram, siswa-siswi SMPN 3 Kayangan, SDN 1 dan SDN 5 Gumantar serta masyarakat setempat.

Penghijauan yang dilaksanakan,Sabtu tanggal 11 Februari 2012 itu, menurut Kades Gumantar Mahit, adalah merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian kegiatan penghijauan yang di jadualkan pihak Kecamatan untuk masing-masing desa.

Dalam arahannya di hadapan seluruh peserta penghijauan sebelum kegiatan penanaman di mulai, Mahit mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama mendukung program pusat yang sudah di canangkan oleh Presiden Republik Indonesia akhir November 2011 lalu.

Kegiatan penghijauan ini adalah salah satu cara untuk mendukung kepedulian lingkungan dan mendukung program dari Pemerintah pusat, dengan melibatkan masyarakat setempat dalam hal penanamannya.

”Mari kita bersama-sama mendukung program pemerintah yang sudah dilaksanakan secara nasional ini,”katanya.

Disamping itu, Mahit juga mengajak para tenaga pendidik untuk memulai mengajak dan mendidik siswanya sejak dini, dalam rangka peduli terhadap lingkungan. Mahit juga berharap kepada pihak Pemerintah untuk memperhatikan program penghijauan yang sudah mendunia ini, agar jangan hanya sebatas menanam saja, tapi harus di jaga, dirawat dan dipelihara hingga bibit pohon yang sudah di tanam tersebut berhasil tumbuh sesuai dengan apa yang di harapkan.

”Kalau bisa, mobil tangky yang ada di Pemda di programkan oleh Bupati untuk penyiraman, tidak hanya di Gumantar ini saja, tapi untuk lingkup KLU,”usul Kades yang berpenampilan biasa ini.

Program penghijauan yang pernah dilaksanakan di Desa Gumantar ini untuk tahun 2010 lalu, adalah penghijauan di sekitar hutan sumber mata air Lokak Bikuq sebanyak 2.000 pohon mahoni sumbangan dari Kantor Lingkungan Hidup KLU.Sedangkan untuk tahun 2011 lalu 1.500 pohon trambessi, dimana bibitnya di sumbangkan oleh Mahasiswa KKN Unram kerja sama dengan H.Abidin Mustakim.

”Alhamdulillah, tanaman itu kini sudah berhasil dan sudah besar-besar,”terang Mahit, yang dibenarkan oleh Sekdes Ihsan dan Kadus Gumantar Sukariah.

Sementara itu Wakil Kepala SMPN 3 Kayangan L.Saep,S.Pd menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah tentang penghijauan yang semakin di minati masyarakat ini.Pihaknya juga berharap kepada Pemerintah, agar dalam hal pembibitan melibatkan sekolahnya. Menurutnya, satu-satunya sekolah yang ada di Kecamatan Kayangan yang memiliki program pembibitan tanaman keras dan hias adalah sekolahnya SMPN 3 Kayangan.

”Kalau bisa, Pemerintah setempat libatkan kami dalam hal pembibitan dan pemasarannya, agar tidak mengambil bibit dari luar, ini untuk mengurangi resiko banyak bibit yang mati sebelum tanam,”kata L.Saep.
”Disamping itu agar program yang selama ini dilaksanakan oleh SMPN 3 Kayangan lancar, baik dalam pembibitan maupun dalam hal pemasarannya,”tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SDN 1 Gumantar Akhmad Syukur Amin,S.Pd dan Kepala SDN 5 Gumantar H.Suherman,S.Pd, yang pada saat penghijauan yang di gelar Pemerintah Desa Gumantar mengerahkan ratusan siswa-siswinya ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Syukur Amin mengatakan pada intinya program penghijauan ini sudah lama di dengungkan, namun baru sekarang mulai dimunculkan. Dalam penghijauan yang di gelar di desa ini, pihaknya kerahkan ratusan siswa - siswinya. ”Ini adalah bentuk kepedulian kami terhdap program pemerintah, dari sejak dini kami perkenalkan program ini kepada siswa,”katanya.

”Betapa pentingnya memelihara lingkungan, jadi sejak dini kita perkenalkan kepada siswa,”timpal H.Suherman.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar