Sabtu, 14 Januari 2012

Camat Kayangan Sebar 10.000 Bibit di Lapangan Umum Kecamatan

Kayangan,(SK),--- Camat Kayangan bekerja sama dengan UPTD Pertanian dan H.Abidin Mustakim perintis wana tani lahan kering, menyebarkan 10.000 bibit untuk di tanam di lapangan umum Kecamatan Kayangan,Sabtu (14-01-2012).
Penyebaran bibit tanaman ini merupakan rangkaian gerakan penanaman satu miliar pohon, sebagaimana telah di canangkan Presiden Republik Indonesia akhir November 2011 lalu.

Menurut Camat Kayangan Tresnahadi, penghijauan yang dilakukannya dengan melibatkan karyawan seluruh SKPD,Kepala Desa,Sekdes,Kwarran Gerakan Pramuka, siswa-siswi SMA/MA dan SMP/MTs diwilayah Kayangan itu adalah disamping melanjutkan program Nasional, juga sebagai tindak lanjut dari program yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dimana program penghijauan ini untuk tahap pertama sebelum pelaksanaan lanjutan di tiap desa, di pusatkan dulu ditingkat Kecamatan, yaitu menghijaukan areal lapangan umum Kecamatan Kayangan.

“Penghijauan untuk tahap pertama kita pusatkan di lapangan umum Kecamatan ini, baru kemudian pada minggu berikutnya kita laksanakan di masing-masing desa,”kata Tresnahadi yang di konfirmasi di sela-sela kesibukannya menanam pohon di lapangan umum Kecamatan.

“Pelaksanaan penghijauan yang kita laksanakan seperti ini, bukan acara seremonial belaka, tapi sudah menjadi bagian hidup setiap manusia untuk menyatu dengan alam,”ingatnya.

“Hutan itu amanat, titipan dari Allah Swt buat anak cucu kita dan kalau tidak dijaga dan lestarikan maka akan tak terhitung kerugian materi dan non materi yang ditimbulkan,”kata H.Abidin Mustakim, yang sejak kedatangannya dari Bima tahun 1978 lalu aktif menanam pohon ini.

Menurut H.Abidin, jumlah bibit yang di alokasikan untuk ditanam di areal lapangan umum Kayangan ini sejumlah 10.000 bibit. Dari jumlah itu, yang paling banyak adalah sengon,jati putih (gamalina),sawo,trambessi,durian,beringin,ketapang,lamtoro dan nangka.

Diakui H.Abidin Mustakim bahwa areal lapangan umum Kecamatan Kayangan ini, dua tahun sebelumnya sudah pernah di hijaukan. Namun karena ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, lahan yang sudah dipenuhi pohon ketapang itu terbakar awal September 2011 lalu.

Untuk itu H.Abidin Mustakim miengajak seluruh komponen dalam masyarakat Kayangan untuk bersama-sama menanam, merawat, menjaga dan melestarikannya demi lestarinya kelangsungan hidup berbagai hayati diwilayah tersebut. Disamping itu, kedepan dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi dan penelitian bagi generasi mendatang.(SK.Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar