Sabtu, 31 Desember 2011

Empat Warga Lendang Batu Kayangan Terima Bantuan

Kayangan,-- Musibah kebakaran yang menghanguskan 4 buah rumah warga Dusun Lendang Batu Desa Kayangan Kecamatan Kayangan pertengahan September 2011 lalu, kini bisa bernafas lega.

Pasalnya, setelah menunggu cukup lama uluran tangan dari Pemerintah Daerah KLU, akhirnya di penghujung tahun 2011 ini, harapan tersebut menjadi kenyataan bagi keempat warga Dusun Lendang Batu yang tertimpa musibah kebakaran tanggal 15 September 2011 lalu.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan 4 buah rumah dan beberapa bangunan disekitarnya itu, mengharuskan Sahid,Ayudi, Sayu dan Zulkarnain, terpaksa mengungsi ke tetangga terdekat.

Melalui Kantor Penanggulangan Bencana KLU, Bupati KLU H.Djohan Sjamsu,SH menyerahkan bantuan sebesar 5 juta rupiah bagi empat warga Dusun Lendang Batu Desa Kayangan yang terkena musibah tersebut.

Camat Kayangan Tresnahadi dalam pengantarnya pada acara penyerahan bantuan tersebut mengatakan bahwa, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah KLU kepada warganya yang terkena musibah.

“Jangan dilihat jumlah nominalnya, tapi lihatlah bentuk perhatian Pemerintah kepada warganya yang terkena musibah,”ingat Tresnahadi.

“Mari kita terima musibah ini dengan lapang dada, jadikan ini sebagai pelajaran, agar kedepan kita lebih berhati-hati menjaga harta benda kita sehingga musibah serupa tidak terulang lagi,”ajaknya.

Tresnahadi berharap bahwa dengan diterimanya bantuan dari Pemerintah KLU kepada warga yang terkena musibah kebakaran di Dusun Lendang Batu Desa Kayangan ini agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membangun rumah mereka kembali.

“Ini sebagai perangsang dan sebagai motivasi bagi warga yang terkena musibah, supaya lebih semangat dalam membangun rumahnya masing-masing,”jelasnya.

Untuk diketahui bahwa ada beberapa daerah yang ada di KLU rawan bencana, karena ini memang letak geografis KLU yang memungkinkan terjadinya bencana. Misalnya saja sebut Tresnahadi, rawan terjadinya tanah longsor,banjir dan lain sebagainya.

Iwan MA Sekretaris Kantor Penanggulangan Bencana KLU pada kesempatan itu juga mengatakan bahwa, yang namanya musibah, itu tidak bisa di pastikan kapan datangnya.

“Sesungguhnya bencana yang menimpa kita itu lepas dari kendali umat manusia, itu hanya Allah Swt yang mengetahuninya,”kata Iwan MA.

“Untuk itu, perlu kita antisipasi dengan berbagai upaya, termasuk dengan mengadakan penghijauan,”tambahnya.

Pemberian bantuan ini adalah bentuk perhatian Bupati KLU kepada warganya yang terkena musibah, sehingga melalui Kantor Penanggulangan Bencana KLU ini, Bupati menitipkannya untuk diserahkan kepada empat orang warga Lendang Batu (Sahid, Zulkarnain, Sayu, Ayudi) yang terkena musibah kebakaran September 2011 lalu.

Menurut Kasi TRC (Tim Reaksi Cepat) Resedep mengatakan bahwa selain bantuan yang diberikan kepada warga Lendang Batu yang terkena musibah kebakaran ini, pihak Kantor Penanggulangan Bencana KLU juga telah menyalurkan bantuan enam buah Tandon kepada masyarakat Kayangan.

Tandon ini memang sengaja diberikan oleh Pemerintah kepada warga masyarakat yang berada jauh dari sumber mata air sehingga bisa dimanfaatkan sebagai wadah penampungan air keperluan hidup sehari-hari warga.

Jika didaerah tersebut nantinya sudah ada jaringan air bersih dan Tandon ini tidak dimanfaatkan lagi, maka Tandon tadi bisa dipindahkan ke daerah yang belum ada jaringan air bersihnya untuk dimanfaatkan oleh warga yang memerlukannya. (Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar