Senin, 05 September 2011

Bersaing Adakan Lomba Gema Pawai Takbiran

Lomb Gema Takbiran Desa Sesait semarak
KLU, MataramNews - Menyambut hari kemenangan pada hari raya Idul Fitri 1 syawal bagi kaum muslimin merupakan sesuatu yang terindah yang bisa melahirkan kebahagiaan secara spiritual. Pada hari yang fitri bagi kaum muslimin tidak sempurna rasanya ketika setiap pribadi-pribadi kaum mukmin dan muslim mengisi hari raya tanpa mengumandangkan kalimat takbir, tahmid dan tahlil. Karena pada hari tersebut semua orang akan kembali ke fitrahnya sebagai manusia sejati, suci laksana bayi yang baru lahir kedunia.
 
Sehingga sudah menjadi tradisi bagi kaum muslimin di Indonesia bahkan di semua belahan Dunia menyambut dan memeriahkan hari raya idul fitri melalui berbagai macam kegiatan dengan tetap melantunkan kebesaran, keagungan dan kemahabesaran Ilahai. Demikian halnya Lombok Utara dengan Kabupaten termuda di NTB, Pemerintah Kabupaten jauh hari sebelumnya sudah menyiapkan kegiatan dalam rangka menyambut kedatangan hari raya Idul fitri dengan menggelar Lomba Pawai Takbiran tingkat Kabupaten yang dipusatkan di lapangan Super Semar Tanjung.
 
semua kontingen tertib dan teratur
Demikian halnya Desa Sesait, Desa dengan jumlah penduduk dan Dusun terbanyak di Kabupaten Lombok Utara dan satu-satunya Desa yang sistem pemerintahannya berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal yaitu Kepala Pemerintahan Desa bergelar Pemusungan. Desa Adat yang mayoritas penduduknya 100 % Islam  tidak ketinggalan dalam memaknai setiap moment penting di hari nan fitri.
 
Atas inisiatif kaum muda Adat Sesait di masing-masing kekeliangan Lomba Gema Pawai Takbiran pun digelar. Dalam Pidato sambutannya Ketua Panitia Satriawadi kepada mataramNews Senin, 29-07-2011 mengungkapkan bahwa kegiatan Lomba Gema Pawai Takbiran merupakan kegiatan rutin Pemerintah Desa.
 
Tokoh Muda kharismatik yang juga anggota Majelis Krama Desa (MKD) Desa Sesait ini menjelaskan maksud dan tujuan Pawai Takbiran. Menurutnya Kegiatan ini murni atas kesadaran semua masyarakat Wet Adat Sesait sebagai bentuk rasa cintanya kepada Islam dan Rasulullah SAW. Sedangkan maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk memeriahkan malam Hari Raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan Ummat Manusia yang setelah sebulan lamanya berhasil melawan musuh yang nyata dan abadi yaitu hawa nafsu, sehingga pada hari kemenangan ini harus dirayakan dengan mengumandangkan Kebesaran, keagungan dan kemahakuasaan Ilahi.
 
Perpaduan Budaya Arab dan Lokal sangat mendominasi kegitan
Tokoh Pemuda yang akrab disapa Jojon, juga menyebutkan tujuan utama pelaksanaan kegiatan Pawai takbiran adalah semata-mata untuk meningkatkan hubungan sillaturrahim antar sesama kaum muslimin. Sekretaris Panitia Aden membenarkan apa yang disampaikan Ketua Panitia. Memang benar selain perayaan kemenangan, sillaturahim adalah tujuan pokok kegiatan karena dengan kokohnya sillaturahim maka ukuwah islamiyah akan terbangun sehingga islam akan jaya sebagai agama rahmatan lil’alamin.
Sementara itu Pemusungan Sesait yang diwakili oleh Ketua MKD dan Sekdes mengungkapkan kebanggaannya kepada kaum muda atau Bajang Wet Adat Sesait yang telah mampu menggagas kegiatan dan melaksanakan kegiatan pawai takbiran. Ini merupakan bagian dari proses Learning By Doing atau sebuah proses untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, terang Ketua MKD Karyadin.
 
Sama halnya dengan Ketua MKD Koordinator lapangan Rangga Topan Yamanullah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak khususnya Pemerintah Desa Sesait yang sejak awal sangat banyak memberikan dukungan baik moril maupun materil kepada kami panitia. Tokoh pemuda yang lincah dan energik ini juga menjelaskan bahwa keberhasilan dan kesuksesaan kegiatan sangat tergantung kekompakan tim, jelasnya.
 
Ahmad Zubiadi pembawa acara (MC), saat berakhirnya acara pada jadwal malam pertama Lomba Gema Pawai Takbiran sambil terseyum kepada MataramNews menerangkan bahwa, Kegiatan pawai takbiran kali ini bisa dikatakan lebih sukses dan meriah. Dan alhamdulilah ini semua berkat keikhlasan, kesungguhan dan kerja sama semua pihak. Untuk pengumuman pemenang dan pemberian hadiah akan dilaksanakan besok malam atau bertepatan pada malam 1 syawal 1432 H, terangnya. (DN).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar