Rabu, 24 Agustus 2011

Camat Kayangan Terima Mahasiswa KKN UNW Mataram

Kayangan,-- Universitas Nahdlatul Wathan Mataram pada tahun 2011 ini melepas 1.589 Mahasiswanya untuk ber KKN di Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara.

Sebelumnya telah diadakan pembekalan selama 7 hari dan mulai ditempatkan sejak tanggal 19 Agustus 2011 hingga tanggal 30 September 2011.Untuk penempatan Mahasiswa peserta KKN UNW Mataram di KLU sejumlah 207 orang, yang terdiri dari 41 orang di tempatkan di Kecamatan Pemenang, 56 orang di tempatkan di Tanjung, 35 orang ditempatkan di Gangga, 75 orang ditempatkan di Kayangan. Sedangkan sisanya tersebar di Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah.

Khusus yang di Kecamatan Kayangan terdiri dari 4 jurusan  yaitu 16 orang Jurusan PAI, 32 orang Jurusan Ilmu Administrasi, 24 orang jurusan FKIP dan 3 orang jurusan Pertanian. Demikian yang diungkapkan oleh Nurdin,S.Pd selaku Pengelola yang sekaligus koordinator penyelenggara perkuliayahan di Kayangan, mewakili pihak Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.

Selanjutnya Nurdin,S.Pd menjelaskan bahwa Mahasiswa KKN UNW Mataram angkatan IX tahun 2011 yang ditempatkan di 4 desa (desa Pendua, Dangiang, Gumantar dan Kayangan) di wilayah Kecamatan Kayangan ini, adalah sebagian besar berasal dan kuliyah di Kayangan yang sejak tahun 2002 bekerjsama dengan Ponpes Nurul Islam Kayangan.

Sementara itu, Camat Kayangan Tresnahadi,S.Pt, dalam sambutannya mengharapkan kepada Mahasiswa peserta KKN, selamat bergabung dengan masyarakat di lokasi ketempatan.

“Selama bergaul dengan masyarakat setempat, pandai-pandailah membawa diri. Laksanakan tugas dengan baik sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Dosen Pembimbingnya,” pesannya.

Manfaat bagi mahasiswa sendiri ber-KKN, menurut Camat yang asal Gondang ini adalah merupakan kesempatan untuk mengabdikan diri pada masyarakat sekitar. Lebih-lebih tempat mengabdikan diri itu adalah wilayah kecamatan sendiri.Jadi, kesempatan untuk mempraktekkan ilmu yang pernah diperoleh dari Perguruan Tinggi.

Mahasiswa yang mengikuti KKN dari empat jurusan, (Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan Pendidikan Ekonomi, dan jurusan Pendidikan Agama Islam, serta Fakultas Pertanian) di wilayah Kecamatan Kayangan ini, bisa mempraktekkan ilmu yang pernah didapatkan di Perguruan Tinggi sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Dalam bidang pendidikan diarahkan agar orang tua mendorong anak-anak mereka untuk bersekolah sampai jenjang yang lebih tinggi.Sementara itu dalam bidang pemerintahan desa agar belajar bagaimana menata arsip yang baik.

Sementara dibidang Kesehatan juga disinggung bahwa, berdasarkan catatan statistik di wilayah Kabupaten Lombok Utara terdapat 210.000 atau 43,14 % rakyat KLU tergolong miskin. Dengan banyaknya angka kemiskinan di daerah yang baru berusia 3 tahun ini, akan berimplikasi pada kesehatan.

Berdasarkan hasil pendataan Dikes KLU tanggal 12 Juli 2011 lalu, ditemukan sekitar 3000-an lebih balita yang berada di bawah garis merah di daerah KLU. Sementara khusus di wilayah Kecamatan Kayangan terdapat 440 balita, yang tersebar di seluruh desa di Kecamatan Kayangan.

Dalam kesempatan yang sama Camat Kayangan juga menyerahkan Mahasiswa KKN UNW Mataram ke Desa Kayangan, Desa Pendua, Desa Dangiang dan Desa Gumantar, sebagai ketempatan pelaksanaan kegiatan KKN dimaksud. ( Eko )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar