Jumat, 29 Juli 2011

Mahasiswa KKP IAIN Mataram Lakukan Bersih kuburan

KLU, Suarakomunitas.net - Untuk pertama kalinya sejak diterjunkan ke Desa Bentek, Mahasiswa Kuliah Kerja Partisipasi IAIN Mataram turun ke tengah masyarakat untuk mengadakan gotong royong membersihkan kuburan masyarakat Dusun San Baro Bentek Kecamatan Gangga Selasa (27/7/11).
 
Mahasiswa KKP IAIN Mataram periode 2011, menyelenggarakan gotong royong berbaur dengan masyarakat setempat guna menjalankan program bakti sosial yang telah mereka canangkan setelah melakukan survei terhadap kondisi wilayah dimana mereka lakukan kegiatan KKP. 
 
Ketua kelompok KKP IAIN Mataram, Ulum Hidayatullah, ketika dikonfirmasi Mataramnews di posko KKP Balai Penebeng Bentek mengatakan, “bahwa gotong royong adalah salah satu program kerja kelompoknya, di mana kegiatan ini dimasukkan setelah dilakukan survei/pengamatan langsung terhadap kondisi lingkungan wilayah setempat. Kegiatan seperti ini harus menjadi kegiatan utama mahasiswa dalam KKP/KKN. Sebab, mahasiswa dapat belajar secara langsung dari pengalaman hidup serta aktivitas sehari-hari masyarakat. Realitas kehidupan kampus sangat berbeda dengan kehidupan masyarakat. Konsekuensinya, terkadang banyak sekali hal yang tidak sinkron antara fakta kampus dengan fakta yang ada di masyarakat. “Jelasnya.

UIum, juga menandaskan, mahasiswa peserta KKP harus benar-benar belajar pelbagai kondisi sosial budaya masyarakat di mana mahasiswa diterjunkan. Ia menyambut baik apa yang menjadi kebiasaan dan tradisi masyarakat Desa Bentek khususnya masyarakat San Baro karena menerima mereka dengan baik. “Kami merasa bangga dengan pemuda dan masyarakat San Baro, sebab telah menerima kami dengan baik,” paparnya.

Ia berharap agar jalinan silaturahmi yang telah dibina dengan baik keberbagai elemen masyarakat setempat, supaya tetap terjalin dan tak putus-putus. Ulum, mengakui, sebagai manusia sejati mesti tetap menegakkan tali persaudaraan. Sebagai mahasiswa lembaga pendidikan berlabel agama, ia tahu persis, silturahmi itu anjuran dan tuntunan agama. Luput dari semua itu, ia memberi masukan agar pemuda setempat lebih kompak lagi dalam menjalankan kegiatan-kegiatan sosial seperti gotong royong.

Sedangkan pengurus remaja San Baro yang diwakili koorditaor bidang Humas, Suhamdi, mengungkapkan, para anggota remaja setempat merasa bersyukur atas adanya mahasiswa KKP IAIN Mataram karena telah menunjukkan kinerja yang bagus. Pasalnya, standar orang KKP itu, setidaknya sering turun ke tengah masyarakat walau sekedar membangun silaturahmi. karena inti KKP adalah sosialisasi mahasiswa dengan segenap unsur masyarakat dimana KKP di selenggarakan. “Kami anggap pola dan bentuk sosialisasi yang dibangun kawan-kawan KKP IAIN cukup bagus. Jadi, hal ini perlu terus dipupuk dan dikembangkan,” harapnya. (DJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar