Jumat, 13 Mei 2011

H-1 Lomba Desa, Panitia Sibuk

SESAIT, -- Menghadapi Lomba Desa Tingkat Kabupaten Lombok Utara, Kamis (12/05), dimana desa yang akan mewakili Kecamatan Kayangan dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan tiap tahun ini, adalah Desa Sesait.

Pemusungan Sesait Murdan, ketika ditemui disela-sela kesibukannya gladi resik mengatakan bahwa, dirinya optimis yang terbaik dibandingkan dengan desa-desa yang lain di wilayah Dayan Gunung ini. Dengan mengandalkan motto desa ”Merenten” ini, dirinya yakin akan tampil maksimal.

”Kalau saya lihat, antusias masyarakat desa Sesait dalam mendukung Lomba Desa kali ini, saya yakin, Insya Allah, kita pasti yang terbaik,”katanya semangat.

Ketika ditanya, apakah punya target dalam lomba desa kali ini, Murdan mengaku bahwa dirinya tidak punya target apa-apa. Tetapi menurutnya, kalau dilihat dari semua desa yang ikut ambil bagian dalam lomba desa tahun 2011 di KLU ini, dirinya yakin adalah yang terbaik.

Desa – desa  yang sudah selesai dinilai oleh Tim Lomba Desa Tingkat Kabupaten, lanjutnya, rata-rata yang dipersiapkan adalah kelengkapan administrasi desanya, tanpa mengedepankan angka partisipasi masyarakatnya.

”Kalau di Sesait, disamping data-data administrasi yang disiapkan, juga bagaimana kita mampu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa,”kata Murdan yang berpenampilan sederhana ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Desa Karyadin mengatakan, dirinya beserta anggota panitia yang lain mengaku, sangat super sibuk. Pasalnya, H-7 pihaknya selalu berada di Kantor Desa mempersiapkan data-data pendukung lomba desa. Sebut saja, misalnya, profil desa, selayang pandang desa, data-data administrasi desa, papan data dan data-data visual pendukung lainnya.

Disamping itu, kesibukan juga dirasakan nampak pada bagaimana menggerakkan partisipasi masyarakat dalam mendukung lomba desa. Mulai dari mengerahkan masyarakat gotong royong diseluruh wilayah masaing-masing, membenahi lingkungan serta berusaha mencari situs-situs yang pernah ada di desa Sesait.

Persiapan Desa Sesait menghadapi lomba desa pada tahun ini, diakui juga oleh salah seorang tokoh masyarakat Sesait yang kini menetap di Santong Sahid,BA mengatakan bahwa, keberhasilan Sesait setiap menghadapi lomba desa, tidak terlepas dari dukungan seluruh elemen masyarakatnya. Tanpa dukungan masyarakat, dirinya yakin, semua kegiatan tidak dapat dilaksanakan maksimal.

”Kalau hanya mengandalkan data-data administrasi saja sebagai prioritas penilaian yang dipersiapkan, saya yakin, acara lomba desa sepi dari pengunjung. Karena dengan kehadiran masyarakat ditempat berlangsungnya acara, akan menambah semarak dan semangat kita saat penilaian, ”ungkap Sahid yang juga pernah 3 periode menjabat Sekdes Sesait ini, optimis.

”Mudah-mudahan saja nama besar Desa Sesait yang pernah jaya dimasa kepemimpinan Djekat tahun 1990-an, paling tidak bisa dipertahankan,”harap Sahid.(Eko).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar