Jumat, 18 Maret 2011

Sosialisasi Kegiatan Revitalisasi Kelompok Bina Bina di Kayangan

KAYANGAN,-- Dalam rangka upaya mewujudkan tercapainya keluarga bahagia dan sejahtera, maka BPM, PPKB dan Pemdes KLU bekerjsama dengan PKK Kabupaten Lombok Utara, Selasa (15/03) lalu, gelar sosialisasi bagi kelompok kegiatan revitalisasi kelompok Bina Bina.

Hadir dalam acara ini, anggota Muspika, para pimpinan SKPD, para Kepala Desa, para peserta sosialisasi sejumlah 50 orang, dari 5 desa, terdiri dari kelompok BKB (27 orang), kelompok KKL ( 9 orang), kelompok KKR (9 orang) dan kelompok FIKR (5 orang).

Camat Kayangan Tresnahadi, dalam pengantarnya mengatakan bahwa kegiatan ini memang program Pemerintah, bagaimana memperhatikan masyarakat, mulai dari balita sampai dengan lansia.Inilah yang di tangani Bina-Bina.

Kegiatan yang diselenggarakan BPMD bekerjasama dengan PKK Kabupaten Lombok Utara sampai dengan tingkat desa ini, diharapkan, lanjut Tresnahadi, bahwa dengan adanya pembinaan struktur organisasi ini secepatnya menjadi lebih baik, lebih kuat dan lebih bagus lagi, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tresnahadi berharap kepada para peserta yang hadir agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dengan tekun, serius dan sungguh-sungguh, sehingga tidak terkesan hanya sekedar kegiatan seremonial belaka, tetapi ada dampak positif yang bisa diambil dari kegiatan ini.  

Dikatakan juga, bahwa jumlah peserta yang mengikuti kegiatan revitalisasi kelompok Bina-Bina yang diselenggarakan di aula Kantor Camat Kayangan Kabupaten Lombok Utara ini sejumlah 50 orang dari 5 desa dari 8 desa yang ada, antara lain desa Sesait, desa Santong, desa Dangiang, desa Kayangan dan desa Selengen. 

”Ada 3 desa yang tidak diikutkan dalam kegiatan ini, yaitu desa Pendua, desa Gumantar dan desa Salut, ini karena memang yang di jatahkan 50 orang yang ada di DPA BPMD KLU,”jelas Tresnahadi.

Sementara dari BPMD KLU yang diwakili Kasi KB Sabdi,S.Sos mengatakan bahwa, tugas Tim Pelaksana Revitalisasi Kelompok Bina Bina ini turun ke masing-maisng Kecamatan adalah untuk melaksanakan  kegiatan revitalisasi dan melakukan pembinaan, monitoring dan pelaporan pelaksanaan revitalisasi Kelompok Bina Bina.

” Ini semua dilakukan dalam rangka upaya mewujudkan tercapainya Keluarga Bahagia dan Sejahtera,” katanya.

Dikatakan juga bahwa tujuan revitalisasi ini adalah untuk meningkatkan ketahanan keluarga. Jadi apapun nama kelompok sasaranya tetap manusianya. Karena menurut Sabdi, yang melaksanakannya adalah manusianya. 

Disamping itu, tujuan yang lainnya yaitu ingin membangunkan kembali kelompok-kelompok yang pernah ada sebelumnya, seperti kelompok BKB,KKR,PAUD,FIKR dan lain-lainnya, agar difungsikan sebagaimana mestinya. Artinya dalam kiprahnya dapat berfungsi maksimal sesuai dengan tujuan kelompok tadi terbentuk.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar